Sukses

Top 3: Deretan Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023

Artikel tentang 15 link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023, lengkap dengan cara membuatnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Tepat hari ini, Kamis (1/6/2023), masyarakat Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Presiden Joko Widodo pun menepatkan peringatan Hari Lahir Pancasila sebagai hari libur nasional.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila.

Tahun ini, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengambil tema besar 'Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global' dalam peringatan Hari Lahir Pancasila.

Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila 2023 ini juga digelar upacara yang dipusatkan di Jakarta akan dihadiri oleh kurang lebih 4 ribu tamu undangan.

"Upacara juga akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara dan Dewan Pengarah BPIP Prof. Dr. (HC.) Hj. Megawati Soekarnoputri beserta jajarannya," ucap Wakil Kepala BPIP, Dr. Drs. Karjono Atmoharsono, S.H., M.Hum, di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta, Selasa (31/5/2023).

Artikel tentang 15 link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023, lengkap dengan cara membuatnya menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang diperingati setiap 1 Juni, ketahui sejarah dan tema Hari Lahir Pancasila 2023.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang kobarkan semangat, ini kumpulkan ucapan Hari Lahir Pancasila 2023 yang cocok dibagikan ke media sosial.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 15 Link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023, Lengkap dengan Cara Membuatnya

 

Ia berharap agar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila diikuti oleh seluruh komponen masyarakat di dalam negeri dan dapat diikuti oleh seluruh kantor, lembaga, serta masyarakat Indonesia di luar negeri.

Namun, tak lengkap rasanya jika tak mempersiapkan ucapan Hari Lahir Pancasila 2023 untuk dibagikan ke media sosial. Namun, selain dengan mengikuti upacara, Anda juga bisa memeriahkan momen Hari Lahir Pancasila dengan menggunakan Twibbon atau bingkai menggunakan tema tertentu untuk foto profil media sosial maupun aplikasi chatting.

Berikut link Twibbon Hari Lahir Pancasila 2023 yang bisa Anda coba dan cara mudah untuk mengaplikasikannya.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Diperingati Setiap 1 Juni, Ketahui Sejarah dan Tema Hari Lahir Pancasila 2023

Hari lahir Pancasila diperingati setiap tahunnya pada tanggal 1 Juni di Indonesia. Pancasila merupakan ideologi negara Indonesia yang terdiri dari lima prinsip dasar.

Secara harfiah, Pancasila berasal dari bahasa Sanskerta, di mana panca berarti lima, dan sila berarti prinsip atau nilai. Pancasila menjadi suatu dasar negara yang diakui dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Pancasila sebagai ideologi Indonesia yang terdiri dari lima prinsip atau lima nilai dasar menjadi panduan bagi menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Pancasila hadir untuk mewujudkan kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil, demokratis, dan berlandaskan pada nilai-nilai luhur.

Peringatan Hari Lahir Pancasila dilakukan untuk menghargai dan menghormati serta mengenang proses perumusan Pancasila yang dilakukan oleh para pendiri bangsa dalam melakukan kemerdekaan.

Selain itu, peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi kesempatan untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila di masyarakat. Hal ini menjadi refleksi atas implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik secara individu atau sekelompok orang.

Dengan memperingati Hari Lahir Pancasila, masyarakat dapat meningkatkan pemahaman terhadap Pancasila yang menjadi ideologi negara dan nilai-nilai dalam Pancasila dapat diwujudkan dalam tindakan nyata sehingga dapat memajukan bangsa Indonesia.

Untuk meningkatkan pemahaman terhadap Pancasila, yuk ketahui sejarah Hari Lahir Pancasila, dan tema yang digunakan tahun ini, dilansir dari berbagai sumber, Kamis (25/5/2023).

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Kobarkan Semangat, Ini Kumpulan Ucapan Hari Lahir Pancasila 2023 yang Cocok Dibagikan ke Media Sosial

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang terdiri dari lima sila yang diumumkan secara resmi pada 1 Juni 1945, oleh para pendiri bangsa Indonesia. Oleh karena itu, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila.

Pada 1 Juni, para pendiri bangsa Indonesia mengumumkan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia yang akan menjadi landasan baru bagi negara. Pancasila menetapkan 5 prinsip-prinsip yaitu Ketuhanan yang Maha Esa, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Peringatan Hari Lahir Pancasila bertujuan untuk memperkuat identitas nasional Indonesia yang berlandaskan Pancasila. Selain itu, peringatan Hari Lahir Pancasila diharapkan dapat memperkuat semangat persatuan, menghormati perbedaan, dan mendorong toleransi antar kelompok sehingga terwujudnya negara adil dan makmur.

Tema Hari Lahir Pancasila 2023 adalah “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global.” Tema tersebut termuat dalam pedoman penyelenggaraan upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023.

Untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan seperti menghadiri seminar, diskusi, dan sosialisasi di lingkungan sekitar yang membahas mengenai Pancasila.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat memperingati Hari Lahir Pancasila dengan membagikan ucapan di media sosial. Hal ini merupakan salah satu cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini