Sukses

Ladies, Yuk Coba 7 Cara Memakai Lipstik yang Sesuai dengan Bentuk Bibir Kalian

Apakah Anda sudah yakin memulas lipstik dengan benar? Coba yuk, cek cara memakai lipstik sesuai dengan bentuk bibir.

Liputan6.com, Jakarta Kalau ditanya makeup apa yang tidak boleh ketinggalan untuk dipakai ataupun dibawa, mungkin sebagian dari Anda akan menjawab lipstik. Lipstik memang menjadi alat makeup andalan seorang wanita dalam hal menunjang penampilan dan semakin percaya diri. Walau tertutup masker sekalipun, dengan menambahkan perona bibir bisa memberikan kesan segar dan elegan. Namun tahukah Anda? Ternyata bentuk bibir perempuan yang berbeda-beda juga memengaruhi pengaplikasian lipstik yang digunakan.

"Bentuk bibir perempuan sangat bervariasi dari generasi ke generasi," ujar salah satu penata rias selebriti, Sarah Redzikowski, yang dilansir dari Instyle, Senin (29/5/2023).

"Dalam hal sesuatu yang sangat pribadi seperti bibir kita, setiap perempuan memiliki keunikan dan sangat cantik. Bentuk bibir Anda adalah milik Anda sendiri dan penting sekali untuk mencintai apa yang sudah Anda miliki sejak lahir."

Nah, ternyata memakai lipstik juga tidak boleh asal-asalan. Karena harus dilihat dari bentuk bibir, seperti bibir yang berbentuk hati, bibir kecil, atau bibir proporsional. Ada beberapa cara untuk mempercantik bibir Anda dengan menggunakan keajaiban lipstik. Dan ini dia beberapa tips kecantikan berikut yang bisa Anda ikuti. Yuk, simak ulasan lengkapnya dilansir dari Instyle.

1. Small Lips

Apakah bibir Anda memiliki ukuran yang relatif lebih kecil bila dibandingkan dengan rasio wajah secara keseluruhan? Kalau iya, tidak perlu bersedih dan berkecil hati. Menurut Redzikowski, bentuk bibir ini justru yang paling disukai banyak orang. 

Trik yang bisa Anda coba yaitu mengaplikasikan lip gloss yang mengilap untuk membentuk bibir dan membuatnya tampak lebih besar. Redzikowski juga menambahkan, hindari pemakaian lipstik berwarna gelap karena justru dapat membuat bibir Anda semakin terlihat kecil. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Thin Lips

Berbeda dengan small lips, pemilik bibir tipis justru bisa mengaplikasikan lipstik dengan warna yang lebih gelap hingga dua tingkat dari warna bibir alami. Tidak cuma sampai di situ, agar mempercantik bentuk bibir, Redzikowski merekomendasikan penggunaan lip liner untuk membingkai garis bibir dan semakin membentuk bibir Anda.

Namun, pastikan saat menggunakan lip liner harus menyesuaikan dengan bentuk garis bibir supaya terkesan natural. Anda juga bisa menggunakan salah satu warna dari eye shadow berwarna netral di bagian tengah bibir agar menciptakan efek ombre dan membuat bibir makin terlihat bervolume.

3. Bottom Heavy Lips

Bottom heavy lips adalah pemilik bibir dengan bagian bawah lebih tebal daripada bibir bagian atas. Bentuk bibir ini sangat umum ditemui setiap wanita. Jika Anda termasuk salah satu pemiliknya, Redzikowski merekomendasi menggunakan concealer cair untuk sedikit memoles dan menyembunyikan tepi garis bibir Anda.

Untuk warna lipstik, coba gunakan lipstik matte berwarna nude agar bibir tampak terlihat alami. Namun, jika Anda ingin menyembunyikan bentuk bibir ini, Redzikowski menyarankan untuk menggunakan warna yang lebih terang di bagian tengah bibir bawah agar terlihat lebih seimbang.

 

3 dari 4 halaman

4. Top Heavy Lips

Anda memiliki bibir bagian atas yang penuh atau lebih tebal dibandingkan dengan bibir bagian bawah? Tenang saja, semua bisa disesuaikan. Agar bibir terlihat simetris, coba pakaikan lip liner pada bagian bibir atas, lalu bagian bawah. Anda juga dapat menambahkan warna lipstik yang lebih terang ke seluruh bibir bagian bawah atau hanya bagian tengah bibir agar menciptakan volume yang pas. 

Jika ingin menggunakan lip gloss, pastikan jangan dipakai pada bagian atas dan hanya oleskan di bagian tengah bawah bibir saja. Karena lip gloss pada bibir atas bisa membuat bibir akan tampak semakin besar.

5. Flat Lips

Ketika memiliki bibir yang terlihat rata atau flat lips cara terbaik untuk menyempurnakannya adalah dengan melakukan contour dan menonjolkan bentuk bibir supaya terlihat bervolume. Pertama-tama, gunakan bedak dan sapukan secara perlahan dan tipis di area bibir Anda.

Selanjutnya, pakai lip liner dengan warna yang lebih gelap dan ikuti bentuk bibir alami Anda atau bisa juga sedikit sedikit keluar dari garis bibir jika Anda mau. Kemudian, tambahkan lipstik yang ingin dipakai dan akhiri dengan sedikit kilau dari lip gloss di tengah bibir.

 

4 dari 4 halaman

6. Heart-Shaped Lips

Berbicara tentang bentuk bibir, bibir berbentuk hati menjadi salah satu bibir yang paling diinginkan setiap wanita. Jika Anda memilikinya, Anda mungkin memiliki cupid's bow yang sangat tegas (bentuk bibir atas berada di dua titik yang berbeda di tengah mulut) dan mungkin bibir bawah yang sedikit lebih tebal.

Supaya tampilan bibir tampak sempurna, Redzikowski merekomendasikan penggunaan lip liner yang gelap untuk membuat garis bibir Anda. Lalu, aplikasikan warna lipstik yang lebih terang di tengah bibir agar menciptakan bentuk hati yang lebih kecil.

7. Proportioned Lips

Bentuk bibir terakhir adalah proportioned lips. Saat melihat Anda secara langsung, beberapa orang mungkin akan mengatakan Anda cukup beruntung jika memiliki bentuk bibir ini. Sebab, hampir semua riasan bibir pasti cocok untuk Anda.

Karenanya Redzikowski menyarankan untuk menyesuaikannya dengan penampilan. Jika, Anda ingin memperlihatkan bentuk bibir yang kecil, cari lipstik dengan warna nude yang sesuai dengan warna asli bibir. Namun, jika ingin menarik perhatian banyak orang ke bibir Anda, pilihlah warna yang berani dan cerah. 

Nah, sekarang memakai lipstik yang sesuai bentuk bibir terasa mudah bukan? Anda pun dapat menerapkan cara-cara di atas untuk memoleskan lipstik yang tepat sesuai bentuk bibir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.