Sukses

Studi: Orang yang Memiliki Masa Kecil Traumatis Tumbuh Jadi Pemarah Saat Dewasa

Penelitian menemukan bahwa orang dengan depresi dan kecemasan yang memiliki masa kanak-kanak yang traumatis sering kali tumbuh menjadi orang dewasa yang pemarah, dan semakin parah traumanya, semakin pemarah orang dewasa tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Penelitian menemukan bahwa orang dengan depresi dan kecemasan yang memiliki masa kanak-kanak yang traumatis sering kali tumbuh menjadi orang dewasa yang pemarah, dan semakin parah traumanya, semakin pemarah orang dewasa tersebut. 

Ini memperumit pengobatan depresi dan kecemasan, selain berdampak pada interaksi sosial dan kesehatan mental. Dilansir dari Hindustan Times, studi ini dipresentasikan pada Kongres Psikiatri Eropa di Paris.

Lebih dari 40% pasien dengan kecemasan dan depresi terbukti rentan terhadap kemarahan, menurut penelitian sebelumnya. Netherlands Study of Depression and Anxiety yang sedang berlangsung, yang dibuat untuk melihat perkembangan depresi dan gangguan kecemasan selama beberapa tahun, menyediakan data untuk penelitian saat ini.

Dimulai pada tahun 2004, penelitian tersebut melibatkan peserta berusia antara 18 dan 65 tahun dan mulai menanyai mereka tentang masa kecil mereka pada akhir studi, 2276 orang telah mengambil bagian. 

Bekerja selama bertahun-tahun mereka dapat menemukan apakah pernah ada riwayat trauma masa kecil, seperti kehilangan orangtua, perceraian orangtua, atau ditempatkan dalam pengasuhan. Mereka juga bertanya kepada peserta tentang pengabaian, dan pelecehan emosional, fisik dan seksual. Para peserta juga kemudian diperiksa untuk berbagai gejala kejiwaan yang berkaitan dengan depresi dan kecemasan, termasuk kecenderungan mereka untuk marah dan bagaimana hal itu terwujud.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Orang yang depresi lebih mungkin mengalami masalah emosional

Peneliti utama Nienke De Bles (Universitas Leiden, Belanda) mengatakan, "Hanya ada sedikit penelitian tentang kemarahan secara umum. Netherlands Study of Depression and Anxiety adalah studi mapan yang telah menghasilkan banyak data ilmiah yang bagus, tetapi ada belum ada pekerjaan yang signifikan melihat data tentang trauma masa kanak-kanak dan melihat apakah ini terkait dengan peningkatan tingkat kemarahan. Kami sekarang telah menemukan bahwa ada hubungannya".

Mereka menemukan bahwa orang yang cemas atau depresi dengan riwayat pengabaian emosional, kekerasan fisik atau psikologis, 1,3 dan 2 kali lebih mungkin mengalami masalah kemarahan.

Mereka juga menemukan bahwa semakin traumatis pengalaman masa kanak-kanak, semakin besar kecenderungan kemarahan orang dewasa. Meski mereka tidak dapat secara pasti mengatakan bahwa trauma menyebabkan kemarahan, tetapi hubungannya jelas.

3 dari 4 halaman

Anak-anak yang mengalami pengabaian emosional cenderung mudah tersinggung atau mudah marah

Mereka menemukan bahwa anak-anak yang mengalami pengabaian emosional memiliki kecenderungan yang meningkat untuk tumbuh menjadi orang dewasa yang mudah tersinggung atau mudah marah, sedangkan mereka yang telah dilecehkan secara fisik memiliki kecenderungan yang lebih besar terhadap serangan kemarahan atau sifat kepribadian antisosial. Pelecehan seksual cenderung mengakibatkan kemarahan yang ditekan, mungkin karena kepekaan yang lebih besar terhadap penolakan, tetapi hal ini perlu dikonfirmasi.

"Menjadi mudah marah dapat memiliki beberapa konsekuensi. Itu dapat membuat interaksi pribadi menjadi lebih sulit, dan itu dapat berdampak pada kesehatan mental dan kesejahteraan Anda. Tetapi orang yang mudah marah juga memiliki kecenderungan yang lebih besar untuk menghentikan perawatan psikiatri, jadi kemarahan ini dapat berarti mengurangi kesempatan mereka untuk hidup lebih baik,” lanjut Nienke.

 

4 dari 4 halaman

Psikiater perlu mencoba memahami penyebab pasien depresi

Jika orang tersebut menahan amarahnya, terapis mungkin tidak melihatnya. Mereka percaya bahwa seharusnya menjadi praktik standar untuk bertanya kepada penderita depresi dan kecemasan tentang kemarahan dan trauma masa lalu, bahkan jika pasien tidak menunjukkan kemarahan saat ini. 

Perawatan psikiatri untuk trauma masa lalu mungkin berbeda dengan perawatan untuk depresi saat ini, sehingga psikiater perlu mencoba memahami penyebabnya sehingga mereka dapat menawarkan perawatan yang tepat untuk setiap pasien.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.