Sukses

Pakar Beri Saran Bagi Pasangan yang Beda Usia, Jangan Takut Hadapi Stereotip

Banyak pasangan selebriti Hollywood yang memilih menikah dengan orang yang jauh seusia mereka. Meskipun hubungan mereka tampaknya berhasil, sering kali ada stigma yang melekat pada perbedaan usia yang lumayan jauh tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Blake Lively dan Ryan Reynolds. Priyanka Chopra dan Nick Jonas. Jay-Z dan Beyonce. George dan Amal Clooney. Ya, deretan pasangan ini dikenal memilih menikah dengan orang yang jauh seusia mereka. Bagi para selebritas ini, usia hanyalah angka. 

Meskipun hubungan cinta mereka tampaknya berhasil, seringkali ada stigma yang melekat pada perbedaan usia yang lumayan jauh, dan orang-orang dapat dengan cepat membuat stereotip. 

Stereotip tersebut mengatakan, jika Anda berkencan dengan seseorang yang jauh lebih muda atau lebih tua dari Anda, hubungan tersebut tak bisa bertahan lama. 

Menurut Dr. Sarah Hill, psikolog dan profesor psikologi seksual di Texas Christian University, hubungan perbedaan usia mungkin terasa unik, tetapi sebenarnya mereka sama seperti pasangan lain di luar sana dengan beberapa pertimbangan tambahan. 

Setelah mempelajari pasangan dengan perbedaan usia, Hill mengatakan tidak ada aturan khusus tentang berkencan dengan seseorang dengan perbedaan usia yang signifikan. 

"Seperti semua hubungan yang baik, hubungan perbedaan usia yang sehat ditentukan oleh keintiman emosional, komitmen, keamanan, dan kepercayaan, terlepas dari usia pasangan yang terlibat."

Meskipun demikian, masih ada stigma yang harus dinavigasi dalam hubungan perbedaan usia seperti teman yang bergosip tentang perbedaan usia Anda atau orang lain bercanda tentang stereotip. Jika Anda berada dalam hubungan, perbedaan usia sekarang atau Anda sedang mempertimbangkannya, ada saran kencan terbaik untuk hubungan perbedaan usia, menurut para ahli.

Terapis pernikahan dan pakar hubungan Celeste Labadie, LMFT, pendiri  Willing To Love Couples Counseling, mendefinisikan hubungan beda usia sebagai pasangan dengan perbedaan usia 10 tahun atau lebih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Banyak Stereotip Tentang Pasangan Beda Usia

Meskipun hubungan perbedaan usia telah menjadi lebih normal, banyak stereotip masih ada dalam budaya seperti "cougar" yang memangsa pasangan pria muda atau "gold digger" yang menarik berkencan dengan pria tua yang tampan dan kaya demi uang.

Seringkali, berkencan dengan seseorang dengan perbedaan usia yang jauh dapat menimbulkan beragam pertanyaan. Orang bahkan mungkin mempertanyakan etika Anda dan menantang pilihan Anda untuk berkencan dengan seseorang yang lebih tua atau lebih muda dari Anda. 

Tetapi bahkan dengan perbedaan usia, Anda masih dapat menemukan titik temu melalui hobi, nilai, dan kepercayaan yang sama. Namun, itu adalah topik kencan yang masih memicu kontroversi dan banyak pendapat dari luar.

3 dari 5 halaman

Saran Pakar untuk Hubungan dengan Perbedaan Usia

Menavigasi hubungan perbedaan usia bisa menjadi tantangan, terutama dengan orang-orang yang terus-menerus membagikan pendapat mereka tentang kehidupan kencan Anda. Untuk menghilangkan kebisingan dan fokus pada hubungan romantis Anda, Hill dan Labadie merekomendasikan beberapa hal yang perlu diingat:

Akui Perbedaan Usia Anda dengan Pasangan

Jika Anda berkencan dengan seseorang dan ada perbedaan usia, Anda mungkin memiliki gagasan berbeda tentang tonggak hubungan Anda. Hill menambahkan bahwa berada dalam hubungan perbedaan usia dapat menciptakan lebih banyak ketidakpastian tentang rencana hidup karena kalian berdua mungkin berada pada tahap kehidupan yang berbeda.

Mengakui perbedaan Anda sambil merayakan landasan bersama dapat menciptakan ruang untuk transparansi. Luangkan waktu secara aktif untuk memeriksa lini masa Anda selama hubungan berlangsung. 

Jika Anda memiliki perbedaan, jangan takut untuk mengungkapkannya. Semakin banyak Anda berbicara tentang tujuan masa depan Anda, semakin nyaman dan percaya diri akan berada dalam hubungan jangka panjang.

4 dari 5 halaman

Terima Bahwa Teman & Keluarga Mungkin Tidak Mengerti

Jika hubungan Anda tidak diterima bisa menyakitkan, mengasingkan, dan mengecilkan hati. “[Pastikan] Anda siap menghadapi kemungkinan bahwa tidak semua orang akan mendukung keputusan Anda,” kata Hill. 

Jika orang yang Anda cintai tidak menyetujuinya, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi situasi tersebut. Alih-alih berpura-pura perbedaan usia bukanlah faktor, atasi secara langsung dengan meminta dukungan dari keluarga dan teman Anda. 

Jika Anda merasa orang lain merasa tidak nyaman dengan perbedaan usia, tanyakan alasannya. Banyak orang menilai hubungan perbedaan usia karena stigma yang terlalu umum, tetapi itu tidak berarti hubungan Anda juga harus distereotipkan. 

Bantu teman dan keluarga Anda memahami mengapa Anda memilih pasangan Anda. Anda tidak perlu meminta persetujuan mereka, tetapi berbicara dengan mereka tentang hubungan Anda dapat membantu mereka tetap berpikiran terbuka.

Selama proses ini, biarkan pasangan Anda menjadi rekan satu tim Anda. Mereka kemungkinan besar memahami kecanggungan yang Anda hadapi, jadi bantulah satu sama lain saat kalian mendapat pertanyaan tidak nyaman dari teman dan anggota keluarga.

5 dari 5 halaman

Jangan Takut untuk Mengatasi Stereotip dengan Pasangan Anda

Umumnya, orang memiliki kesalahpahaman tentang hubungan perbedaan usia karena ketidakseimbangan kekuatan yang tersirat, potensi pemenuhan fantasi, atau tingkat kedewasaan yang dianggap tidak cocok. 

Ada mitos tentang wanita yang lebih muda berkencan dengan seseorang yang usianya dua kali lipat dan orang berasumsi tentang status keuangan, seperti jika seorang wanita berkencan dengan pria yang lebih tua, dia adalah sugar daddy.

Mungkin situasi Anda sejajar dengan salah satu contoh ini lebih dari yang Anda inginkan. Adalah normal untuk merasa tidak nyaman tentang hal itu, dan Anda bahkan mungkin mulai bertanya-tanya apakah ada stereotip yang benar untuk hubungan Anda. Bicarakan topik tersebut langsung dengan pasangan Anda untuk meredakan kecemasanmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.