Sukses

Studi: Berolahraga hanya Tiga Detik Sehari Bermanfaat Bagi Kesehatan

Sebuah studi menunjukkan berolahraga hanya tiga detik sehari tetap memiliki manfaat bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Sebuah studi menemukan bahwa hanya tiga detik olahraga tiga kali seminggu dapat membuat Anda lebih kuat. Para ilmuwan meminta sukarelawan muda yang sehat untuk melakukan satu kontraksi bisep tiga detik baik dua atau tiga hari seminggu selama empat minggu.

Lengan mereka yang berolahraga dua kali seminggu tidak menunjukkan perubahan. Tapi kelompok tiga kali seminggu menjadi lebih kuat. Kekuatan mereka dalam mengangkat beban naik rata-rata 2,5%. Jika mereka menurunkan berat badan, kekuatan mereka meningkat sebesar 3,9%.

Pemimpin studi Prof Kazunori Nosaka, dari Universitas Edith Cowan Australia, mengatakan seperti dilaporkan oleh Mirror: “Pekerjaan kami telah menunjukkan bahwa olahraga teratur dan singkat lebih bermanfaat daripada satu atau dua sesi latihan besar dalam seminggu. Sekarang, kami memiliki gagasan yang lebih jelas tentang di mana titik kritisnya adalah di mana Anda mulai melihat manfaat yang berarti dari latihan yang minimal.”

Prof Nosaka menambahkan: “Adaptasi otot terjadi saat kita istirahat, sehingga otot membutuhkan istirahat untuk meningkatkan kekuatan dan massa ototnya. Perlu dicatat bahwa latihan itu hanya tiga detik, jadi istirahat di antara latihan dalam penelitian mendekati 28.800 kali lebih banyak daripada waktu latihan. Tetapi otot tampaknya lebih sering dirangsang, terutama untuk volume kecil latihan penguatan otot."

Prof Nosaka mengakui bahwa bagi sebagian orang, 20 menit berolahraga sehari tidak mungkin dan menyatakan bahwa hanya lima menit sehari dapat membuat perbedaan.

Dia berkata: “Tentu saja, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengonfirmasi hal ini, tetapi penelitian terbaru kami menunjukkan pentingnya mengumpulkan sedikit olahraga sesering mungkin dalam seminggu."

“Penting untuk dicatat bahwa olahraga yang sangat kecil pun dapat membuat perbedaan bagi tubuh kita, jika dilakukan secara teratur.”

Studi ini dijalankan bekerja sama dengan Universitas Kesehatan dan Kesejahteraan Niigata, Jepang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dibuka Hari Ini, Berikut Jadwal Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023 Lengkap dengan Syaratnya

Pendaftaran Beasiswa Unggulan 2023 telah dibuka mulai hari ini, Kamis (3/8/2023). Dikutip dari laman resmi beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id, Beasiswa Unggulan adalah pemberian biaya pendidikan oleh pemerintah Indonesia kepada putra-putri terbaik bangsa Indonesia pada perguruan tinggi penerima peserta didik program Beasiswa Unggulan pada jenjang S1, S2, dan S3.

Beasiswa Unggulan terdiri atas Beasiswa Masyarakat Berprestasi, Beasiswa Pegawai Kemendikbudristek, Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas, dan Beasiswa Penghargaan.

Sebelum mengetahui jadwal pelaksanaan Beasiswa Unggulan penting juga bagi Anda yang berminat untuk mengetahui persyaratannya. Berikut ini persyaratan lengkap Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023: 

Selengkapnya...

3 dari 4 halaman

Manchester United Bakal Beri Lampu Hijau Transfer, Sofyan Amrabat Tak Sabar Reuni Bareng Erik Ten Hag

 Sofyan Amrabat bertekad untuk pindah ke Manchester United meski ada minat dari West Ham dan Arab Saudi.

Gelandang Fiorentina itu menempatkan dirinya dengan kuat dengan menjadi cahaya utama dalam perjalanan Maroko ke semifinal Piala Dunia, mengalahkan Portugal dan Spanyol dalam perjalanan. Namanya sejak itu dikaitkan dengan sejumlah klub Eropa, beberapa di antaranya adalah tim Liga Premier.

Salah satunya adalah West Ham, dibanjiri uang tunai setelah penjualan Declan Rice ke Arsenal seharga 105 juta poundsterling dan belum mendapatkan rekrutan senior musim panas ini. Sofyan Amrabat, Denis Zakaria dan kapten Southampton James Ward-Prowse semuanya menjadi sasaran The Hammers.

Selengkapnya...

4 dari 4 halaman

Spoiler One Piece 1089: Vegapunk Meminta Bantuan Gorosei

Setelah rehat minggu lalu, One Piece akhirnya kembali dengan merilis Chapter 1089 akhir minggu ini. Tapi, seperti biasa, spoiler untuk chapter baru sudah muncul secara online, juga mengonfirmasi berita bahwa chapter 1090 juga akan ditunda.

Sebelumnya, penggemar disuguhi kilas balik yang mengungkapkan pelatihan Koby dengan Garp dan penculikan mantan di tangan Blackbeard Pirates. Dan saat Garp, Koby, dan yang lainnya bertarung melawan Avalo Pizarro, marinir tiba di Pulau Egghead.

Sekarang, babak baru akan berlanjut dari mana yang sebelumnya menyimpulkan dan mengungkap peristiwa yang terjadi di Pulau Egghead. Spoiler One Piece 1089 juga mengisyaratkan peristiwa setelah serangan di Kerajaan Lulusia, kilas balik antara Vegapunk, Kizaru, dan Sentomaru, dan himbauan Vegapunk kepada Gorosei untuk menyelamatkannya dari Topi Jerami, terutama Luffy.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.