Sukses

Jadi Menu Buka Puasa, Ini 6 Manfaat Blewah Bagi Kesehatan

Pada bulan Ramadhan, buah blewah menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari dan menjadi buah favorit yang dijadikan menu untuk berbuka puasa. Apa saja manfaat buah blewah bagi kesehatan?

Liputan6.com, Jakarta - Buah blewah merupakan tanaman satu keluarga dengan melon, labu dan mentimun. Blewah umumnya berbentuk bulat lonjong dengan kulit berwarna jingga terang dengan bercak kehijauan.

Kulit buah blewah yang tipis membuat daging di dalamnya terasa lembut dan bertekstur serta bagian dalamnya terdapat rongga berisi biji dan serat.

Pada bulan Ramadhan, buah blewah menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari dan menjadi buah favorit yang dijadikan menu untuk berbuka puasa. Buah blewah seringkali digunakan untuk membuat sajian es buah yang menyegarkan.

Tidak hanya itu, buah blewah juga terasa lezat jika dikonsumsi secara langsung atau dengan potongan buah lainnya. Selain sangat menyegarkan apabila disantap saat berbuka puasa, buah ini kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam buah blewah meliputi vitamin B, folat, vitamin E, vitamin K, zinc, kolin, selenium, dan zat besi. Tak hanya itu, buah blewah juga kaya akan antioksidan seperti flavonoid, lutein, zeaxanthin, dan beta karoten.

Kandungan blewah dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, menguatkan fungsi ginjal dan limfa, juga menurunkan tekanan darah.

Buah yang kaya akan vitamin dan mineral ini diketahui memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh, Berikut manfaat yang dapat kamu peroleh jika mengonsumsi buah blewah saat berbuka puasa di bulan Ramadhan, seperti melansir dari laman NU Online, Kamis (23/03/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mencegah Dehidrasi

Buah yang memiliki nama latin Cucumis melo ver cantalupensis ini diketahui mengandung 90 persen air. Kandungan air yang tinggi ini dapat mencegah dehidrasi selama berpuasa Ramadhan.

Mengelola asupan cairan saat berpuasa memang menjadi tantangan tersendiri. Apalagi jika kamu harus berpuasa saat menjalankan aktivitas seperti bekerja atau bersekolah.

Untuk menghindari bahaya dehidrasi, mengonsumsi buah blewah saat berbuka puasa dapat dijadikan suatu pilihan karena memiliki kadar air yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dan dapat mencegah dehidrasi.

2. Meningkatkan Fungsi Penglihatan

Mengonsumsi blewah setiap hari saat bulan puasa dapat meningkatkan fungsi penglihatan mata. Vitamin C, zeaxanthin, dan karotenoid yang ada dalam blewah dapat menjaga kesehatan mata sekaligus mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula atau Age-related macular degeneration (AMD).

3 dari 4 halaman

3. Menurunkan Tekanan Darah

Buah blewah yang kaya akan mineral dan antioksidan dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil. Kandungan kalium yang terdapat pada buah blewah juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan di dalam tubuh dan memungkinkan otot-otot tubuh dapat berkontrasi dengan optimal.

4. Mencegah Sembelit

Buah blewah selain kaya akan vitamin dan mineral, buah ini mengandung serat yan tinggi. Serat yang tinggi sangat penting untuk meningkatkan pergerakan usus dan kesehatan pencernaan. Kandungan serat dalam blewah dapat membuat tinja menjadi lebih padat dan proses buang air besar menjadi lebih teratur.

Buah blewah juga baik untuk pencernaan karena bermanfaat untuk membuang racun, mendetoksifikasi tubuh dan membantu usus mencerna makanan dengan baik. Selain itu, manfaat buah blewah juga dapat membantu zat karbohidrat yang sulit dicerna, yang bisa memicu gejala gangguan pencernaan.

4 dari 4 halaman

5. Meningkatkan Imun Tubuh

Buah blewah mengandung senyawa yang disebut fitonutrien. Fitonutrien ini diketahui dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit. Vitamin A dalam blewah dapat meningkatkan kekebalan dan produksi sel darah putih.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

Buah blewah memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Biasanya buah-buahan yang berwarna oranye seperti wortel, labu ubi jalar dan blewah, merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) tinggi yang dapat mengurangi risiko kanker kulit.

Karotenoid juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan terkait dengan sengatan matahari. Pigmen karotenoid juga bisa mencegah tanda-tanda penuaan pada kulit termasuk garis-garis halus, perubahan warna dan keriput.

Jadi, dengan mengonsumsi buah blewah pada saat bulan puasa akan membuat kulit Anda menjadi sehat, menghilangkan garis penuaan, dan masalah kulit lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.