Sukses

Studi: Duduk Sepanjang Hari Bisa Tingkatkan Risiko Kematian, Bahkan Jika Rajin Berolahraga

Jangan membiasakan diri untuk duduk sepanjang hari. Buat kebiasaan baru dengan berdiri setiap 20 menit untuk membantu mencegah risiko kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta - Sudah tidak bisa disangkal bila gaya hidup sedentari atau duduk selama berjam-jam sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Padahal, jika dibiarkan efeknya bukan main-main.

Mengutip dari Real Simple, Jumat (19/4/2024), sebuah studi baru yang diterbitkan dalam Journal of American Heart Association menemukan bukti lebih lanjut bahwa duduk berjam-jam tanpa istirahat untuk berdiri dan bergerak dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan semua penyebab kematian yang lebih besar. Bahkan, bagi mereka yang melakukan aktivitas jantung seperti berolahraga.

Tidak banyak bergerak, atau menghabiskan waktu lama untuk duduk atau berbaring tanpa gangguan, dan kurang melakukan aktivitas fisik secara sering atau memadai, telah dikaitkan dengan dampak kesehatan yang serius, salah satunya risiko kematian yang tinggi.

Termasuk degenerasi kognitif terkait usia, peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, kondisi metabolisme, dan banyak lagi.

Studi ini tampaknya menunjukkan bahwa dampak negatif dari perilaku menetap yang tidak terputus melebihi upaya dan manfaat potensial dari olahraga. Seperti misalnya jumlah total waktu yang dihabiskan untuk duduk diam setiap hari, dan lamanya setiap periode duduk, merupakan ancaman bagi kesehatan secara keseluruhan, terlepas dari seberapa sehat gaya hidup dan perilaku Anda di luar waktu duduk tersebut.

Jadi, bagaimana hal itu terkait dengan kesehatan? Dan upaya apa yang bisa dilakukan? Termasuk seperti apa temuan dari studi tersebut? Untuk itu, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Temuan Studi

Penulis penelitian menganalisis data dan perilaku 6.489 wanita berusia 60 hingga 90 tahun dari Women's Health Initiative Objective Physical Activity and Cardiovascular Health (OPACH) Study, menggunakan algoritma baru untuk memeriksa total waktu duduk dan durasi setiap periode duduk.

Hasilnya menunjukkan bahwa wanita yang tidak bergerak selama 11,7 jam atau lebih per hari menghadapi risiko kematian 30% lebih tinggi.

“Perilaku menetap didefinisikan sebagai setiap perilaku saat bangun tidur yang melibatkan duduk atau berbaring dengan pengeluaran energi yang rendah,” kata rekan penulis studi Steve Nguyen, PhD, MPH, seorang rekan postdoctoral di University of California San Diego Herbert Wertheim School of Public Health and Human Longevity Science, dalam siaran pers universitas.

Makalah ini menyimpulkan bahwa, “total waktu duduk yang lebih tinggi dan rata-rata durasi duduk yang lebih lama dikaitkan dengan risiko kematian karena semua penyebab dan penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi di kalangan wanita berusia lanjut. Data ini mendukung intervensi yang bertujuan mengurangi total waktu duduk dan menghentikan duduk dalam waktu lama.”

3 dari 4 halaman

Bagaimana Duduk Berjam-jam Memengaruhi Tubuh dan Kesehatan Anda

“Saat Anda duduk, aliran darah ke seluruh tubuh melambat, sehingga menurunkan penyerapan glukosa,” penulis utama Andrea LaCroix, PhD, MPH, profesor terkemuka di Herbert Wertheim School of Public Health, menjelaskan dalam siaran persnya.

“Otot Anda tidak berkontraksi terlalu banyak, jadi apa pun yang memerlukan konsumsi oksigen untuk menggerakkan otot akan berkurang, dan detak jantung Anda rendah," sambungnya.

Penelitian sebelumnya tampaknya menunjukkan bahwa berolahraga dalam jumlah tertentu dapat mengimbangi, atau mengimbangi, efek negatif dari perilaku menetap dalam jangka panjang setiap hari.

Namun menurut makalah LaCroix dan Nguyen, bahkan perempuan yang berolahraga dengan intensitas sedang atau berat pun masih rentan terhadap peningkatan risiko yang sama jika mereka terlalu lama tidak bergerak sepanjang hari.

4 dari 4 halaman

Seberapa Sering Anda Harus Beristirahat?

“Risikonya mulai meningkat ketika Anda duduk sekitar 11 jam [total] per hari, ditambah dengan semakin lama Anda duduk dalam satu sesi,” kata LaCroix.

Misalnya, duduk lebih dari 30 menit dikaitkan dengan risiko lebih tinggi dibandingkan duduk hanya 10 menit dalam satu waktu. Dia juga mencatat bahwa tidak realistis, atau benar-benar mustahil, bagi kebanyakan orang untuk berdiri dan melakukan peregangan setiap 10 menit.

Bagaimana jika Anda seorang pengemudi truk jarak jauh atau perlu melakukan pekerjaan yang mendalam dan fokus? Meskipun demikian, istirahat apa pun yang dapat Anda ambil, ambillah.

Jika dilakukan setiap 30 menit atau 20 menit sekali, itu lebih baik daripada tidak sama sekali. Jika Anda ingin menyelinap dalam peregangan cepat, berjalan di tempat, memegang papan, atau berjalan-jalan di lantai kantor, itu juga cukup bagus. Namun, semua yang Anda butuhkan sebenarnya adalah berdiri dan memindahkan beban Anda.

“Anda tidak perlu pergi ke mana pun, Anda cukup berdiri sebentar,” kata LaCroix.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.