Sukses

Catat, 7 Tips Jitu Public Speaking untuk Introvert

Jika Anda memiliki sifat introver, yuk, simak tips untuk tampil percaya diri saat public speaking berikut!

Liputan6.com, Jakarta - Bagi para introvert, diminta berbicara di hadapan banyak orang pasti membuat gugup atau nervous sendiri. Padahal, kemampuan diri untuk berbicara di depan umum atau public speaking merupakan salah satu skill yang wajib dipahami dan dikuasai.

Melansir laman Cleverism, Sabtu (15/4/2023), public speaking sering diartikan sebagai keterampilan berbicara secara efektif di depan banyak audiens. Kemampuan berkomunikasi ini harus dilengkapi dengan rasa percaya diri dan bahasa yang jelas, baik di depan sekelompok orang yang sudah dikenal ataupun yang belum dikenal sama sekali.

Namun, kondisi ini sering ditakuti oleh kaum introvert. Jangankan berbicara di depan umum, terkadang berbicara dengan seseorang yang tidak dikenal pun bisa merasa sungkan.

Apakah Anda termasuk memiliki sifat introvert? Sebaiknya, sifat ini jangan dijadikan sebagai hambatan untuk maju. Apalagi jika sudah memasuki dunia kerja, maka kemampuan untuk berbicara sebenarnya bisa menunjang karier, lho.

Oleh karena itu, ketahui beberapa tips public speaking untuk para introvert, seperti dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber.

1. Persiapan adalah Kunci dari Keberhasilan

Hal yang utama tapi sering terlewatkan adalah waktu persiapkan. Coba luangkan sedikit waktu Anda untuk membuat pidato dan berlatih singkat sambil mendalami materi yang akan dibawakan berlatih singkat.

Jika diperlukan, Anda juga bisa merekam video latihan untuk mengetahui bagian yang kurang dan perlu diperbaiki. Maka, persiapkan diri dengan baik supaya berhasil dan sukses.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Ketahui kekuatan dan kelemahan diri sendiri

Setiap orang pasti memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri pada dirinya, tak terkecuali Anda. Untuk itu, fokuslah pada kekuatan Anda dan lupakan sementara kelemahan yang dimiliki. Jangan sampai melakukan hal-hal yang tidak terlalu Anda kuasai.

3. Pahami audiens atau lawan bicara

Anda tentu harus memahami betul siapa audiens atau lawan bicara saat tampil di depan dan jadi pembicara. Hal ini harus dilakukan supaya Anda dapat mempersiapkan materi yang mudah dimengerti. Selain itu, supaya informasi yang diberikan dapat mudah diterima oleh mereka yang mendengarkan.

Perlu juga diingat, saat berbicara di depan, Anda adalah satu-satunya orang yang berdiri. Jadi, semua yang datang berusaha mendengarkan materi yang disampaikan.

3 dari 4 halaman

4. Gunakan pakaian yang nyaman

Saat sedang dilanda cemas, perasaan tersebut dapat diminimalisasi dengan menggunakan pakaian yang menurut Anda nyaman untuk dipakai. Cara ini pun dapat membuat Anda tetap tenang dan tidak gugup saat berbicara.

Pilihlah pakaian yang dapat meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, menggunakan bahasa tubuh juga akan membantu Anda merasa lebih relaks dan tidak kaku saat bicara.

5. Selalu berinteraksi dengan audiens

Ingatlah saat melakukan public speaking, Anda tidak sedang berbicara sendirian. Oleh karenanya, selalu usahakan untuk melakukan kontak mata dengan para audiens.

Salah satu caranya yaitu dengan memberikan mereka apresiasi dan beri pertanyaan ringan. Selain itu, selipkan beberapa humor singkat tak ada salahnya juga.

4 dari 4 halaman

6. Fokus pada poin yang disampaikan

Ingat, waktu adalah uang. Tentu banyak audiens yang menginginkan sesuatu untuk dijelaskan secara singkat dan jelas. Untuk itu, Anda harus fokus untuk menyampaikan pada konten yang akan disampaikan supaya dapat berjalan dengan lancar.

7. Bicara secara perlahan

Jika Anda gugup, sebaiknya bicaralah secara perlahan-lahan saja. Karena gugup, seringkali membuat Anda berbicara terlalu cepat bahkan tidak terdengar jelas. Agar hal ini tidak terjadi, sering berlatihlah secara perlahan agar materi tersampaikan dengan baik. Selain itu, berlatihlah dengan artikulasi yang jelas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.