Sukses

Tanda Anda Mengalami Burnout, Kelelahan Fisik dan Mental yang Sering Diabaikan

Berikut ini deretan tanda bahwa Anda sebenarnya mengalami burnout yang sering diabaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Stres dan kelelahan yang berlebihan serta adanya penurunan motivasi tentu sering dialami oleh banyak orang. Stres itu adalah hal yang sulit dihadapi dan banyak orang berjuang untuk mengatasinya, tetapi kelelahan atau burnout adalah level lain. 

Itu adalah perasaan ketika Anda kehabisan tenaga, merasa tidak berdaya, motivasi berkurang, dan itu membebani Anda secara emosional, kata psikolog klinis dan asisten profesor klinis di departemen psikiatri di NYU Grossman School of Medicine, Rachel Goldman.

“Itu adalah sesuatu yang tidak bisa disembuhkan oleh waktu di akhir pekan atau hari kesehatan mental,” ucap Goldman.

Burnout bisa terasa seperti situasi yang terisolasi jika Anda tidak berada di lingkungan di mana Anda dan rekan kerja Anda secara terbuka membicarakannya. Lebih dari 70% pekerja dewasa AS melaporkan merasa "tegang atau stres" di tempat kerja, dan sekitar 3 dari 5 orang mengatakan stres ini berdampak negatif pada hari kerja mereka, menurut Survei Kerja dan Kesejahteraan 2021 dari American Psychological Association, dilansir dari Good Housekeeping, Rabu (22/2/2023).

Dan sementara burnout biasanya dikaitkan dengan tempat kerja, itu juga dapat dikaitkan dengan situasi lain dan juga sering muncul pada orangtua dan pengasuh. 

Faktanya, 87% ibu yang bekerja mengatakan mereka merasa tidak pernah punya cukup waktu untuk menyelesaikan semuanya di rumah dan 84% mengatakan mereka merasa harapan orangtua saat ini lebih tinggi daripada harapan orangtua mereka, demikian temuan sebuah penelitian oleh TrueveLab di bidang akademik bekerja sama dengan The University of Tennessee di program pascasarjana Psikologi Industri dan Organisasi Chattanooga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa itu burnout?

Goldman menuturkan, burnout adalah keadaan kelelahan emosional, fisik, dan mental yang disebabkan oleh stres yang berlebihan dan berkepanjangan ditambah dengan sumber daya yang tidak memadai untuk mengatasinya dan biasanya akan berdampak negatif pada pekerjaan, kehidupan rumah tangga, dan kesehatan Anda jika tidak ditangani.

Untuk membantu Anda membedakan antara burnout, stres biasa sehari-hari, dan kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan, ada baiknya membicarakan tiga dimensi kelelahan, yang semuanya berlaku khusus untuk pengalaman di tempat kerja, kata seorang neuropsikolog klinis dan penulis  Stop Self-Sabotage: Six Steps to Unlock Your True Motivation, Judy Ho. 

  • Kelelahan emosional: Tidak peduli berapa jam Anda tidur atau berapa banyak waktu yang Anda habiskan, Anda merasa lelah tanpa henti, sepanjang waktu.
  • Depersonalisasi: Anda menjauhkan diri dari pekerjaan Anda dan tidak terlibat, yang dapat menyebabkan kurangnya perhatian terhadap proyek atau tugas.
  • Merasa tidak efektif: Anda tidak merasa efektif atau seperti melakukan yang terbaik, meskipun bekerja keras dan menerima umpan balik yang baik.

“Seseorang tidak harus memenuhi ketiga kriteria untuk mengalami burnout, tetapi itu adalah tiga aspek yang kami lihat ketika membicarakan tentang burnout versus sesuatu seperti depresi klinis,” jelas Ho.

Dan meskipun kelelahan dan depresi atau kecemasan tidak sama, yang satu dapat mengarah ke yang lain, dan sebaliknya. 

“Ada tumpang tindih besar dengan orang-orang yang kelelahan dan juga depresi klinis pada saat yang sama; kelelahan kronis membuat Anda berisiko lebih tinggi mengalami depresi dan kecemasan klinis, dan kebalikannya juga bisa benar,” lanjutnya. 

“Kabar baiknya adalah jika Anda dapat menangani salah satu aspek tersebut, aspek lainnya akan menjadi lebih baik. Jadi atasi depresi secara langsung dan kejenuhan bisa dikurangi, begitu juga sebaliknya.”

3 dari 4 halaman

Gejala Burnout

Tanda-tanda bahwa Anda mengalami burnout dapat muncul di tempat kerja dan juga bermanifestasi sebagai perubahan fisik atau gaya hidup. Gejala umum kelelahan di tempat kerja meliputi:

  • Performa menurun atau buruk
  • Menghilang dari pekerjaan atau datang terlambat
  • Kehilangan motivasi dan berkurangnya minat dan keterlibatan
  • Merasa tidak dihargai
  • Kehilangan makna alias Anda tidak terlalu peduli dengan pekerjaan
  • Menarik diri dari situasi sosial dan rekan kerja
  • Sulit berkonsentrasi dan alami kabut otak.

Anda mungkin juga harus memperhatikan gejala-gejala ini saat Anda tidak berada di kantor, seperti:

  • Kelelahan fisik dan mental
  • Iritabilitas
  • Ketidakmampuan untuk mengatasi masalah kecil
  • Kurangnya minat pada hal-hal yang biasa Anda nikmati, seperti hobi atau waktu bersama teman
  • Kesulitan tidur
  • Sakit kepala
  • Masalah pencernaan
  • Perubahan nafsu makan dan kebiasaan makan
4 dari 4 halaman

Cara mencegah burnout

Ada banyak strategi yang dapat membantu Anda mengatasi burnout dan mencegahnya menjadi hal yang selalu terjadi. Berbicara tentang burnout dengan teman, keluarga, atau rekan kerja tepercaya adalah salah satu hal yang bisa sangat bermanfaat. 

“Ketika Anda tidak berbicara tentang burnout, Anda merasa semuanya ada pada Anda dan sepertinya Anda tidak memiliki dukungan. Terkadang kelelahan emosional dan fisik dapat dikurangi jika Anda merasa memiliki lebih banyak dukungan,” jelas Ho. “Dan terkadang kelelahan dapat memicu perasaan bersalah dan malu.”

Rasa bersalah bisa menjadi produktif bila digunakan dengan hemat karena itu membantu Anda ingin memperbaikinya. Tapi rasa malu itu berbeda.

"Ini lebih seperti Anda merasa seolah-olah inti dari diri Anda adalah orang jahat, dan ini bisa menjadi emosi yang menyusahkan secara mental," sambunya. 

Selain berbicara tentang perasaan itu, Anda juga dapat mengatasinya sendiri melalui latihan seperti meditasi atau membuat daftar rasa syukur setiap hari.

“Anda mungkin tidak merasa itu membuat perbedaan besar pada awalnya, tetapi jika Anda memasukkan ini ke dalam rutinitas harian Anda, itu akan berdampak,” Ho menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.