Sukses

Doa Naik Pesawat Agar Selamat Saat Perjalanan Mudik

Yuk, persiapkan diri menjelang mudik dengan menghapalkan doa sebelum dan ketika naik pesawat berikut!

Liputan6.com, Jakarta - Lebaran tinggal menghitung hari. Momen yang sudah umat muslim tunggu-tunggu akhirnya datang juga. Di mana, akhirnya Anda dapat kembali mengunjungi sanak saudara yang sudah lama tidak dikunjungi dan merasakan lagi hiruk pikuknya mudik yang terjadi setahun sekali. 

Mengutip dari muslim.sg Rabu (12/4/2023), Islam sendiri memandang bepergian sebagai perbuatan baik jika seseorang melakukannya dengan niat yang baik. Bahkan, bepergian juga memperkuat keyakinan kita kepada Allah SWT sebagaimana yang sudah disebutkan dalam Alquran:

قُلْ سِيْرُوْا فِى الْاَرْضِ فَانْظُرُوْا كَيْفَ بَدَاَ الْخَلْقَ ثُمَّ اللّٰهُ يُنْشِئُ النَّشْاَةَ الْاٰخِرَةَ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ ۚ

Katakanlah, “Berjalanlah di bumi, maka perhatikanlah bagaimana (Allah) memulai penciptaan (makhluk), kemudian Allah menjadikan kejadian yang akhir. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu." (Surah Al-Ankabut, 29:20)

Nah, pesawat menjadi salah satu transportasi massal yang menjadi primadona ketika mudik, apalagi jika kampung halaman Anda cukup jauh dan untuk mempersingkat waktu tempuh. Jika Anda dan keluarga yang melakukan perjalanan mudik dengan menggunakan pesawat, Anda perlu mengetahui doa perjalanan sebelum naik kendaraan, khususnya naik pesawat.

Hal ini supaya Anda dapat memohon perlindungan agar perjalanan yang ditempuh dapat selalu dalam perlindungan Allah SWT, terhindar dari marabahaya, tiba dengan selamat, sampai akhirnya bisa bertemu kembali dengan keluarga.

Berikut beberapa doa yang bisa Anda amalkan selama dalam perjalanan dengan pesawat

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Doa Sebelum Naik Pesawat

Doa Sebelum Naik Pesawat

اللهُ أكبَر ، اللهُ أكبَر ، اللهُ أكبَر، سُـبْحانَ الَّذي سَخَّـرَ لَنا هذا وَما كُنّا لَهُ مُقْـرِنين، وَإِنّا إِلى رَبِّنـا لَمُنْقَـلِبون، اللّهُـمَّ إِنّا نَسْـأَلُكَ في سَفَـرِنا هذا البِـرَّ وَالتَّـقْوى، وَمِنَ الْعَمَـلِ ما تَـرْضى، اللّهُـمَّ هَوِّنْ عَلَـينا سَفَرَنا هذا وَاطْوِ عَنّا بُعْـدَه، اللّهُـمَّ أَنْـتَ الصّـاحِبُ في السَّـفَر، وَالْخَلـيفَةُ في الأهـلِ.

Allaahu ‘Akbar, Allaahu ‘Akbar, Allaahu ‘Akbar, Subhaanal-lathee sakhkhara lanaa haathaa wa maa kunnaa lahu muqrineen. Wa ‘innaa ‘ilaa Rabbinaa lamunqaliboon. Allaahumma ‘innaa nas’aluka fee safarinaa haathal-birrawattaqwaa, waminal-‘amalimaa tardhaa, Allaahumma hawwin ‘alaynaa safaranaa haathaa watwi ‘annaa bu’dahu, Allaahumma ‘Antas-saahibu fis-safari, walkhaleefatu fil-‘ahli.

Artinya,

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Kemuliaan bagi Allah yang telah menyediakan ini untuk kami, meskipun kami tidak pernah memilikinya dengan usaha kami. Sesungguhnya kepada Allah lah, kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridhoi. Ya Allah, ringankanlah perjalanan ini untuk kami, serta dekatkan jaraknya bagi kami. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi kami sekeluarga".

3 dari 4 halaman

Doa Ketika Naik Pesawat

Doa Ketika Naik Pesawat

اللّهُـمَّ إِنّـي أَعـوذُبِكَ مِنْ وَعْـثاءِ السَّـفَر، وَكَآبَةِ الْمَنْـظَر، وَسوءِ الْمُنْـقَلَبِ في المـالِ وَالأَهْـل.

Allahumma inni audhu bika min watha’is-safari, wa kaabatil- munqalabi, wal-hauri ba’dal-kauni, wa da’watil-mazlumi, wa suil-manzarifil-ahli wal-mal.

Artinya,

"Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan, dan kejadian yang tidak menyenangkan keluarga dan harta benda."

4 dari 4 halaman

Manfaat Berdoa saat Mudik dengan Pesawat

Sebelum melakukan perjalanan, Anda sangat dianjurkan untuk membaca doa. Selain untuk mengharapkan keselamatan serta kenyamanan dari Allah SWT, hati juga merasa akan tenang jika kita tahu selalu dilindungi oleh-Nya.

Ternyata, ada banyak manfaat doa untuk perjalanan dengan pesawat seperti melansir dari imanupdate, antara lain:

  • Doa mampu mengubah takdir, maka hendaklah Anda selalu berdoa kepada Allah dalam segala situasi dan kondisi.
  • Menjaga keselamatan bagi seorang hamba selama perjalanannya.
  • Melindungi dan menghilangkan kelelahan dalam perjalanan hingga tiba di tempat tujuan.
  • Salah satu bentuk ketaatan seorang muslim kepada pencipta-Nya.
  • Mengurangi kecemasan hingga menyerahkan urusan Anda kepada Allah SWT. 

Oleh karenanya, jangan sampai lupa berdoa selama dalam perjalanan, ya. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk banyak mengingat kebesaran Allah dengan perbanyak zikir, salawat, serta mebaca ayat Alquran. Kami doakan semoga perjalanan mudik Anda berjalan dengan lancar. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.