Sukses

Apa Itu Healing? Yuk Ketahui Arti Serta Deretan Manfaatnya

Healing merupakan istilah kekinian yang semakin populer di kalangan masyarakat. Lantas apa arti healing yang sebenarnya? Yuk simak penjelasannya berikut lengkap dengan deretan manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Healing merupakan istilah kekinian yang semakin populer di kalangan masyarakat. Istilah ini banyak digunakan, terutama bagi warganet atau pengguna media sosial.

Tak sedikit pula yang menyebutkan bahwa healing berarti pergi berlibur ke suatu tempat atau staycation untuk menghilangkan stres atau pikiran negatif. Namun, apakah konsep ini benar-benar menggambarkan arti sebenarnya dari kata healing itu sendiri?

Istilah healing sebenarnya berasal dari dua kata yaitu self-healing. Healing sendiri artinya penyembuhan, sedangkan self artinya diri sendiri. Jadi, istilah self-healing berarti penyembuhan diri sendiri.

Penyembuhan diri di sini bisa mencakup ranah yang sangat luas. Mulai dari penyembuhan jiwa, penyembuhan luka batin, hingga pikiran. Singkatnya, self-healing berarti menyembuhkan luka batin yang mempengaruhi keadaan emosi atau kesehatan mental seseorang.

Adanya luka batin ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Misalnya, perasaan traumatis yang muncul akibat perlakuan yang tidak tepat atau kegagalan di masa lalu.

Pada dasarnya, setiap luka dalam memiliki rentang waktu yang berbeda. Namun, pada umumnya luka batin yang bersemayam dalam diri seseorang bisa bertahan lama.

Luka batin yang terus menerus dibiarkan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan mental kita. Misalnya, kita menjadi rentan terhadap gangguan kecemasan, stres, depresi, bahkan risiko menyakiti diri sendiri yang mengarah pada upaya bunuh diri dini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Deretan Manfaat Melakukan Healing

Dilansir dari Talented Ladies Club ada beberapa manfaat dari melakukan healing itu sendiri, berikut ulasannya:

1. Membantu Anda mengendalikan pikiran dan emosi Anda

Penyembuhan diri atau healing sendiri berfungsi untuk memberi kita lebih banyak kendali atas pikiran dan emosi kita. Mengontrol pikiran dan emosi kita adalah bagian penting dari setiap proses penyembuhan karena tindakan, pikiran, dan perasaan kita semuanya terhubung.

Tindakan kita ditentukan oleh pikiran kita. Emosi kita, jika dibiarkan terpendam, dapat memengaruhi kesehatan mental dan fisik kita. Semua hal ini pada akhirnya akan berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh kita, yang bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh kita.

Memendam emosi negatif hanya dapat menyebabkan efek negatif dan pada akhirnya menyebabkan lebih banyak stres dan kecemasan. Jadi, bagian penting dan mendasar dari proses healing adalah mempelajari cara mengendalikan pikiran dan emosi Anda.

Jika Anda ingin menikmati kesehatan yang optimal maka Anda perlu belajar bagaimana melepaskan semua pikiran dan emosi negatif Anda, baik yang disebabkan oleh penyakit, trauma, pekerjaan, tekanan, atau gaya hidup yang penuh tekanan.

Saat kita hidup dalam keadaan stres, kita terus-menerus melancarkan respons melawan atau lari, menyebabkan kekacauan di tubuh kita dan secara efektif mematikan sistem kekebalan kita.

Tidak ada alasan bagus untuk menyimpan stres, kekhawatiran, dan kebencian, satu-satunya orang yang mereka sakiti adalah Anda. Dan sementara kami menghargai itu tidak sesederhana menjentikkan jari Anda dan mengubah cara kerja pikiran Anda, penting untuk melepaskan kebiasaan yang tidak menguntungkan Anda dan temukan cara untuk mengubah cara Anda berpikir dan merasa.

Ganti pikiran dan perasaan negatif dengan perasaan pemberdayaan yang positif, praktikkan rasa syukur dan fokus pada hal-hal dalam hidup Anda yang lebih Anda inginkan, dan Anda akan mulai merasa lebih baik secara emosional dan fisik.

3 dari 5 halaman

2. Membersihkan tubuh dan pikiran Anda

Lupakan rencana detoks yang mahal, tubuh Anda cukup mampu membersihkan dirinya sendiri, jika diberi kesempatan. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih, makan makanan sehat, mengurangi stres dan banyak istirahat.

Segera setelah tubuh Anda dibersihkan, proses penyembuhan diri mulai terjadi. Saat kotoran dihilangkan, tubuh Anda kemudian dapat menyembuhkan dirinya sendiri. Ini memungkinkan tubuh Anda berfungsi dengan kapasitas penuh sehingga Anda lebih sehat dan lebih kuat.

4 dari 5 halaman

3. Menghemat biaya pengobatan

Penting untuk dicatat bahwa menyembuhkan diri sendiri menggunakan metode penyembuhan alami tidak datang dengan label harga yang mahal, dan tidak memerlukan usaha yang besar dari pihak Anda.

Penyembuhan diri atau healing sebenarnya mengurangi ketergantungan Anda pada operasi atau obat resep saat merawat tubuh Anda. Mengadopsi kebiasaan hidup yang lebih baik dan pola pikir sehat yang tangguh dapat menghemat uang Anda untuk biaya pengobatan, resep, dan waktu yang dihabiskan untuk mengunjungi dokter.

 

5 dari 5 halaman

4. Membantu Anda terhubung dengan orang lain

Orang memiliki kebutuhan untuk terhubung dengan orang yang mereka sayangi, itulah sebabnya penyembuhan diri menjadi sangat populer, sebagai bagian dari proses penyembuhan diri adalah untuk lebih terhubung dengan orang-orang di sekitar Anda.

Depresi dan kecemasan yang disebabkan oleh perasaan kesepian memengaruhi kemampuan tubuh kita untuk sembuh. Dengan menghabiskan waktu bersama orang lain, Anda dapat merasa lebih berguna, diperhatikan, dicintai, dan dibutuhkan, membuat Anda merasa bahwa hidup Anda memiliki tujuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.