Sukses

5 Doa yang Baik Dibaca Saat Gerhana Matahari Menurut Al-Quran

Berikut ini doa-doa yang baik dibaca saat gerhana matahari menurut Al-Quran

Liputan6.com, Jakarta Fenomena unik dan langka Gerhana Matahari Hibrida menyambangi Indonesia di sejumlah wilayah hari ini, Kamis (20/4/2023). Saat Gerhana Matahari Hibrida, akan terjadi dua fenomena Gerhana Matahari sekaligus, di mana sebagian wilayah akan melihat gerhana matahari sebagai Gerhana Matahari sebagian, sementara di wilayah lain yang terjadi adalah Gerhana Matahari total.

Islam mengajarkan umatnya untuk berdoa dalam setiap aspek kehidupan. Begitu pun saat fenomena alam seperti gerhana matahari terjadi.

Berdoa untuk gerhana matahari dalam Islam umumnya dimulai dengan iman Muslim yang mereka yakini bahwa semuanya berasal dari Allah. Itu membuat setiap Muslim menyadari betapa agungnya Allah.

Berbicara tentang doa gerhana matahari dalam Islam, berikut beberapa doa yang dapat dibaca oleh umat Islam saat gerhana terjadi. Kebanyakan doa ini berasal dari Al-Quran yang membuat mereka berguna bagi umat Islam. 

1. QS Al A’raf 54

Doa gerhana matahari dalam Islam dapat didasarkan pada Al-Qur'an surah Al A'raf ayat 54, Allah menyebutkan bulan dan bintang mengelilingi galaksi untuk mematuhi perintah-Nya sehingga mereka melakukannya. Itu juga berarti bahwa umat Islam harus melakukan hal yang sama.

وَّالشَّمْسَ وَالْقَمَرَ وَالنُّجُوْمَ مُسَخَّرٰتٍۢ بِاَمْرِهٖٓ ۙاَلَا لَهُ الْخَلْقُ وَالْاَمْرُۗ تَبٰرَكَ اللّٰهُ رَبُّ الْعٰلَمِيْنَ 

“(Dia menciptakan) matahari, bulan, dan bintang-bintang dengan tunduk pada perintah-Nya. Ingat! Semua urusan dan urusan adalah milik-Nya. Maha Suci Allah, seluruh alam semesta.” (QS 7:54)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. QS Fussilat 37

Membaca Al Quran surah Fussilat ayat 37 bisa menjadi salah satu cara terbaik sebagai doa untuk gerhana matahari dalam Islam. Surat ini mengingatkan setiap Muslim untuk berlutut hanya kepada Allah.

وَمِنْ اٰيٰتِهِ الَّيْلُ وَالنَّهَارُ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُۗ لَا تَسْجُدُوْا لِلشَّمْسِ وَلَا لِلْقَمَرِ وَاسْجُدُوْا لِلّٰهِ الَّذِيْ خَلَقَهُنَّ اِنْ كُنْتُمْ اِيَّاهُ تَعْبُدُوْنَ –

“Dan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah malam, siang, matahari dan bulan. Jangan sujud kepada matahari dan jangan (juga) kepada bulan, tetapi sujudlah kepada Allah yang menciptakannya, jika kamu hanya menyembah Dia.” (QS 41:37)

 

3 dari 5 halaman

3. QS Yunus 5

Membaca Al-Qur'an surah Yunus ayat 5 bisa menjadi salah satu cara yang sempurna untuk menjadi doa gerhana matahari dalam Islam. Ayat tersebut mengingatkan Muslim untuk selalu mengingat Allah, yang menciptakan matahari, bintang, dan bulan bergerak mengelilingi orbitnya.

Membaca Al Quran surah Yunus saat gerhana matahari terjadi juga akan membantu umat Islam menyadari betapa agungnya Allah.

هُوَ الَّذِيْ جَعَلَ الشَّمْسَ ضِيَاۤءً وَّالْقَمَرَ نُوْرًا وَّقَدَّرَهٗ مَنَازِلَ لِتَعْلَمُوْا عَدَدَ السِّنِيْنَ وَالْحِسَابَۗ مَا خَلَقَ اللّٰهُ ذٰلِكَ اِلَّا بِالْحَقِّۗ يُفَصِّلُ الْاٰيٰتِ لِقَوْمٍ يَّعْلَمُوْنَ – ٥

“Dialah yang menjadikan matahari dan bulan bersinar, dan Dialah yang menentukan tempat-tempat peredarannya, agar kamu mengetahui bilangan tahun dan perhitungan (waktu). Allah tidak menciptakannya seperti itu melainkan dengan sebenarnya. Dia menjelaskan tanda-tanda (kebesaran-Nya) kepada mereka yang mengetahui.” (QS 10:5)

 

4 dari 5 halaman

4. QS AL Anbiya 31-33

Membaca Al Quran surah Al Anbiya ayat 31-33 bisa menjadi salah satu doa yang sempurna untuk gerhana matahari dalam Islam. Membaca ayat-ayat itu akan mengingatkan kita sebagai umat Muslim akhir dunia yang bisa datang kapan saja tanpa diketahui semua orang.

Dalam beberapa ayat Al-Qur'an, gerhana matahari bisa menjadi pelajaran bagi umat Islam untuk lebih waspada terhadap akhir dunia yang mungkin akan mendekat dalam waktu singkat. Membaca ayat-ayat tersebut juga bisa menjadi salah satu cara untuk menjauhkan diri dari dosa.

وَجَعَلْنَا فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِهِمْۖ وَجَعَلْنَا فِيْهَا فِجَاجًا سُبُلًا لَّعَلَّهُمْ يَهْتَدُوْنَ – ٣١وَجَعَلْنَا السَّمَاۤءَ سَقْفًا مَّحْفُوْظًاۚ وَهُمْ عَنْ اٰيٰتِهَا مُعْرِضُوْنَ – ٣٢ وَهُوَ الَّذِيْ خَلَقَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ وَالشَّمْسَ وَالْقَمَرَۗ كُلٌّ فِيْ فَلَكٍ يَّسْبَحُوْنَ – ٣٣

“Dan Kami jadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh agar (tidak) bergoyang bersamanya, dan Kami jadikan (juga) jalan-jalan yang lebar di sana, agar mereka mendapat petunjuk. Dan Kami jadikan langit sebagai atap yang terlindung, tetapi mereka tetap berpaling dari tanda-tanda (kebesaran Allah) (matahari, bulan, angin, awan, dll). Dan Dialah yang menciptakan malam dan siang, matahari dan bulan. Masing-masing mengedarkan orbitnya.” (QS 31-33)

 

5 dari 5 halaman

5. QS Ali Imran 190-191

Membaca Al Quran surah Ali Imran ayat 190-191 bisa menjadi salah satu cara yang sempurna untuk berdoa untuk gerhana matahari dalam Islam. Ayat-ayat tersebut memerintahkan kita untuk selalu mengingat Allah, yang menciptakan segala sesuatu melalui bumi dan langit.

Selain itu, bacaan Alquran surah Ali Imran juga menjadi salah satu bacaan Alquran di pagi hari.

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ – ١٩٠ الَّذِيْنَ يَذْكُرُوْنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوْدًا وَّعَلٰى جُنُوْبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُوْنَ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۚ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هٰذَا بَاطِلًاۚ سُبْحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ – ١٩١

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang berakal, (yakni) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau berbaring, dan mereka berpikir tentang penciptaan langit dan bumi (berkata), “Ya Tuhan kami, Engkau tidak menciptakan semua ini dengan sia-sia; Maha Suci Engkau, lindungi kami dari siksa neraka.” (QS 3: 190-191)

Nah, itulah beberapa ayat Al-Qur'an yang bisa Anda baca untuk mendoakan gerhana matahari dalam Islam. Sebagai seorang muslim, salah satunya bisa kamu baca setelah melaksanakan sholat gerhana saat gerhana matahari tiba. Semoga Allah memberkati Anda dengan kebaikan-Nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.