Sukses

Cari Tahu Seperti Apa Kondisi Kesehatan Anda Lewat Kuku

Kuku Anda mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan Anda. Tapi tahukah Anda bahwa mereka dapat menunjukkan tanda-tanda kekurangan zat besi, diabetes, atau bahkan masalah jantung?

Liputan6.com, Jakarta Kuku Anda mengungkapkan banyak hal tentang kesehatan Anda. Tapi tahukah Anda bahwa mereka dapat menunjukkan tanda-tanda kekurangan zat besi, diabetes, atau bahkan masalah jantung? Bintik-bintik hitam, kuku melengkung, dan garis-garis merah bisa menjadi pertanda sesuatu yang lebih menyeramkan.

Di sini, MailOnline mengungkapkan apa yang dikatakan kuku Anda tentang kesehatan Anda dan cara mengetahui jika ada sesuatu yang salah. Berikut ulasannya:

Kuku yang sehat

Tidak ada garis, lubang, atau lekukan yang umumnya merupakan indikasi kuku yang sehat, kata Marion Yau, spesialis kuku dan ahli penyakit kaki di Harley Street, London.

Sementara itu kuku menunjukkan beberapa variasi dari orang ke orang, kata ahli penyakit kaki yang berbasis di Hampshire, Dr Ivan Bristow. Dia berkata, “Kuku itu sendiri cukup rata dan halus dan berwarna merah muda, mencerminkan warna kuku yang sehat di bawahnya.” Namun, Anda tidak perlu khawatir jika warna kuku Anda bervariasi di antara jari-jari kaki Anda, kata Miss Yau.

“Adalah umum bagi beberapa jari kaki untuk memiliki dasar kuku warna yang berbeda, [mempengaruhi] jempol kaki dan kuku kaki yang lebih rendah (kuku kecil), tetapi mereka harus memiliki warna yang sama di kedua sisi,” ungkapnya. 

Bercak hitam

Bintik hitam di kuku bisa lebih dari sekadar memar. Ini bisa, dalam kasus yang jarang terjadi, menjadi tanda kanker kulit. “Ini mungkin merupakan tanda melanoma subungual jika bintik hitam muncul melalui area kutikula dan membentuk garis bertahap,' kata Miss Yau.

Kuku juga bisa menjadi lebih tebal, terpisah dari alas kuku dan terbelah di tengah karena kanker, yang menyumbang sekitar satu dari 30 kasus melanoma. Jika permukaan kuku berubah warna, bisa jadi itu adalah kanker kuku jenis lain yang disebut Onychomatricoma.

Tetapi flek hitam belum tentu merupakan tanda kanker, karena mungkin hanya kondisi kulit, kutil, atau mikrotrauma cedera tanpa rasa sakit yang dapat terjadi karena jari kaki berulang kali membentur sepatu.

“Mikrotrauma dapat menyebabkan perdarahan serpihan (kapiler berdarah di bawah lempeng kuku dari alas kuku), yang mengakibatkan bintik-bintik hitam pada kuku. Psoriasis atau Lichen planus (ruam gatal yang tidak menular), bagaimanapun, menyebabkan kulit kering, gatal dan bintik-bintik hitam pada kuku,” ujarnya. 

Namun, infeksi seperti endokarditis, infeksi lapisan dalam jantung yang langka dan berpotensi fatal, juga dapat menyebabkan bintik hitam pada kuku. Pendarahan di bawah kuku mempengaruhi hingga tiga dari 10 orang dengan kondisi tersebut, kata Miss Yau.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bintik putih

Bintik-bintik putih dan garis-garis pada kuku Anda bisa menjadi tanda Anda tidak mendapatkan cukup seng, kalsium, atau zat besi dalam makanan Anda. Leukonychia, juga dikenal sebagai bintik-bintik putih pada kuku, adalah kondisi munculnya garis-garis atau titik-titik putih pada kuku tangan atau kaki Anda. Kadang-kadang, mereka membentuk pita putih di sepanjang lebar kuku, jelas Miss Yau.

Jika Anda menduga bercak putih disebabkan oleh kekurangan vitamin atau mineral, Anda harus melakukan tes darah untuk memastikannya, karena suplemen mungkin direkomendasikan. Tetapi mereka yang makan diet seimbang tidak mungkin menderita leukonychia karena kekurangan nutrisi, kata Miss Yau.

Kuku kuning

Beberapa orang terlahir dengan kuku kuning, menurut para ahli. Tapi menguningnya kuku juga bisa karena infeksi jamur, kata Miss Yau. Ini karena jamur menggerogoti keratin kuku, protein yang membantu membentuk sel-sel untuk rambut, kuku, dan kulit Anda, yang diperlukan untuk melindungi kuku dari kerusakan.

Akibatnya, kuku menjadi kuning dan rapuh. Dr Bristow berkata, “Kuku dapat memiliki banyak warna karena berbagai alasan. Kuku kuning paling sering merupakan tanda bahwa kuku terangkat dari bantalan kuku atau bisa juga merupakan infeksi jamur pada kuku.”

“Jika satu atau lebih kuku Anda menguning, ada baiknya meminta pendapat dari seorang profesional, untuk memastikan kuku Anda sehat. Dengan infeksi jamur intervensi dini adalah kunci keberhasilan pengobatan.”

Tapi itu bukan satu-satunya penyebab kuku kuning, menurut Miss Yau. Bronkitis kronis, radang paru-paru jangka panjang, dapat menyebabkan sindrom kuku kuning, seperti halnya limfedema (pembengkakan tangan), yang disebabkan oleh penumpukan cairan di dalam tubuh, katanya.

3 dari 4 halaman

Kuku menonjol

Tonjolan pada kuku umum terjadi pada orang tua, karena itu adalah tanda penuaan yang normal, yang disebabkan oleh produksi sel baru yang melambat. Namun, gejala tersebut juga bisa menjadi tanda dari berbagai masalah kesehatan. Pada orang muda, itu bisa menjadi efek samping dari tidak sehat.

Dr Bristow berkata, "Ini dapat mewakili periode penyakit, di mana kuku untuk sementara berhenti tumbuh dan mereka kembali membentuk garis yang muncul dari bawah kutikula."

Tonjolan pada kuku juga bisa menjadi tanda kerusakan pada matriks kuku area di mana kuku mulai tumbuh, kata Miss Yau. Seseorang yang kekurangan vitamin A, seng, kalsium, atau zat besi juga dapat melihat tonjolan pada kuku mereka. Penyakit termasuk gondok, diabetes dan hiperparatiroidisme – dimana kelenjar di leher menghasilkan terlalu banyak hormon yang mengatur kalsium tubuh.

Kondisi ini dapat menyebabkan tonjolan di semua 20 kuku, karena mengganggu pola pertumbuhan kuku, menyebabkannya menjadi bubungan, kata Nona Yau.

Kuku cembung

Kuku cembung adalah saat kuku melebar dan membungkus sisi ujung jari Anda. Mereka mungkin juga terasa lembut, seperti spons dan hangat saat disentuh. Walaupun kondisi ini dapat terjadi pada orang yang sehat tanpa alasan, seringkali merupakan tanda dari kondisi kesehatan yang serius.

Perubahan bentuk dapat disebabkan oleh hipoksia, rendahnya kadar oksigen dalam jaringan tubuh, biasanya disebabkan oleh kondisi jantung atau paru-paru yang kronis.

Salah satu efek samping dari kondisi tersebut adalah kerusakan pada pembuluh darah, yang dapat menyebabkan perubahan bentuk pada ujung jari, menurut para ahli.

“Beberapa jenis penyakit paru-paru dapat menyebabkan kuku menggembung, yang terkadang disebabkan oleh kadar oksigen yang rendah dalam darah. Ada juga hubungan antara kuku tabuh dan penyakit radang usus, penyakit kardiovaskular, penyakit hati, dan AIDS.”

 

 

4 dari 4 halaman

Garis-garis merah

Goresan merah tua yang menyerupai serpihan mungkin saja akibat jari kaki Anda tersandung. Tapi itu juga bisa menjadi tanda untuk mengunjungi dokter Anda, karena ini dapat terjadi pada pasien penyakit jantung, bersamaan dengan gejala nyeri dada dan sesak napas.

“Penyakit jantung ditandai dengan tekanan darah tinggi, detak jantung yang lemah atau tidak teratur, dan garis-garis merah pendarahan. Jadi, itu mungkin mengindikasikan masalah jantung,” jelas Miss Yau.

Goresan, yang dikenal sebagai perdarahan serpihan, disebabkan oleh bintik-bintik kecil darah yang muncul di bawah kuku. Pendarahan menciptakan bentuk seperti serpihan ke arah pertumbuhan kuku, dan dapat terjadi pada kuku tangan atau kaki Anda.

Seringkali tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan hanya dapat disebabkan oleh cedera. Tetapi selain penyakit jantung, ini juga dapat mengindikasikan adanya infeksi atau bahkan diabetes, karena kadar glukosa yang tinggi dapat merusak pembuluh darah.

Dr Bristow berkata, “ Itu paling sering muncul pada kuku yang telah rusak, seperti pukulan tiba-tiba ke pelat kuku dari palu, misalnya. Ketika itu memengaruhi beberapa kuku, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Jika terjadi pada banyak jari di seluruh kuku, kadang-kadang dapat menunjukkan masalah peredaran darah atau jantung, tetapi ini jarang terjadi.”

Jika Anda mengkhawatirkan kuku Anda, Anda harus mengunjungi dokter umum untuk pemeriksaan dan diagnosis lebih lanjut, kata para ahli.

“Anda mungkin mendapat lebih banyak manfaat dengan menemui ahli penyakit kaki jika infeksi kuku Anda disebabkan oleh jamur, bakteri, tumbuh ke dalam, atau rusak,” tutup Miss Yau.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.