Sukses

Pakar Ungkap 5 Tips untuk Meningkatkan Kesehatan Mental, Salah Satunya Bermain Tenis Meja

Seorang ahli telah mengungkapkan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental di tahun 2023 yang tak banyak orang kira, yaitu bermain tenis meja atau pingpong.

Liputan6.com, Jakarta - Seorang ahli telah mengungkapkan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan mental di tahun 2023 yang tak banyak orang kira, yaitu bermain tenis meja atau pingpong.

Presenter dan dokter, Zoe Williams, telah berbagi cara untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengurangi kecemasan yang termasuk ke olahraga khusus seperti tenis meja, lempar kapak, dart, dan shuffleboard.

“Kehidupan sehari-hari seperti berita yang kita lihat, hubungan asmara, pekerjaan, atau perubahan besar dalam hidup semuanya dapat berdampak buruk pada kesehatan mental kita. Itulah mengapa sangat penting untuk memastikan kita semua meluangkan waktu di hari kita untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi suasana hati kita,” katanya dilansir dari Dailystar.

“Penelitian menunjukkan bahwa menjalin hubungan dengan teman melalui olahraga dan permainan, terutama yang mendorong persaingan dan fokus yang bersahabat, seperti permainan pingpong, dapat berdampak sangat positif bagi kesehatan mental kita,” tambahnya. 

“Ini membantu kami meningkatkan kejernihan mental dan juga memperkuat koneksi dengan orang yang bermain dengan Anda. Apakah Anda menang atau kalah, itu adalah permainan yang menyenangkan.”

Itu terjadi setelah penelitian terhadap 2.000 orang dewasa, yang ditugaskan oleh Bounce, tempat bermain pingpong di Inggris, menemukan 56% menganggap olahraga sebagai pereda stres dengan 62% mengatakan bersaing dengan teman dapat membantu mereka mengeluarkan tenaga.

Tetapi 53% orang Inggris tidak menghabiskan banyak waktu dalam kelompok sosial seperti yang mereka inginkan, meskipun 72% mendapatkan peningkatan tingkat kebahagiaan karena melakukannya.

Lebih dari empat per 10 (41%) orang yang melakukan olahraga atau permainan untuk menghilangkan stres percaya bahwa berkonsentrasi pada satu tindakan memungkinkan Anda mengabaikan hal lain.

Namun, untuk 34%, kegembiraan hanya ditemukan dalam mengakhiri teman saat Anda memenangkan permainan, sementara 40% menyukai peningkatan fokus.

Dengan 40% mengatakan mereka merasa lebih bahagia dan lebih rileks (39%) setelah bermain bersama teman. Lebih dari enam per 10 (62%) juga merasa aktivitas seperti pingpong, lempar kapak, atau golf mini membuat acara malam hari lebih menyenangkan dan menarik daripada sekadar pergi makan atau minum.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Olahraga adalah cara yang baik untuk meningkatkan kesehatan mental

Beberapa alasan utama orang dewasa tidak menghabiskan banyak waktu bersama seperti yang mereka inginkan antara lain karena terlalu sibuk (40%), teman yang tinggal terlalu jauh (36%), atau terlalu sulit untuk menyesuaikan jadwal ( 33%).

Responden merasa kesepian (32%), kecewa (29%) dan sedih (27%) ketika mereka tidak dapat menghabiskan banyak waktu dengan teman seperti yang mereka inginkan.

Tetapi lebih dari setengahnya merasa baik (56%) dan rasa memiliki (43%) saat melakukannya. Dan ternyata 66% dari mereka yang berusia 18-34 tahun berbicara tentang kesehatan mental mereka sekarang dibandingkan dengan lima tahun lalu.

Rata-rata orang dewasa yang merasa perlu mengeluarkan tenaga, mendapatkan dorongan tersebut sekitar lima kali dalam sebulan, menurut data [OnePoll.com]. 

Dan olahraga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kesejahteraan karena lebih dari setengah (57%) mengatakan bahwa mereka bagus dalam fokus dan konsentrasi dalam hal aktivitas fisik atau permainan. Mereka yang sulit fokus melakukannya karena mudah bosan (46%), banyak pikiran (43%), dan terlalu lelah (39%).

3 dari 4 halaman

Terhubung dengan teman dan keluarga baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda

Toby Harris, CEO State of Play Hospitality, operator Bounce, berkata, “Saya senang bahwa penelitian kami menunjukkan bahwa memukul bola dengan teman adalah cara yang bagus untuk meringankan rasa sakit. Berbeda dengan olahraga yang lebih bersifat solo, ada kegembiraan unik dalam pingpong yang dihasilkan oleh hubungan antar pemain.”

Helen Franks, manajer kemitraan korporat dari Charlie Waller Trust, juga mengatakan, “Terhubung dengan teman dan keluarga melalui permainan yang aktif dan menyenangkan bisa baik untuk kesehatan fisik dan mental Anda.”

“Dan mempelajari keterampilan untuk memainkan permainan baru dapat meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri Anda. Menjadi aktif, belajar, dan terhubung dengan orang lain adalah tiga dari lima tips lainnya meningkatkan kesehatan mental,” tambahnya. 

4 dari 4 halaman

Berikut Tips Kesehatan Mental dari DR Zoe Williams

Berikut Tips Kesehatan Mental dari DR Zoe Williams, dilansir dari Dailystar

Aktif: Aktivitas fisik melepaskan endorfin dan bahan kimia penguat suasana hati lainnya di otak. Baik itu jalan cepat di taman atau permainan pingpong cepat, aktivitas fisik dan olahraga mengurangi stres dan kecemasan, serta meningkatkan harga diri.

Beristirahatlah dari teknologi: Tukar scroll media sosial dengan hal lain dan temukan waktu untuk melakukan aktivitas yang tidak melibatkan layar, pekerjaan, atau media sosial. Beristirahat adalah kunci untuk meningkatkan kesejahteraan dan membantu kita tetap membumi dan tidak kewalahan. Beri diri Anda setidaknya 10 menit sehari untuk melangkah keluar dan menghirup udara segar jauh dari teknologi.

Koneksi yang bermakna: Habiskan waktu bersama teman, keluarga, kolega, atau bahkan temukan grup sosial baru, karena berhubungan dengan orang lain dan memperkuat hubungan dapat meningkatkan suasana hati Anda.

Masuk ke dalam semangat yang kompetitif: Bersosialisasi dan masuk ke dalam semangat kompetitif sangat bagus untuk mengeluarkan tenaga. Lakukan olahraga yang dibangun dengan fokus dan konsentrasi akan meningkatkan kesadaran kognitif, kewaspadaan mental, dan meningkatkan detak jantung serta memompa darah, yang semuanya berdampak sangat positif pada kesehatan mental Anda.

Bersikap baik kepada diri sendiri: Bersikap baik kepada diri sendiri dapat menekan kecemasan dan juga depresi yang bisa meningkatkan kemampuan Anda untuk melakukan banyak hal setiap hari. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.