Sukses

Warna Favorit Bisa Ungkap Kepribadian Anda, Yuk Cari Tahu

Ada beberapa kepribadian utama untuk setiap warna berdasarkan studi yang dilakukan bertahun-tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki warna favorit. Warna apa yang paling Anda suka? Merah, biru, hijau, kuning, hitam atau putih? Rupanya hal ini rupanya berkaitan dengan kepribadian setiap individu. Ya, Anda bisa melihat kepribadian seseorang lewat warna favoritnya. 

Dalam tes kepribadian berdasarkan warna favorit ini, Anda akan menemukan kualitas dan karakteristik kepribadian Anda dan orang-orang yang Anda kenal berdasarkan warna Anda dan warna favorit mereka. 

Ada beberapa kepribadian utama untuk setiap warna berdasarkan studi yang dilakukan bertahun-tahun tentang gaya perilaku dan tipe kepribadian oleh para psikolog.

Tes kepribadian ini membantu Anda memfasilitasi penemuan diri sendiri serta orang lain di tempat kerja, keluarga, sekolah, kelompok, dll untuk memungkinkan pemahaman dan komunikasi yang lebih dalam. Dilansir dari Jagran Josh, Rabu (8/3/2023), berikut ini ulasannya.

Kepribadian Orang yang Suka Warna Merah

Jika warna favorit Anda adalah merah, maka sifat kepribadian warna favorit Anda mengungkapkan bahwa Anda mencari kekuasaan dan kontrol. Anda ingin cara Anda sendiri. Anda juga bisa menjadi lebih baik dalam memanipulasi barang dan orang untuk mendapatkan apa yang Anda inginkan. 

Anda merasa sulit untuk memberikan kekuasaan dan kebebasan Anda, terutama di hadapan tokoh-tokoh berwibawa seperti guru, atasan, orangtua, dll. Sebagai seorang anak, Anda mungkin cukup frustrasi di sekolah karena Anda memiliki suara yang terbatas dalam hidup Anda dan harus mengikuti banyak hal rutin.

Dalam hubungan, Anda suka mengerjakan sesuatu dan mengharapkan hal yang sama dari pasangan Anda. Anda mencintai dengan penuh semangat dan intens. Anda cenderung berani, bertekad, ekstrovert, gigih, dan tidak takut mengambil inisiatif atau mengungkapkan pikiran Anda.

Di tempat kerja, Anda ingin menyelesaikan pekerjaan. Anda berorientasi pada tindakan. Anda berpikir cepat dan menyelesaikan sesuatu dengan cepat. Anda sering disebut gila kerja. Namun, mungkin sulit untuk menyelesaikan sesuatu jika itu tidak menarik bagi Anda.

Anda cenderung tegas, terdorong, dan fokus pada tujuan. Anda juga suka memegang kendali dan memiliki suara dalam proses. Anda suka berada dalam peran kepemimpinan atau di mana Anda dapat memiliki tingkat otonomi tertentu.

Pilihan karier: Pengembangan Bisnis, Penjualan, Jurnalis, Pengacara, Hakim, Manajer Proyek, Eksekutif.

Sifat utama: Menyukai kekuatan dan kontrol, berani, tegas, ekstrovert, gigih, dan tidak takut mengambil inisiatif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kepribadian Orang yang Suka Warna Biru

Jika warna favorit Anda adalah biru, maka ciri kepribadian warna favorit Anda mengungkapkan bahwa Anda mencari makna dan arti penting dalam hidup. Anda memiliki kebutuhan untuk peduli, mendorong orang, dan berkontribusi pada lingkungan dan hubungan Anda. Anda ingin merasa otentik dan unik dalam apa pun yang Anda lakukan.

Anda menghargai integritas dan persatuan dalam hubungan. Anda adalah seorang yang romantis dan pengasuh alami. Anda menikmati merawat orang, tumbuhan, dan hewan. Sebagai seorang anak, Anda mencari pengakuan dan cukup peka terhadap penolakan.

Anda pasti mengalami kesulitan menyesuaikan diri dengan rutinitas sekolah biasa karena pikiran Anda sangat imajinatif. Anda bekerja lebih baik di lingkungan yang memberi dorongan daripada kompetisi. Dalam kehidupan dewasa Anda juga, Anda mungkin menemukan diri Anda dalam pencarian untuk menemukan diri Anda sendiri.

Dalam hubungan, Anda mencari hubungan yang harmonis di mana Anda bisa menjadi romantis sejati. Anda menikmati gerakan membawakan bunga, musik, makan malam dengan cahaya lilin, kehangatan, empati, dan waktu berkualitas dalam hubungan Anda.

Anda menikmati koneksi yang mendorong ekspresi dan penerimaan. Anda cenderung membuat keputusan berdasarkan emosi. Anda ingin dipahami dan dihargai.

Di tempat kerja, Anda teliti, sistematis, analitis, dan memperhatikan detail. Anda pandai memotivasi dan mengomunikasikan ide dengan orang lain. Anda juga cenderung menawarkan bimbingan atau memberikan pengaruh positif pada orang lain untuk membuat pekerjaan atau kehidupan mereka lebih baik.

Kolega Anda menghargai ketulusan dan pandangan penuh kasih Anda. Anda pandai menyelesaikan konflik di antara orang-orang. Anda senang memelihara atau membantu atau mengembangkan potensi orang lain.

Pilihan karier: Komunikasi, seni, pendidikan, konseling, pengembangan sumber daya manusia, guru atau perawat, pekerja sosial, perawatan kesehatan, keuangan, hukum, teknik, akuntansi.

Sifat utama: Teliti, sistematis, analitis, memperhatikan detail, benar-benar romantis, pandai menyelesaikan konflik.

3 dari 6 halaman

Kepribadian Orang yang Suka Warna Hijau

Jika warna favorit Anda adalah hijau, maka ciri-ciri kepribadian Anda menunjukkan bahwa Anda adalah tipe individu yang visioner, non-konformis, dan pemecah masalah. Anda menghargai kecerdasan, wawasan, keadilan.

Anda senang mencari pengetahuan, pemahaman, penjelasan, dan jawaban di balik bekerjanya sesuatu, proses, atau keputusan yang diambil. Anda hidup dengan standar Anda sendiri. Di masa kecil Anda, Anda melakukannya dengan sangat baik dalam mata pelajaran yang merangsang mental.

Anda lebih cenderung bekerja pada minat Anda yang lebih besar daripada hanya mengikuti rutinitas secara membabi buta. Anda juga dapat mempertanyakan otoritas karena Anda bukan pengikut alami.

Dalam hubungan, Anda cenderung mengulangi perasaan Anda lagi dan lagi. Anda menjadi gelisah jika merasa terlalu dikendalikan oleh emosi Anda. Anda suka membangun hubungan emosional Anda tetapi ketika Anda tidak sedang dalam masa mesra, Anda ingin mencurahkan energi Anda untuk pekerjaan atau minat hidup lainnya.

Di tempat kerja, Anda bersinar karena kecerdasan Anda. Anda suka mempelajari hal dan konsep baru. Anda mematuhi moral yang tinggi saat bekerja juga. Anda suka dihargai atas pekerjaan baik Anda. Anda berkemauan keras. Anda tidak akan mudah menyerah jika menghadapi kendala atau masalah di tempat kerja.

Namun, Anda bukan pengambil risiko yang berani. Anda mengamati, meneliti, dan memproses informasi dengan cepat untuk mengembangkan ide atau konsep baru darinya. Anda pandai mengatur dan mendelegasikan juga. Anda pandai membaca sifat orang.

Pilihan karier: Riset, copywriter, ekologi, lingkungan, dokter, dokter hewan, forensik, akuntan, perbankan, psikolog, konselor, manajemen produk/akun.

Sifat utama: Visioner alami, non-konformis, pemecah masalah, hidup dengan standar Anda sendiri, moral yang tinggi, pandai mengatur, manifestasi yang kuat.

4 dari 6 halaman

Kepribadian Orang yang Suka Warna Kuning

Jika warna favorit Anda adalah kuning, maka ciri kepribadian warna favorit Anda mengungkapkan bahwa Anda adalah tipe individu yang optimis, suka bersenang-senang, ceria, dan kreatif. Anda suka mengobrol dengan orang-orang. Anda biasanya senang kehidupan pesta. Anda tidak tahan lama sendirian. Ekspresi individualitas datang secara alami kepada Anda. 

Perasaan gembira dan bahagia membuat Anda tetap termotivasi. Anda cukup selektif saat berteman karena Anda lebih memilih kelompok sosial yang erat dan bahagia daripada kelompok yang lebih besar dengan koneksi yang dangkal. Anda pandai menyembunyikan emosi Anda di balik sikap mudah tertipu energi tinggi Anda. Dalam keadaan negatif, Anda juga bisa menjadi sok dan sombong.

Dalam hubungan, Anda suka hidup di masa sekarang. Anda menikmati setiap momen sepenuhnya. Anda rukun dengan pasangan yang dengannya Anda dapat mempertahankan kebebasan dan kehidupan sosial Anda. Anda adalah pasangan yang karismatik, menyenangkan, dan penuh gairah.

Anda suka bertemu orang baru dan mengalami pengalaman atau petualangan gila. Anda mungkin tampil sebagai orang yang riang dan acuh tak acuh, tetapi Anda mendambakan kehadiran fisik dan perhatian pasangan Anda. Anda akan melakukannya dengan baik dengan mitra yang dapat menawarkan energi landasan yang stabil.

Di tempat kerja, Anda sangat cocok untuk peran yang memberi Anda ruang untuk kreativitas dan kolaborasi dengan orang lain. Anda menyukai spontanitas dalam pekerjaan Anda. Anda suka menciptakan ide-ide baru. Anda juga pandai membuat keputusan berdasarkan statistik dan fakta.

Anda membuat keputusan keuangan yang baik juga. Kadang-kadang, Anda mungkin melompat terlalu cepat dan terburu-buru. Anda memiliki sifat mandiri yang kuat. Anda pandai mencari informasi dan berjejaring.

Pilihan karier: Pemasaran, branding, desain, periklanan, pengacara, perencana keuangan, CEO, akuntan, reporter, ahli logistik, auditor, aktor, pelaku, perhotelan, layanan makanan, desainer, perawatan kesehatan.

Sifat utama: Optimis, suka bersenang-senang, ceria, kreatif, suka hidup di masa sekarang, spontan, pandai membuat keputusan keuangan, kuat, mandiri.

5 dari 6 halaman

Kepribadian Orang yang Suka Warna Hitam

Jika warna favorit Anda adalah hitam, maka ciri-ciri kepribadian warna favorit Anda mengungkapkan bahwa Anda adalah individu yang berkemauan keras, bertekad, percaya diri, mandiri, dan berani mengambil risiko. Anda juga bisa terlihat serius, mengintimidasi, dan berwibawa, baik di tempat kerja maupun dalam hubungan. 

Anda adalah individu konvensional dan konservatif yang memancarkan misteri, keanggunan, intensitas, martabat, kecanggihan, dan kesopanan. Penampilan Anda menunjukkan bahwa Anda memegang kendali penuh atas realitas Anda, namun Anda mungkin merasa tidak aman di dalam.

Anda melakukan gerakan berani tetapi tidak untuk mengantisipasi pujian. Padahal kamu memang suka diperhatikan. Anda juga sering dicemburui karena status dan gaya hidup Anda.

Dalam hubungan, Anda menjaga jarak dengan orang lain. Anda menjaga emosimu. Anda memiliki tembok yang cukup tinggi untuk tidak membiarkan seseorang mengetahui rahasia dan kehidupanmu. Anda adalah orang pribadi. 

Anda tidak suka membagikan setiap detail hidupmu. Anda sangat terpisah. Anda menyimpan aura misteri di sekitar Anda. Anda tidak lengah dengan mudah. Namun, Anda sendiri adalah orang yang dapat dipercaya.

Anda meluangkan waktu untuk menyerap perasaan mentah. Bisa juga ketakutan Anda akan penolakan yang menahan Anda untuk mengekspresikan diri. Anda juga terkadang bisa memberontak. Anda menyembunyikan kerentanan Anda dengan cukup baik.

Di tempat kerja, Anda memiliki kemampuan luar biasa untuk membuat sesuatu menjadi sukses. Anda selalu ke hal besar berikutnya. Anda ingin semuanya sempurna atau setidaknya mendekati sempurna.

Anda metodis dan terus terang dalam pekerjaan Anda. Anda mematuhi profesionalisme. Anda akan mencoba melakukan semuanya sendiri. Anda kesulitan meminta bantuan orang lain. Anda bisa memberontak melawan otoritas.

Pilihan karier: Teknik, arsitektur, pemprogram komputer, analis keuangan, ekonom, perusahaan, aktor/aktris, pengusaha, pengacara, pemimpin.

Sifat utama: Berkemauan keras, bertekad, percaya diri, mandiri, pengambil risiko, dijaga secara emosional, kemampuan untuk membuat sesuatu menjadi sukses.

6 dari 6 halaman

Kepribadian Orang yang Suka Warna Putih

Jika warna favorit Anda adalah putih, maka ciri-ciri kepribadian warna favorit Anda mengungkapkan bahwa Anda adalah seorang penjaga perdamaian, sabar, empati, tenang, terorganisir, tipe individu yang teliti. Anda menghindari konfrontasi. Anda adalah orang yang penuh perhatian yang mendukung kesucian, kemurnian, dan kepolosan. 

Anda berjuang untuk kesederhanaan, kerapian, dan kedamaian. Anda dicari karena kehadiran Anda yang menenangkan dan sifat damai. Anda menangani sebagian besar situasi secara diplomatis. Anda adalah orang yang menyenangkan yang bertujuan untuk membawa keseimbangan dalam situasi kacau apa pun. Dalam hubungan, Anda murah hati, baik hati, dan pendengar yang baik. 

Anda memastikan bahwa orang lain bersenang-senang. Anda didorong oleh keinginan orang lain. Anda mengharapkan kebaikan dan rasa hormat sebagai balasannya. Anda termotivasi oleh pengaturan damai.

Anda akan melakukan apa saja dengan kekuatan Anda untuk menghindari konfrontasi, bahkan jika itu mengharuskan Anda berbohong secara terang-terangan di hadapan orang tersebut. 

Anda bertujuan untuk merasa lebih baik daripada menjadi baik. Anda memiliki kebutuhan untuk diterima karena individualitas Anda.

Anda mungkin damai dan ringan di permukaan, tetapi Anda memiliki sifat keras kepala yang kuat dan diam yang muncul saat Anda diperlakukan tidak adil. Anda tidak suka diperintah. Seseorang seharusnya tidak menggunakan kata-kata kasar dengan Anda.

Di tempat kerja, Anda adalah pekerja mandiri yang menolak berada di bawah kendali seseorang. Anda suka melakukan sesuatu dengan cara Anda. Dengan cara ini, Anda juga dapat memiliki lebih banyak otonomi dan lebih sedikit konfrontasi atau perbedaan pendapat.

Karena Anda memiliki sisi menyenangkan yang membuat Anda menuruti permintaan yang tidak masuk akal, akhirnya Anda membencinya. Anda tidak suka didorong untuk mendapatkan hasil. Anda cukup berpandangan jauh ke depan dan terorganisir dalam pekerjaan Anda.

Pilihan karier: Bankir, konsultan bisnis, analis, staf bandara, keamanan, ilmuwan, teknik, pengacara.

Sifat utama: Penjaga perdamaian, sabar, empati, tenang, teratur, teliti, pendengar yang baik, suka melakukan sesuatu dengan cara Anda, berpandangan jauh ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.