Sukses

5 Cara Menghindari Pertengkaran Soal Uang dengan Pasangan

Berikut cara menghindari pertengkaran soal uang dengan pasangan

Liputan6.com, Jakarta Uang mungkin yang paling umum dari semua hal yang kita perdebatkan dengan pasangan kita. Menurut survei Fidelity tahun 2021, 44 persen orang mengatakan bahwa mereka kadang-kadang berdebat tentang uang dalam hubungan mereka, dan satu dari lima mengatakan itu adalah tantangan hubungan terbesar mereka.

Sementara 24 persen orang lainnya mengatakan bahwa mereka sering frustrasi dengan kebiasaan keuangan pasangannya tetapi tetap diam untuk menjaga perdamaian. Jika salah satu dari statistik itu mengingatkan Anda tentang hubungan Anda, Anda tidak akan selamanya mengalami masalah uang.

Berikut beberapa cara menghindari pertengkaran dengan pasangan soal uang seperti dilansir dari Bestlife.

1. Ngobrol santai tentang uang di malam kencan

Percakapan uang Anda tidak harus menjadi sesuatu yang Anda takuti. Apakah Anda telah bersama selama beberapa minggu atau beberapa tahun, Anda dapat berbicara tentang keuangan yang memperdalam ikatan Anda.

"Pasangan harus menghabiskan waktu selama beberapa malam kencan berbicara tentang uang, bagaimana perasaan mereka tentang uang, dan bagaimana uang ditangani atau dibicarakan dalam keluarga mereka saat tumbuh dewasa — pasangan harus berbagi bagaimana pelajaran ini memengaruhi mereka dan cara mereka mengelola keuangan mereka sendiri sekarang," kata Catherine Dukes, LCSW, terapis seks dan terapis pasangan.

"Pasangan dapat memperoleh manfaat yang sangat besar dengan membicarakan kekuatan dan kelemahan mereka dalam mengelola uang dan apa tujuan mereka untuk meningkatkan diri mereka sendiri di bidang ini," tambah Dukes. Hanya dari sana Anda dapat beralih ke topik yang lebih sulit, seperti penganggaran, tabungan, dan pengeluaran di masa mendatang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Kemudian masuk ke intisari

Setelah Anda mendapatkan beberapa informasi latar belakang tentang perasaan pasangan Anda terhadap uang, Anda bisa masuk ke masalah keuangan.

"Pasangan harus mendiskusikan sikap mereka terhadap uang dan menghasilkan rencana yang disepakati bersama untuk mengelola keuangan mereka," kata Lillian Rishty, seorang pekerja sosial klinis berlisensi.

"Ini bisa termasuk membuat anggaran, memutuskan siapa yang akan membayar tagihan yang mana, dan menyisihkan uang untuk pengeluaran bersama dan pengeluaran diskresioner individu."

Anda akan memiliki rencana yang solid untuk mendasarkan keputusan keuangan Anda dan memastikan Anda berada di pemikiran yang sama.

3. Selenggarakan check-in bulanan

Mempertahankan keuangan yang sehat bukanlah kesepakatan satu-dan-dilakukan. Terapis juga menyarankan mengadakan check-in bulanan untuk memastikan Anda tetap selaras.

"Ketika pasangan check-in, mereka harus meninjau status keuangan mereka saat ini, mendiskusikan pembelian atau investasi besar yang dilakukan sejak check-in terakhir, tagihan yang harus dibayar, dan merencanakan pengeluaran mendatang," kata Steve Carleton, LCSW, CACIII .

"Mereka juga harus meninjau anggaran mereka untuk memastikan mereka tetap dalam batas pengeluaran mereka dan memperbarui tujuan mereka agar selaras dengan setiap perubahan yang terjadi sejak check-in terakhir mereka."

Lakukan ini sekitar waktu yang sama setiap bulan untuk mengatasi masalah sebelum menjadi masalah besar.

 

3 dari 4 halaman

4. Tetap jujur

Jangan pernah mencoba menyembunyikan rahasia keuangan dari pasangan Anda, sekecil apa pun. "Jujur satu sama lain tentang uang dapat membantu pasangan menghindari pertengkaran karena itu membantu mereka memahami tujuan, sikap, dan kebiasaan keuangan masing-masing," kata Carleton.

"Ketika kedua mitra transparan dan terbuka tentang keuangan mereka, mereka dapat membuat anggaran yang paling cocok untuk mereka berdua, mengidentifikasi area di mana mereka mungkin perlu berkompromi atau melakukan perubahan untuk mengurangi potensi konflik, dan meninjau keuangan mereka bersama untuk memastikan mereka ' berada di halaman yang sama," jelas Carleton. Itu juga satu-satunya cara Anda dapat menjaga akurasi dalam perencanaan dan pengambilan keputusan Anda.

 

4 dari 4 halaman

5. Ingat Anda adalah sebuah tim

Berurusan dengan keuangan adalah komponen penting dari kemitraan jangka panjang, dan Anda harus memperlakukannya seperti itu.

"Kiat terbaik saya untuk menghindari pertengkaran tentang keuangan adalah tidak hanya melakukan percakapan rutin tentang hal itu tetapi juga memasuki percakapan ini dengan mengingat bahwa Anda dan pasangan adalah satu tim," kata Katherine Chan, LMFT, psikoterapis.

"Cobalah untuk tidak menjadikan pasangan Anda musuh dengan menyebarkan tuduhan. Sebaliknya, bergabunglah melawan tantangan bersama dalam situasi keuangan Anda dan berkomitmen untuk bekerja sama." Obrolan Anda akan jauh lebih menyenangkan dan produktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.