Sukses

Kapan Usia Terbaik untuk Memiliki Anak?

Liputan6.com, Jakarta Ketika akan memutuskan untuk menikah, pertanyaan kerap muncul seputar kehamilan. Nggak jarang setiap pasangan bertanya, sebenarnya apakah ada waktu tepat untuk memiliki keturunan. 

Jawabannya setiap orang berbeda, ada yang menilai waktu terbaik di usia 20an, pertengahan 30an dan lain sebagainya. Biar nggak penasaran, sebenarnya ada jawaban mudah untuk pertanyaan yang cukup rumit ini. 

Laman Verywellfamily.com menjelaskan, ada empat alasan terbaik untuk memiliki anak di kemudian hari. Pertama adalah kamu siap secara emosional. Kedua kamu siap memiliki fasilitas terbaik untuk merawat anak-anak. Ketiga kamu tahu apa artinya ingin punya anak. 

Dengan kata lain, di usia berapapun, jika kamu sudah siap memiliki anak adalah waktu tepat untuk memiliki anak. Namun tanpa disadari, ada kondisi medis tertentu yang membuatmu sulit untuk memiliki keturunan, yaitu saat kamu terdiagnosis infertilitas atau punya gangguan kesuburan. 

Nah, ketika diagnosis itu diketahui, ada baiknya kamu memutuskan untuk melakukan perawatan kesuburan. Ingatlah bahwa seiring bertambahnya usia, peluang kehamilan akan berkurang presentasenya. 

Artinya, semakin lambat kamu untuk memulai, akan semakin besar kemungkinanmu untuk memiliki anak. Apalagi jika kamu mendekati usia 35 tahun. Maka dari itu, jika kamu dan pasangan sudah siap untuk membangun keluarga seutuhnya, sekarang saatnya untuk mengikuti program kehamilan. 

Secara medis, waktu (usia) memang sangat penting terkait dengan kesuburan dan peluang kehamilan. Artinya, hamil setelah usia 35 tahun memang nggak semudah hamil di usia 25 tahun. Tentunya usia tersebut akan menjadi lebih menantang karena banyak hal yang harus dipersiapkan untuk mencapai peluang kehamilan. 

Maka dari itu, ada baiknya kamu meminta bantuan penyedia medis atau dokter kandungan, untuk merencanakan kehamilan. Jika kamu berusia di atas 35 tahun, jangan menunggu waktu lebih lama lagi untuk berbicara ke dokter spesialis kandungan. 

Nah, jika kamu sedang merencanakan kehamilan, pilihlah rumah sakit yang menawarkan program edukasi untuk pasangan menikah. Selain itu, pilihlah dokter berpengalaman dan berasal dari rumah sakit yang memiliki dukungan fasilitas medis lengkap dan terkini, serta memberikan pelayanan terpadu, untuk perawatan kesehatanmu.

Dengan memilih dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang tepat, kamu sebagai pasien dapat melakukan perencanaan kehamilan dengan lancar. Termasuk dalam memilih proses persalinan dan perawatan pasca persalinan yang nyaman.

 

(*)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS