Sukses

Bukan Hanya Sunscreen, 11 Makanan Ini Bisa Bantu Cegah Paparan Sinar Ultraviolet yang Merusak

Lindungi kulit dari sinar ultraviolet bisa dilakukan mengonsumsi beberapa makanan tertentu. Simak daftarnya berikut ini!

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti setuju kalau sinar ultraviolet dari matahari memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan. Akan tetapi, paparan sinar matahari yang berlebihan bisa membuat kulit terbakar, kusam, hingga mengakibatkan kanker kulit. Apalagi dengan cuaca panas yang cukup ekstrem akhir-akhir ini, membuat Anda harus benar-benar melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Salah satu caranya dengan menggunakan produk ber-SPF seperti sunscreen dan juga sunblock di sekujur tubuh. Namun sayangnya, perlindungan dari skincare saja tidak cukup, lho.

Jangan lupa perhatikan juga asupan yang dikonsumsi sehari-hari. Beberapa makanan-makanan yang kami sebutkan, bisa melindungi Anda dari kerusakan karena mengandung nutrisi untuk memperbaiki sel-sel kulit agar tetap sehat. Kalau penasaran makanan apa saja yang dimaksud, kami sudah melansirnya dari laman Cosmopolitan, Selasa (25/4/2023), berikut ini.

Daftar Makanan yang Membantu Cegah Paparan Sinar Matahari

1. Teh hijau

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minum dua cangkir teh hijau bisa membantu menurunkan risiko melanoma atau kanker kulit. Namun, karena teh hijau termasuk minuman yang memiliki kandungan kafein yang tinggi, harus dibarengi juga dengan minum air putih yang banyak.

2. Strawberry

Makan buah yang kaya vitamin C selama cuaca panas, bisa membantu sebagai tabir surya alami dan melindungi kulit terbakar dari paparan sinar matahari. Cobalah untuk mengonsumsi strawberry 100g dalam sehari.

3. Kentang

Pati yang terdapat dalam kentang bisa membantu mengurangi bahaya dari sengatan matahari karena mengandung vitamin C dan beta-karoten sebagai pelindung kulit.

4. Delima

Sudah bukan rahasia lagi kalau buah delima atau pomegranate sangat bagus untuk kulit. Buah yang satu ini sangat kaya antioksidan, asam ellagic, dan anti-inflamasi yang bisa membantu kulit melawan kerusakan sel akibat sinar UVA dan UVB. Buah delima juga bagus untuk anti-aging.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar Makanan Lain yang Membantu Cegah Paparan Sinar Matahari

Tidak cuma empat makanan saja, cek rekomendasi makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi paparan sinar matahari, antara lain:

5. Cuka putih

Saat mengalami luka bakar akibat sengatan matahari, cuka putih bisa dijadikan solusi pertolongan pertama. Caranya dengan menyemprotkan atau kompres cuka putih langsung ke kulit. Namun, perhatikan juga reaksi kulit Anda saat menggunakannya.

6. Dark-chocolate

Siapa saja yang menyukai cokelat? Ternyata, cokelat menjadi salah satu deretan makanan yang dikonsumsi untuk mencegah paparan sinar matahari. Akan tetapi, ada baiknya Anda mengonsumsi cokelat yang mengandung 70% cokelat seperti dark-chocolate dan tidak mengonsumsinya lebih dari satu batang seminggu.

7. Semangka

Semangka paling nikmat dinikmati dingin-dingin saat cuaca sangat terik seperti sekarang. Buah ini ternyata kaya antioksidan dan melindungi kulit dari radiasi. Selain itu, Anda tidak masalah jika Anda mengonsumsi 3-4 iris buah semangka dalam sehari. Kandungan air yang banyak dapat membuat kulit tetap terhidrasi.

8. Wortel

Beta-karoten dalam wortel mampu diubah oleh tubuh menjadi vitamin A, sehingga membantu mengurangi reaksi terhadap paparan matahari.

3 dari 3 halaman

Daftar Makanan Terakhir yang Membantu Cegah Paparan Sinar Matahari

Nah, ini adalah 3 makanan terakhir yang baik untuk dikonsumsi sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar matahari:

9. Oatmeal

Oatmeal mengandung antioksidan dan penangkal radikal bebas. Antioksidan dalam oatmeal, bisa membantu sel-sel kulit beregenerasi dan mengurangi kerusakan kulit yang parah akibat sinar matahari.

10. Tomat

Tomat juga menjadi salah satu sayuran yang mengandung antioksidan untuk membantu melindungi kulit dari radiasi UV. Selain itu, kandungan vitamin C dan likopen dalam tomat, dapat membantu kulit agar tetap terhidrasi.

11. Jambu biji

Buah lain yang tidak kalah penting yaitu jambu biji karena memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Hal ini juga membantu untuk kecantikan kulit. Bahkan, satu buah jambu biji mengandung vitamin C lima kali lebih banyak daripada jeruk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.