Sukses

Jangan Dibuang, 9 Produk Ini Masih Bisa Anda Manfaatkan Meski Sudah Kedaluwarsa

Mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa makanan basi dan produk makeup kadaluwarsa termasuk dalam sampah, tetapi siapa sangka bahwa beberapa produk dan makanan yang sudah kedaluwarsa masih bisa bermanfaat untuk hal lain.

Liputan6.com, Jakarta - Ini mungkin bukan hal yang paling menarik untuk dilakukan, tetapi ada produk yang dapat Anda manfaatkan dengan baik, bahkan setelah tanggal kedaluwarsanya lewat. Dari perawatan kulit hingga memasak, penggunaan alternatif ini mungkin saja yang Anda butuhkan saat ini.

Mungkin banyak dari kita yang berpikir bahwa makanan basi dan produk makeup kedaluwarsa termasuk dalam sampah, tetapi siapa sangka bahwa beberapa produk dan makanan yang sudah kedaluwarsa masih bisa bermanfaat untuk hal lain. Dilansir dari Brightside, Selasa (18/4/2023), berikut ini ulasannya. 

1. Alpukat

Jika Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk menggunakan alpukat yang matang sempurna dan sekarang sudah rusak, jangan dibuang. Anda dapat menggunakannya untuk rambut Anda.

Alpukat bisa menjadi pelembab yang bagus. Hancurkan atau campurkan saja dan aplikasikan ke rambut kering. Biarkan selama minimal 6 jam dan bilas dengan sampo dan kondisioner yang biasa Anda gunakan.

Ingatlah bahwa rambut Anda mungkin terasa kering pada awalnya, tetapi setelah Anda keramas 2 kali, rambut akan menjadi berkilau dan lembut.

2. Sheet mask

Masker lembaran atau sheet mask tidak baik digunakan pada wajah setelah kedaluwarsa, namun Anda dapat menggunakannya pada kaki, dada, leher, atau tangan yang kering dan pecah-pecah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Pelembab dan cleansing milk

Jika Anda memiliki pelembab atau susu pembersih yang kedaluwarsa, Anda dapat menggunakannya kembali untuk membersihkan dan memoles tas dan dompet. Cukup tambahkan beberapa produk ke cotton bud dan mulailah memoles.

4. Susu

Susu masih bisa digunakan untuk berbagai keperluan meski sudah kedaluwarsa. Anda bisa membuat keju buatan sendiri, menggunakannya untuk memanggang, dan bahkan membuat pancake. Selain untuk memasak, Anda bisa menggunakannya sebagai masker wajah.

Cukup oleskan ke seluruh wajah Anda, diamkan, dan bilas. Baunya mungkin tidak begitu menyenangkan tetapi asam laktat akan membuat keajaiban bagi kulit Anda.

3 dari 4 halaman

5. Krim cukur

Krim cukur dapat digunakan kembali dengan berbagai cara setelah kedaluwarsa. Ini bagus untuk membersihkan kotoran dan minyak karena benar-benar menariknya. Tapi hal paling mengejutkan yang bisa dilakukannya adalah membersihkan bagian bawah kuku Anda. Cukup oleskan krim dan bersihkan dengan tusuk gigi.

6. Pasta gigi

Karena pasta gigi mengandung detergen, pasta gigi dapat membantu menghilangkan noda pada karpet dan bahkan dapat membersihkan krayon dari dinding.

Selain itu, Anda dapat memutihkan dan membersihkan sepatu tenis dan layar ponsel. Ini juga dapat membantu menghilangkan bau asam dari botol bayi.

7. Yogurt 

Yoghurt dapat memberikan manfaat besar, bahkan setelah tanggal kedaluwarsanya. Pada awalnya mungkin terlihat aneh, tetapi ini bisa menjadi masker wajah pengelupasan yang bagus.

Yang perlu Anda lakukan adalah mencampur yogurt dengan madu dan mentimun yang diblender, oleskan ke wajah Anda, dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, cukup bersihkan dengan air hangat.

4 dari 4 halaman

8. Eye dan lip liner

Tidak aman menggunakan eye liner atau lip liner yang kedaluwarsa pada mata atau bibir Anda. Namun, jangan dibuang begitu saja karena Anda bisa menggunakannya untuk menggarisbawahi kata dan kalimat di buku atau sebagai pensil warna.

9. Selai kacang

Selai kacang dapat menghemat banyak waktu saat Anda kehabisan krim cukur. Ini alternatif yang bagus karena kaya akan minyak, yang akan membuat kulit halus, dan tidak akan mengeringkan setelah bercukur. Anda akan mendapatkan kulit yang lembut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.