Sukses

Top 3: Tes Sederhana untuk Mengecek Kesehatan Ginjal

Artikel tentang dua tes sederhana untuk mengecek kesehatan ginjalmu menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Ginjal memainkan peran dalam menjaga Anda tetap hidup, sama seperti otak dan jantungmu.

Kedua organ seukuran kepalan tangan ini, yang terletak di punggung bagian bawah, memainkan peran yang sangat penting dalam bertindak sebagai filter dengan membuang limbah dan cairan ekstra dari tubuh. Selain itu, ginjal juga menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Kebanyakan orang tertarik untuk mengetahui kolesterol dan angka tekanan darah mereka. Namun, mereka juga harus mengetahui status ginjal mereka untuk melihat apakah ginjalnya sehat atau memiliki penyakit ginjal kronis, yang juga dikenal sebagai Chronic Kidney Disease (CKD).

"CKD adalah suatu kondisi yang berarti ginjal rusak dan tidak bisa menyaring darah sebagaimana mestinya," kata Direktur dan Konsultan Patolog di City Xray & Scan Clinic Pvt. Ltd, Sunita Kapoor, seperti mengutip dari Times of India, Rabu (3/5/2023).

Diabetes adalah penyebab utama penyakit ginjal kronis. Studi menunjukkan bahwa hampir satu dari dua orang dengan diabetes mengidap CKD, yang juga menunjukkan bahwa penyakit ini kurang terdiagnosis.

Artikel tentang dua tes sederhana untuk mengecek kesehatan ginjalmu menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang 3 zodiak ini suka bawa barang berlebihan saat traveling, jadi heboh sendiri.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang tinjau jalanan rusak Lampung yang diperbaiki jelang kunjungan Jokowi, aksi gubernur Lampung naik helikopter dicibiri warganet.

Berikut Top 3 Citizen6:

1. 2 Tes Sederhana untuk Mengecek Kesehatan Ginjal Anda

 

Jika Anda didiagnosis menderita CKD, berarti Anda mengalami masalah ginjal selama beberapa bulan terakhir. Anda mungkin terkena penyakit ginjal kronis secara perlahan dan diam-diam, bahkan tanpa menyadarinya.

Anda akan kehilangan fungsi ginjal selama bertahun-tahun tanpa gejala yang signifikan. Orang-orang sering mengetahui tentang kondisi mereka hanya ketika ginjal mereka gagal dan sudah terlambat untuk pengobatan pencegahan.

Dalam situasi ini, mereka biasanya membutuhkan cuci darah atau transplantasi ginjal. Itulah mengapa mengetahui nomor ginjalmu itu penting.

Selengkapnya...

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. 3 Zodiak Ini Suka Bawa Barang Berlebihan Saat Traveling, Jadi Heboh Sendiri

Apakah Anda akan bertamasya Eropa selama sebulan atau perjalanan akhir pekan ke Bandung, Anda harus mengepak koper sebelum berangkat. Beberapa orang yang memiliki keterampilan berkemas hingga ilmu pengetahuan, dengan hati-hati memilih jumlah pakaian yang tepat dan cukup untuk bertahan seminggu.

Sementara itu, yang lain terkenal karena kecenderungan mereka untuk berkemas lebih dari yang mereka butuhkan — 14 pasang pakaian dalam untuk perjalanan tiga hari, misalnya.

Ini mungkin tampak seperti kebiasaan yang mudah dihilangkan, tetapi menurut astrolog Catherine Gerdes, ada tiga tanda zodiak yang ditakdirkan untuk berkemas berlebihan untuk setiap perjalanan.

Memasukkan segala sesuatu ke dalam tas Anda bisa jadi rumit karena Anda ingin membawa pakaian yang paling lucu dan ingin bersiap bahkan untuk cuaca yang paling tidak terduga sekalipun. Jika Anda adalah seseorang yang kesulitan membuat keputusan, terkadang lebih mudah untuk memasukkan semuanya ke dalam koper.

Dan sementara itu dapat menyebabkan Anda dengan panik menarik pakaian dari tas Anda sampai memenuhi persyaratan berat saat pemeriksaan tas di bandara, itu adalah kebiasaan yang sepertinya tidak bisa dilepaskan oleh ketiga tanda zodiak ini.

Dihimpun dari Bustle, inilah daftar zodiak yang suka bawa barang berlebihan saat traveling menurut astrologi.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Tinjau Jalanan Rusak Lampung yang Diperbaiki Jelang Kunjungan Jokowi, Aksi Gubernur Lampung Naik Helikopter Dicibiri Warganet

Buntut dari protes lewat video viral Bima terkait jalanan Lampung yang rusak parah, merembet ke mana-mana. Setelah protes mengalir ke Pemerintah Provinsi Lampung karena fakta di lapangan menunjukkan benar adanya jalanan di Lampung banyak yang rusak parah, Jokowi juga ikut berkomentar.

Presiden Joko Widodo mengatakan akan melakukan kunjungan kerja ke Lampung, terutama Kabupaten Lampung Tengah, untuk meninjau sejumlah jalan. Kunjungan Jokowi ini dilakukan setelah kondisi jalan di Lampung ramai dibahas di media sosial.

"Gara-gara medsos ramai, beliau akan cek kebenaran dari policy kebijakan dari pemda dalam penanganan itu," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono kepada wartawan di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (2/5/2023).

Hal tersebut kontan membuat Pemerintah Provinsi Lampung kalang-kabut. Diketahui, Gubernur Lampung Arinal Junaidi dan pejabat lainnya pun dibuat sibuk atas rencana kedatangan presiden ini.

Pemerintah daerah setempat kemudian menyiapkan perbaikan jalan di kawasan Kecamatan Rumbia, ruas jalan yang sempat viral karena rusak seperti kubangan.

"Alhamdulillah di mana di tahun ini akan dilaksanakan pembangunan ruas jalan Kota Gajah-Sadewa yang insyaallah akan menunjang dan membantu mobilitas serta meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad dalam keterangannya di Instagramnya.

Pada Senin (1/5) kemarin, Musa bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Komandan Korem 043 Gatam, dan Kapolda Lampung mengecek lokasi jalanan Lampung rusak tersebut, jalan yang juga bakal dilalui Presiden Jokowi.

Sayangnya, pengecekan lokasi perbaikan jalan rusak tersebut dicibiri oleh warganet karena Gubernur Lampung Arinal Djunaidi memutuskan naik helikopter.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.