Sukses

Bisa Kurangi Gejala Akalasia, Ternyata Ini Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari!

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda rutin mengonsumsi air putih, imunitas tubuh dan fungsi organ akan bekerja dengan baik. Eits, tapi tak hanya air putih dengan suhu yang normal saja lho! Air putih hangat pun memiliki banyak manfaat yang sama jika Anda rutin mengonsumsinya.

Seperti diketahui, air putih hangat terkadang diminum ketika kondisi tubuh sedang tidak baik-baik saja. Air putih hangat seolah-olah menjadi andalan bagi orang Indonesia guna mengatasi kondisi tubuh yang tidak fit.

Eits, Anda juga harus mengetahui bahwa mengonsumsi air putih hangat tidak hanya di saat kondisi seperti itu saja lho. Minum air putih di pagi hari selepas bangun tidur juga memiliki manfaat yang luar biasa.

Ingin tahu manfaat dari Anda minum air putih hangat di pagi hari untuk tubuh seperti apa? Baca selengkapnya di bawah ini, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

1. Bisa Menyehatkan Saraf

Ketika Anda berada dalam kondisi kekurangan cairan dalam tubuh, kondisi tersebut akan berpengaruh bagi kinerja otak. Dengan Anda meminum air putih hangat di pagi hari, kinerja otak akan semakin berjalan dan suasana hati pun akan menjadi rileks. 

2. Bisa Mengatasi Sembelit

Anda memiliki masalah pencernaan di pagi hari? Salah satu solusi cepatnya adalah dengan mengonsumsi segelas air putih hangat, lho! Dengan Anda mengonsumsi air putih hangat, cairan di dalam tubuh akan terjaga kecukupannya.

Kecukupan cairan dalam tubuh akan membantu merangsang pergerakan usus Anda, melunakkan konsistensi tinja, serta mampu meredakan nyeri perut. 

3. Bisa Cegah Batu Ginjal

Mengerikan bukan? Ya, jika tidak ingin mengalami kondisi tersebut, Anda bisa mengonsumsi air putih hangat selepas bangun tidur di pagi hari, ya!

Dengan mengonsumsi air putih hangat, Anda akan meminimalisir risiko pengendapan kalsium oksalat di dalam tubuh. Selain itu, dapat juga mencegah penumpukan bakteri di sel kencing Anda.

3 dari 3 halaman

4. Bisa Kurangi Gejala Akalasia

Pernah mendengar gejala satu ini? Jika belum, akalasia merupakan suatu kondisi menyempitnya kerongkongan yang dapat menghambat proses pencernaan makanan ke lambung. 

Salah satu cara guna mengatasi gejala ini secara mudah adalah dengan mengonsumsi air putih hangat di pagi hari. Dengan itu, Anda bisa merelaksasikan otot stingter esofagus bagian bawah. Eits, jika kondisi sudah parah, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter, ya!

5. Bisa Atasi Nyeri Radang Sendi

Ketika Anda mengonsumsi air putih hangat di pagi hari, saraf tubuh akan menjadi rileks. Manfaat tersebut sangat berguna bagi Anda yang menderita radang sendi. 

Secara presentase, 60 persen jaringan tulang rawan yang terdapat pada persendian terdiri dari air. Ketika Anda rutin minum air putih hangat di pagi hari, akan dapat membantu meminimalisir risiko penipisan bantalan tulang, lho!

Nah, itu lima manfaat ketika Anda rutin mengonsumsi air putih hangat di pagi hari. Ingat, manfaat tersebut bisa dirasakan ketika Anda mengonsumsinya secara rutin!

 

(*) 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS