Sukses

Cara Membuat Giveaway Anti Ribet, Aman dan Praktis

Jika melihat tren di masa sekarang, umumnya giveaway berbentuk produk digital. Dalam aktivitas bisnis, ini strategi ampuh untuk menarik perhatian konsumen.

Liputan6.com, Jakarta - Di masa kini, tentu Anda sudah sangat familiar dengan istilah giveaway. Istilah ini mengacu pada aktivitas berbagi hadiah kepada orang lain dengan syarat-syarat tertentu. Bentuk hadiah yang diberikan pun berbeda.

Namun, jika melihat tren di masa sekarang, umumnya giveaway berbentuk produk digital. Dalam aktivitas bisnis, ini strategi ampuh untuk menarik perhatian konsumen. 

Umumnya, giveaway dilakukan saat seseorang sedang meluncurkan bisnis dan memperkenalkan produk ke masyarakat. Namun, tidak jarang juga dimanfaatkan untuk mendorong awareness, dan salah satu cara menjalin interaksi bersama audiens. 

Manfaat melakukan giveaway

Melakukan strategi ini menjadi cara yang efektif untuk membangun pengikut media sosial Anda di situs-situs seperti Instagram, TikTok atau Twitter. Kemudian, meningkatkan prospek atau meningkatkan jumlah pelanggan. 

Lalu, mendorong engagement dari audiens. Jika Anda sukses mendapatkan engagement, maka akan besar pula potensi calon konsumen untuk menjadi pelanggan tetap. Di sisi lain, pelanggan juga akan memberikan umpan balik yang akan berguna dalam memperbaiki kualitas layanan dan produkmu.

Strategi ini juga akan membuat sebuah bisnis dikenal secara luas. Lewat program berhadiah yang Anda berikan, akan menarik perhatian individu dan setidaknya membuat produk atau jasa Anda dilirik. Kemudian, tugas Anda adalah menjadikan bisnismu semakin tertanam di benak konsumen. 

Anda juga perlu memberikan apresiasi terhadap konsumen loyal kamu. Berikan balasan yang baik dan apresiasi atas kesetiaan pelangganmu dengan memberikan hadiah. Memberikan giveaway menjadi cara yang tepat untuk memperlihatkan penghargaanmu terhadap pelanggan. 

Namun, yang tidak kalah menarik, strategi ini tidak membutuhkan banyak biaya. Maka, bisa dikatakan sebagai ajang promosi yang terbilang hemat biaya. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara membuat giveaway

Untuk membuat giveaway, pertama-tama tentukan tujuan dari pemberian hadiah tersebut, apakah untuk menambah follower, memperkuat bisnis atau perkenalan dengan audiens. Kemudian, memulai hadiah yang cocok. 

Selanjutnya, tentukan syarat untuk pemberian hadiah. Hadiah yang umum diberikan adalah berupa produk digital. Misalnya, e-voucher, pulsa, paket game, dompet digital dan lain sebagainya. Untuk memudahkan pekerjaanmu, platform Voucherku menjadi solusi paling tepat. 

Voucherku adalah platform yang menyediakan terobosan baru layanan pemberian hadiah produk digital. Produk yang dibeli bisa dibagikan dalam bentuk voucher digital melalui link.

“Anda cukup memberikan link dan PIN voucher kepada penerima. Dengan Voucherku, bagi-bagi saldo e-wallet dan voucher belanja jadi lebih simpel, efektif, dan variatif,” ujar Business Development Voucherku, Martha Saphira, dalam keterangan tertulisnya, Kamis (8/6/2023).

 

 

3 dari 3 halaman

Memberikan giveaway lebih praktis

Martha menjelaskan cara kerja pembelian produk digital di Voucherku. Anda bisa memilih dan membeli berbagai produk digital yang tersedia. Mulai dari pulsa dan paket data all operator, saldo DANA, OVO, Gopay, ShopeePay, voucher Indomaret, Alfamart, Tokopedia, voucher MAP Gift, dan masih banyak lagi.

Kemudian, produk yang sudah dibeli akan diubah menjadi voucher digital yang bisa Anda berikan kepada penerima dalam bentuk link voucher. Selanjutnya, penerima akan dapat langsung mengakses link yang sudah kamu berikan untuk melakukan redeem voucher.

Setelah penerima melakukan proses redeem voucher, hadiah akan dikirim dan diterima langsung ke nomor tujuan penerima. Semua penggunaan voucher akan dicatat secara detail di sistem laporan yang lengkap.

“Sehingga saat memberikan giveaway menjadi lebih praktis. Yang pasti juga lebih aman daripada memberikan voucher fisik, yang cenderung mudah hilang atau bocor dan digunakan orang lain. Dengan pengamanan 6 angka PIN, aman dan praktis,” lanjut Martha. 

Selain memberikan fitur hadiah yang variatif dan cara kerja yang simpel, Voucherku juga memungkinkan Anda mendapatkan website untuk redeem voucher dengan merk sendiri. Anda bisa kustomisasi sesuai kebutuhan, secara gratis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.