Sukses

Jangan Diabaikan, 5 Rasa di Mulut yang Bisa Ungkap Masalah Kesehatan

Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis rasa di mulutmu, dan mengalaminya secara tiba- tiba dan secara signifikan bisa menjadi tanda penyakit yang mendasarinya.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya ada rasa aneh di mulutmu setelah makan makanan yang kuat seperti bawang putih dan bawang merah.

Di lain waktu, kebersihan mulut yang buruk atau masalah kesehatan gigi akan menyebabkan bau mulut dan rasa tidak enak.

Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak jenis rasa di mulutmu, dan mengalaminya secara tiba- tiba dan secara signifikan bisa menjadi tanda penyakit yang mendasarinya.

Faktanya, penyakit yang berbeda bisa menyebabkan rasa yang berbeda di mulutmu. Alih-alih mengabaikannya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menemukan akar penyebab di balik perubahan ini.

Oleh karena itu, ketahui lima rasa yang bisa menandakan ada yang salah dengan kesehatanmu, menurut pakar kesehatan, seperti melansir dari Times of India, Sabtu (13/5/2023).

1. Rasa pahit

Mengalami rasa pahit di mulut bisa disebabkan oleh banyak masalah kesehatan. Ini termasuk masalah hati atau kandung empedu dan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Gejala lain seperti mual, muntah, sakit perut, dan kelelahan juga bisa menyertai rasa pahit.

Sementara, beberapa individu juga mengalami rasa pahit di mulut karena perubahan hormonal, kesehatan mulut yang buruk, penggunaan obat- obatan dan stres.

2. Rasa logam

Rasa logam di mulutmu bisa disebabkan oleh penyakit atau infeksi gusi, atau kondisi medis lainnya seperti penyakit ginjal, penyakit hati, atau diabetes.

Beberapa individu juga memiliki rasa logam di mulut jika terjadi mulas, refluks asam, dan gangguan pencernaan.

Gejala umum yang mungkin dialami seseorang bersamaan dengan rasa logam di mulutnya termasuk penurunan indera perasa atau penciuman, mulut kering, atau perubahan nafsu makan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Rasa manis

Jika Anda mengidap diabetes dan tubuhmu kesulitan mengatur gula darah, maka kadar glukosa yang tinggi bisa menyebabkan rasa manis di mulut.

Gejala yang Anda alami dengan rasa ini meliputi rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, dan penglihatan kabur.

4. Rasa asam

Ketika Asam lambungmu kembali ke kerongkongan, rasa asam dan tidak enak bisa tertinggal di mulutmu. Ini terjadi karena refluks asam atau GERD.

Rasa asam juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan lain seperti kekurangan gizi, infeksi dan gangguan saraf.

 

3 dari 3 halaman

Rasa lainnya

5. Rasa asin

Jika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda akan mencoba menghemat air dengan memproduksi lebih sedikit air liur, meninggalkan rasa asin di mulutmu.

Ini juga bisa menyebabkan lebih banyak gejala di samping rasa asin, seperti mulut kering, haus, kelelahan, dan kelemahan otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.