Sukses

4 Cara Berhenti Jadi Pasangan yang Cemburu Berlebihan, Kunci Hubungan Langgeng dan Bahagia

Kecemburuan menjadi perasaan terburuk yang bisa dimiliki seseorang dalam sebuah hubungan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam hubungan cinta, cemburu menjadi hal lumrah yang biasa terjadi. Sangat normal untuk merasa tidak aman dari waktu ke waktu atau khawatir bahwa pasanganmu akan mengembangkan perasaan untuk orang lain.

Kecemburuan menjadi perasaan terburuk yang bisa dimiliki seseorang. Namun, kecemburuan selama itu terkendali adalah hal yang normal, tapi jika Anda merasa tercekik oleh keadaan pikiran ini untuk waktu yang lama yang semakin memengaruhi hubunganmu, ini waktu yang tepat mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Meskipun tidak mudah, mempraktikkan kebiasaan sehat dan kesadaran penuh tidak hanya menyelamatkan ketenangan pikiranmu, tapi juga menyelesaikan semua masalah utama dalam hubunganmu.

Oleh karena itu, ketahui beberapa cara sederhana untuk berhenti menjadi pasangan yang cemburuan, seperti melansir dari Times of India, Selasa (7/3/2023).

1. Praktikkan kepercayaan

Aturan praktis untuk menjaga hubungan tetap langgeng adalah percayalah pada ikatan yang Anda jalin dengan pasangan. 

Anda mungkin takut akan hal yang tidak diketahui, tapi kehilangan harapan sama sekali atau tidak perlu mengungkapkannya di setiap pembicaraan hanya akan membuat kekacauan di pikiran pasanganmu. Itu juga membuat hubunganmu bermasalah. 

Pastikan kecemburuan tidak menyumbat pikiranmu dan fokuslah untuk memahami apa yang mungkin terjadi untuk meningkatkan kebahagiaan.

2. Berpikir sebelum Anda bertindak

Bertindak atas kecemburuanmu dengan memikirkan kembali pendapatmu bisa sangat merusak. Seringkali, kecemburuan memunculkan sifat pemarah dan dengan sifat seperti itu, Anda mengucapkan kata-kata menyakitkan yang akan merusak hubungan. 

Memang cukup sulit untuk tidak bertindak saat Anda dipenuhi dengan perasaan negatif, tapi cobalan untuk tidak membiarkan perasaan ini menguasai Anda sepenuhnya.

Bersikaplah masuk akal dan banyak berpikir sebelum bertindak untuk menghindari konflik dalam hubungan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bicarakan dengan pasangan

Setelah Anda menganalisis perasaanmu dan alasan kecemburuan di baliknya, pastikan Anda tidak menyimpannya sendiri.

Separuh masalah dalam suatu hubungan ada karena komunikasi yang tidak jelas. Apa pun yang membuatmu cemas dan resah, coba segera bicarakan dengan pasanganmu.

Selain itu, ingatlah sifat-sifat positif pasanganmu dan kapan pun Anda merasa cemas, tenangkan dirimu dengan mengingat kembali apa yang penting dalam hubungan tersebut. 

Memelihara kebiasaan atau perubahan positif akan membantu melepaskan perasaan tersebut.

 

3 dari 3 halaman

4. Kenali dan pahami dengan cara yang benar

Cobalah untuk memahami perasaan cemburu dengan cara yang paling dewasa untuk mengatasinya secara efektif. Apa pun alasannya, cobalah untuk menemukan akar penyebab mengapa Anda cemburu dan jangan terburu-buru. 

Jangan membuat gelembung pikiran negatif di kepalamu segera setelah Anda menyadari sesuatu yang tidak biasa. Coba berikan waktu untuk diri sendiri mengapa itu terjadi. 

Terkadang, kita sering frustasi dan memberi ruang pada kemarahan yang hanya memperumit keadaan. Lakukan pendekatan yang tenang untuk memilah perasaanmu terlebih dahulu. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.