Sukses

Sir Jim Ratcliffe Bakal Pakai Strategi Baru untuk Amankan Pembelian Manchester United

Sir Jim Ratcliffe bakal pakai strategi baru untuk membeli Manchester United

Liputan6.com, Jakarta Sir Jim Ratcliffe mempertimbangkan strategi baru untuk mengamankan pengambilalihan Manchester United yang diperkirakan akan memecahkan rekor dunia. Sebuah klaim mengatakan bahwa Sir Jim Ratcliffe bisa saja bekerja sama dengan pihak lain dalam upaya untuk menandingi penawaran Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani.

Miliarder Inggris itu tetap bersikukuh dalam pertempuran dengan Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani dan enam pihak berkepentingan lainnya saat mereka mendekati tenggat waktu untuk penawaran baru pada Rabu malam pukul 21.00 waktu setempat.

Sir Jim Ratcliffe, melalui perusahaan petrokimianya, INEOS, dan bankir Qatar keduanya diyakini telah membuat penawaran awal senilai sekitar 4,5 miliar poundsterling pada bulan Februari, tetapi pemilik saat ini, keluarga Glazer bertahan untuk penjualan rekor dunia pada 5 miliar poundsterling.

Tidak seperti Al Thani, Ratcliffe secara pribadi melakukan perjalanan ke Manchester Jumat lalu untuk mengadakan pembicaraan mendetail dengan pejabat United dan rombongannya yang mengesankan para pemimpin Manchester United dengan keahlian olahraga mereka.

Dilaporkan oleh Mirror Football, Sheikh Jassim pada hari Rabu akan meluncurkan tawaran tindak lanjut sebesar 5,5 miliar poundsterling dalam upaya untuk memenangkan pembelian tersebut - tetapi Ratcliffe mungkin memiliki trik lain yang belum ia keluarkan.

Menurut Daily Mail, calon pemilik MU itu sedang mempertimbangkan untuk bergabung dengan salah satu pihak untuk mengalahkan Al Thani dan memenangkan kunci ke Old Trafford. Pengelola investasi global AS Elliott Management dilaporkan terbuka untuk membiayai pengambilalihan apa pun dan Bloomberg mengklaim lebih dari sebulan yang lalu bahwa Ratcliffe telah mengantre bank termasuk Goldman Sachs untuk membiayai pengejarannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bank siap mendukung Sir Jim Ratcliffe membeli Manchester United

Meskipun tidak diketahui apakah ada yang terlibat dalam tawaran pemain berusia 70 tahun itu, bank dilaporkan akan siap mendukung tawaran pengambilalihan melalui obligasi dan pinjaman untuk menutupi utang United yang ada, yang saat ini berada di bawah 515 juta poundsterling.

Ratcliffe telah menjelaskan kepada Glazers bahwa dia tidak akan membayar uang "bodoh" untuk membeli klub yang dia dukung sejak masa kecilnya.

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini dengan Wall Street Journal, mogul kelahiran Oldham - pendiri dan kepala eksekutif INEOS itu menyatakan keengganannya mengeluarkan uang lebih banyak dalam proses pembelian Manchester United (MU). Sebab, dia tidak ingin menyesal di masa depan.

"Bagaimana Anda menentukan harga sebuah lukisan? Bagaimana Anda menentukan harga sebuah rumah? Semua tidak melulu tergantung berapa biaya untuk melukis atau membangun rumah," ungkap Ratcliffe dikutip Wall Street Journal.

"Yang jelas kita tidak semua mau adalah membayar harga tinggi untuk sesuatu. Karena di masa depan Anda bakal menyesal," sambungnya.

Jim Ratcliffe, yang dikenal sebagai pendukung MU, menyatakan motivasinya memiliki klub berbasis Old Trafford itu adalah mengembalikan kejayaan.

"Minat kami hanya sebatas menjadi juara. MU adalah aset komunitas, bukan finansial. Sebab, segala sesuatu yang berbau olahraga melibatkan emosi," pungkasnya.

3 dari 4 halaman

Beli Manchester United, Investor Qatar Sheikh Jassim Dongkrak Tawaran Jadi Rp 102,81 Triliun

Investor Qatar sekaligus bankir Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani akan menaikkan tawaran menjadi 5,5 miliar pound sterling atau sekitar Rp 102,81 triliun untuk hadapi saingannya Sir Jim Ratcliffe dalam kompetisi pengambilalihan Manchester United.

Dikutip dari Mirror, Rabu (22/3/2023), pemilik Manchester United, keluarga Glazers telah menetapkan tenggat waktu pukul 21.00 pada Rabu waktu setempat untuk calon pemilik baru dalam pengajuan tawaran klub sepak bola terbesar di dunia tersebut.

Tawaran awal dari bankir Qatar Sheikh Jassim dan pemilik INEOS Sir Jim Ratcliffe mencapai sekitar 4,5 miliar pound sterling atau sekitar Rp 84,09 triliun. Nilai ini di bawah tawaran keluarga Glazer Rp 112,12 triliun.

Sementara itu, Ratcliffe juga telah meningkatkan tawarannya untuk Manchester United. Akan tetapi, nilai tawaran Ratcliffe tidak mencapai 5,5 miliar pound sterling. Ini bisa membuat Qatar mengamankan penjualan.

Setelah tawaran yang direvisi yang diajukan oleh pihak yang berkepentingan, penawar pilihan akan diidentifikasi oleh Raine, bank investasi Amerika Serikat yang melakukan penjualan atas nama keluarga Glazer.

4 dari 4 halaman

Keuntungan kandidat yang terpilih

Kandidat yang terpilih kemudian akan diberikan akses lebih lanjut untuk dokumen klub, untuk melakukan uji tuntas penuh sebelum penjualan yang disetujui diusulkan dengan pemilik Manchester United saat ini.

Perwakilan Sheikh Jassim mengunjungi Old Trafford dan tempat latihan Manchester United Kamis pekan lalu. Sementara itu, Sir Jim Ratcliffe dan timnya melakukan kunjungan yang sama keesokan harinya.

Kedua belah pihak mengadakan pertemuan positif dengan pejabat Manchester United, termasuk Chief Executive Richard Arnold, dan berkomitmen untuk pengambilalihan dengan tawaran Qatar yang menjadi favorit saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.