Sukses

Memasuki Penghujung Bulan Ramadhan, Ini Doa Rasulullah di Akhir Ramadhan dan Amalan-Amalan yang Dianjurkan

Bulan Ramadhan akan segera berakhir. Oleh karena itu, bacalah doa Rasulullah berikut ini di akhir Ramadhan.

Liputan6.com, Jakarta - Ramadhan menjadi salah satu bulan yang suci karena pada bulan ini Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Selama bulan Ramadhan, umat Islam berpuasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari dan menjauhi segala hal yang membatalkan puasa.

Akhir bulan Ramadhan merupakan saat yang paling penting bagi umat Islam, karena di akhir Ramadhan, umat muslim akan berlomba-lomba untuk melakukan ibadah mereka. Pada akhir bulan Ramadan, umat Muslim mengadakan malam terakhir bulan Ramadan yang disebut malam Lailatul Qadar, yang dipercayai sebagai malam terbaik dalam setahun untuk beribadah dan memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

Menjelang akhir Ramadhan, kita sebaiknya meningkatkan kualitas ibadah dan memperbanyak amalan kebaikan agar dapat memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Salah satunya adalah memperbanyak doa untuk meraih malam kemuliaan yaitu malam Lailatul Qadar.

Di penghujung bulan Ramadhan ini, penting untuk memanjatkan doa di akhir Ramadhan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan dan sebagai permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

Doa yang dipanjatkan pada akhir Ramadhan sangatlah mustajab. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh AL-Baihaqi, yang artinya:

"Lima malam tidak akan ditolak doa di dalamnya, malam Jumat, malam pertama di bulan Rajab, malam Nisfu Syaban, malam Lailatul Qadar, malam Hari Raya Idul Adha dan Fitri." (HR. Al-Baihaqi)

Berikut adalah bacaan doa akhir Ramadhan dan amalannya yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/4/2023). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bacaan Doa Akhir Ramadhan

Doa yang dibaca di akhir Ramadhan adalah sebagai berikut:

أَللَّهُمَّ لاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَهْدِ مِنْ صِيَامِنَا إِيَّاهُ، فَإِنْ جَعَلْتَهُ فَاجْعَلْنِيْ مَرْحُوْمًا وَ لاَ تَجْعَلْنِيْ مَحْرُوْمًا

Allahumma laa taj'alhu aakhiral 'ahdi min shiyaamina iyyaah, fain ja'altahu faj'alnii marhuuman wa laa taj'alnii mahruuman.

Artinya,

"Ya Allah, janganlah Engkau jadikan puasa ini sebagai yang terakhir dalam hidupku. Seandainya Engkau berketetapan sebaliknya, maka jadikanlah puasaku ini sebagai puasa yang dirahmati bukan yang hampa semata."

Doa akhir Ramadhan terdapat pada hadist Jabir bin Abdillah dari Muhammad al Mustafa, yang artinya,

"Siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadhan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan di antaranya menjumpai Ramadhan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah.”

Doa tersebut mengajarkan kita untuk senantiasa memohon ampunan kepada Allah SWT dan mengakui kebesaran-Nya. Doa ini sangat baik dibaca di akhir bulan Ramadhan sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan dan sebagai permohonan ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan.

3 dari 4 halaman

Doa Lainnya di Akhir Ramadhan

Doa Mohon Ampunan

للَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي ا

Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni

Artinya,

 "Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf, suka memaaf, maka maafkanlah aku.”

Doa Mohon Amalan Diterima

اَللَّهُمَّ سَلِّمْنـِيْ إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِـيْ رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِيْ مُتَقَبَّلاً

Allahumma Sallimnii ilaa romadhoona wa sallim lii romadhoona wa tasallamhu minni mutaqobbalan

Artinya,

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

Doa Memohon Keselamatan

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِرِضَاك مِنْ سَخَطِك وَبِمُعَافَاتِك مِنْ عُقُوبَتِك وَأَعُوذُ بِك مِنْك لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْك أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْت عَلَى نَفْسِك

Artinya,

“Tuhanku, aku berlindung kepada ridha-Mu dari murka-Mu dan kepada afiat-Mu dari siksa-Mu. Aku meminta perlindungan-Mu dari murka-Mu. Aku tidak (sanggup) membilang pujian-Mu sebanyak Kau memuji diri-Mu sendiri,” (HR Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasa’i, dan Ibnu Majah).

4 dari 4 halaman

Amalan yang Diannjurkan di Akhir Ramadhan

Menjelang akhir Ramadhan, kita sebaiknya meningkatkan kualitas ibadah dan memperbanyak amalan kebaikan agar dapat memperoleh keberkahan dari Allah SWT. Berikut adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan:

  1. Meningkatkan kualitas shalat tarawih dan witir, serta sholat sunah lainnya.
  2. Berusaha untuk menghafal surat-surat pendek dalam Alquran untuk bisa membaca Alquran secara lancar.
  3. Memperbanyak amalan kebaikan seperti sedekah, berbuka puasa bersama dengan orang-orang yang membutuhkan, dan membantu orang yang membutuhkan.
  4. Memperbanyak zikir dan doa pada malam hari, terutama pada malam Lailatul Qadar.
  5. Membaca Alquran secara rutin dan memperdalam pengetahuan agama dengan membaca buku-buku keagamaan.
  6. Mempersiapkan diri untuk membayar zakat fitrah.
  7. Menjalin silaturahmi dengan keluarga, teman, dan tetangga, serta memaafkan orang yang pernah menyakiti kita.
  8. Menghindari segala bentuk perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai Islam dan menjaga perilaku yang baik.

Dengan melakukan hal-hal di atas, diharapkan kita dapat mengakhiri Ramadhan dengan penuh berkah dan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT. Selain itu, perlu diingat bahwa ibadah dan amalan kebaikan harus dilakukan dengan niat yang tulus dan ikhlas, serta harus dilakukan secara konsisten dan berkelanjutan setelah Ramadhan berakhir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.