Sukses

8 Perguruan Tinggi Swasta yang Masih Buka Pendaftaran Jalur UTBK dan Prestasi Hingga Agustus 2023

Berikut 8 perguruan tinggi swasta yang masih membuka pendaftaran hingga agustus 2023 melalui jalur UTBK dan prestasi.

Liputan6.com, Jakarta - Ujian mandiri merupakan salah satu metode seleksi masuk perguruan tinggi negeri di Indonesia. Namun, perguruan tinggi swasta (PTS) juga menggunakan metode ini untuk memilih calon mahasiswa baru berdasarkan hasil ujian atau prestasi calon mahasiswa, salah satunya adalah jalur mandiri menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan juga melalui jalur prestasi.

Beberapa perguruan tinggi swasta memiliki jalur seleksi mandiri menggunakan beberapa jalur yang berbeda, misalnya berdasarkan prestasi akademik (nilai rapor), prestasi non-akademik (prestasi seni, organisasi, olahraga) atau ujian tertulis yang diselenggarakan sendiri oleh perguruan tinggi tersebut.

Setiap perguruan tinggi swastra memiliki kebijakan dan ketentuan tersendiri mengenai jalur seleksi mandiri mulai dari syarat pendaftaran, biaya, dan mekanisme seleksinya.

Berikut 8 perguruan tinggi swasta yang masih membuka pendaftaran hingga agustus 2023 melalui jalur UTBK dan prestasi, dilansir dari berbagai sumber pada Senin (31/7/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

PTS yang Masih Buka Pendaftaran Melalui Jalur Prestasi

1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membuka ujian mandiri melalui jalur prestasi sampai tanggal 19 Agustus 2023.

Pendaftaran Seleksi: 17 Juli – 19 Agustus 2023

Pengumuman: 23 Agustus 2023 Pukul 15.00 WIB

Registrasi Ulang: 24 Agustus – 05 September 2023

2. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

Universitas Sanata Dharma Yogyakarta masih membuka pendaftaran melalui jalur prestasi yang dibagi berdasarkan kelompok hingga 11 Agustus 2023. Berikut penjelasan lebih lanjut terkait pendaftaran melalui jalur prestasi.

Kelompok 13

Pendaftaran: 1 – 4 Agustus 2023

Pengumuman: 08 Agustus 2023

Kelompok 14

Pendaftaran: 5 – 8 Agustus 2023

Pengumuman: 11 Agustus 2023

Kelompok 15

Pendaftaran: 11 Agustus 2023

Pengumuman: 15 Agustus 2023

Selain menggunakan jalur prestasi dan nilai rapor, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta juga membuka pendaftaran melalui jalur tes. Anda bisa mencari tahu informasi tersebut lebih lanjut pada laman resmi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

3 dari 5 halaman

PTS yang Masih Buka Pendaftaran Melalui Jalur Prestasi

3. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) masih membuka pendaftaran melalui jalur prestasi hingga 26 Agustus 2023. E-Seleksi Rapor diperuntukkan bagi pendaftar yang berasal dari SMA/SMK/MA sederajat ke jenjang Sarjana (S1). Pendaftar adalah siswa yang lulus di tahun akademik pembukaan PMB dan/atau telah lulus maksimal pada 2 tahun sebelumnya. Pemdaftaran dapat dilakukan dengan membuat akun melalui https://ods.ums.ac.id/ 

4. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuka pendaftaran jalur prestasi periode 3 pada tanggal 9 Juni – 10 Agustus 2023. Pendaftaran melalui jalur prestasi dilakukan melalui dua tes sehingga calon mahasiswa dapat memilih dengan jalur akademik atau non-akademik.

Akademik: Nilai rapor semester 1 – 5 dan psikotes secara online

Non-akademik: Sertifikat atau piagam penghargaaan dan psikotes secara online

4 dari 5 halaman

PTS yang Masih Buka Pendaftaran Melalui Jalur UTBK

1. Institut Teknologi Nasional (Itenas)

Institut Teknologi Nasional (Itenas) memberikan kesempatan kepada lulusan SMA dan SMK untuk bisa mengikuti seleksi masuk melalui jalur UTBK SNBT (Seleksi Bersama Berdasarkan Test) Tahun 2022 atau 2023. Sertifikat yang dapat digunakan adalah Sertifikat UTBK 2022 dan 2023.Sehingga, calon mahasiswa tidak perlu mengikuti test tertulis.

Pendaftaran dibuka pada 14 Mei – 19 Agustus 2023. Untuk informasi lebih lanjut dapat diakses pada laman resmi Institut Teknologi Nasional.

2. Universitas Trisakti

Universitas Trisaksi membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UTBK. Pendaftaran dapat dilakukan hingga tanggal 11 Agustus 2023. Pengumuman hasil seleksi jalur UTBK dilakukan setiap hari seninn kecuali FK dan FKG yang diumumkan bersamaan dengan hasil USM. Untuk informasi lebih lanjut, calon mahasiswa dapat mengecek laman resmi https://trisakti.ac.id. 

5 dari 5 halaman

PTS yang Masih Buka Pendaftaran Melalui Jalur UTBK

3. Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Universitas Muhammadiyah Purwokerto membuka pendaftaraan penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UTBK bagi peserta UTBK 2022 dan 2023. Jalur Nilai UTBK dibuka untuk Gelombang 1 (satu) s.d 3 (tiga) mulai tanggal 10 Oktober 2022 s.d 31 Agustus 2023. Cek laman resmi https://www.ump.ac.id. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

4. Universitas Muhammadiyah Surabaya

Universitas Muhammadiyah Surabaya membuka pendaftaran melalui jalur UTBK untuk 29 jurusan. Calon mahasiswa akan dibebaskan dari ujian tulis apabila skor UTBK SNBT 2022 dan 2023 sesuai dengan standar yang telah ditentukan. Pendaftaran dibuka hingga 31 Agustus 2023. Calon mahasiswa dapat membuka laman resmi https://umsurabaya.ac.id/ untuk mendapat informasi lebih lanjut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.