Sukses

Coba 7 Tips Ini Agar Tetap Tenang di Bawah Tekanan

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba agar tetap tenang di bawah tekanan

Liputan6.com, Jakarta Dua tahun terakhir telah menempatkan hampir semua orang dalam situasi stres. Pandemi telah memberikan dampak baik secara fisik maupun mental bagi banyak orang.

Tidak mudah untuk mengatasi stres, terutama ketika segala sesuatunya tampak di luar kendali. Namun, ada cara-cara kecil dan sederhana yang dapat diikuti setiap individu untuk secara perlahan dan bertahap mengurangi stres dan tetap tenang meski dalam tekanan.

Dari perbaikan cepat hingga kebiasaan jangka panjang, lihat beberapa metode untuk mengurangi stres dan tetap terkendali di bawah tekanan berikut ini. Dihimpun dari India Times, ini dia:

1. Ambil Napas Dalam

Jika Anda merasa stres, mulailah dengan bernapas dalam-dalam. Menurut beberapa penelitian, pernapasan lambat membantu tubuh rileks dan berhenti melepaskan hormon stres. Juga, ini membantu mengalihkan pikiran Anda.

2. Hitung Sisi Positifnya

Kemungkinan rasa cemas meningkat ketika Anda hanya memikirkan kasus terburuk dalam setiap skenario. Mulailah berfokus pada hal-hal positif yang membantu pikiran Anda tetap tenang.

3. Merenung

Bermeditasi secara teratur telah terbukti mengurangi stres dan dapat membantu Anda menangani emosi dengan lebih baik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. Amalkan Syukur

Penting untuk menghargai hal-hal yang Anda miliki alih-alih berfokus pada apa yang tidak Anda miliki. Tetap bersyukur membantu menjaga sikap positif.

5. Pantau Tidur Anda

Cobalah untuk memperbanyak tidur dan beristirahat. Pada hari-hari Anda tidur lebih nyenyak, buat jurnal rutinitas Anda dan pantau tidur Anda untuk memahami siklusnya.

6. Mulai Menghitung

Saat dihadapkan pada situasi yang penuh tekanan, cobalah untuk mengontrol reaksi Anda dengan menghitung mundur atau dengan menghitung lambat.

7. Berjalan

Berjalan atau berolahraga sangat terapeutik dan dapat membantu mengurangi stres. Ini juga membantu tubuh melepaskan hormon yang baik.

3 dari 5 halaman

3 Zodiak Paling Rapi dan Terorganisasi Menurut Astrologi

Menjadi rapi dan terorganisasi adalah keterampilan yang dapat membawa Anda jauh dalam hidup. Ketika meja Anda rapi dan semuanya berada di tempat yang seharusnya, Anda tidak akan kehilangan semua catatan Anda sebelum presentasi besar.

Anda juga cenderung tidak akan melupakan rapat besar atau tenggat waktu jika kalender Anda sudah diperbarui. Plus, Anda tidak perlu khawatir tentang di mana gaun keberuntungan Anda pada malam kencan karena lemari Anda tidak berantakan.

Namun tentu saja, menjadi teratur lebih mudah diucapkan daripada dilakukan dan jika Anda adalah seseorang yang tidak bisa tetap teratur, Anda mungkin harus berterima kasih pada zodiak Anda untuk itu.

Melansir dari Bustle, menurut Stephanie Gailing, peramal dan penulis The Complete Guide to Living by the Moon, ada tiga zodiak yang paling teratur dan rapi dari semuanya. Saat Anda ingin melihat siapa tanda zodiak yang paling teratur, Anda harus mempertimbangkan kepribadian masing-masing zodiak.

"Ada banyak alasan mengapa kita berjuang untuk rapi dan terorganisasi," kata Gailing kepada Bustle. "Tanda-tanda zodiak tertentu memiliki bakat bawaan dan kebutuhan pribadi yang dapat memotivasi mereka untuk menjadi lebih teratur."

Sementara beberapa zodiak berkembang dalam kekacauan, zodiak lainnya perlu dibantu agar merasa semuanya baik-baik saja di dunia. Menurut Gailing, ini adalah tiga zodiak yang paling terorganisasi.

4 dari 5 halaman

Libra

Libra

Dalam hal Libra, keseimbangan dan harmoni sangat penting agar mereka berfungsi. Lagipula, ada alasan mereka diwakili oleh timbangan. Menurut Gailing, mereka mencoba membuat segalanya terasa teratur.

"Libra juga sering memiliki kemampuan bawaan untuk mengetahui ketika ada sesuatu yang tidak selaras dan diperlukan pengaturan ulang, sehingga rasa damai dapat dibangun kembali," katanya.

Libra juga merupakan tanda zodiak yang sangat sosial dan mereka membenci orang yang mengecewakan. Jadi, mereka juga memastikan untuk mengatur kalender sosial mereka, sehingga mereka dapat muncul kapan pun mereka mau. Itulah satu hal yang membedakan mereka dari yang lain dalam hal tetap teratur.

 

Virgo

Dari semua tanda zodiak, Virgo mungkin bisa dianggap sebagai zodiak yang paling terorganisasi dari semuanya. Menurut Gailing, Virgo "mendewakan" detail.

"Tanda zodiak ini tidak suka ketika ada sesuatu yang rusak, dan mereka benar-benar menikmati proses menempatkan sesuatu pada tempatnya," katanya.

“Mereka merasa terilhami untuk mengklasifikasikan—apakah arsip, rempah-rempah di dapur mereka, buku berdasarkan subjek, ukuran, atau warna, atau sejenisnya—dan membuat metode.”

Meskipun tidak semua Virgo mungkin sangat khusus tentang organisasi dan tidak keberatan dengan sedikit kekacauan, banyak dari mereka akan dapat memperhatikan dan terpengaruh oleh disorganisasi.

5 dari 5 halaman

Capricorn

Capricorn cenderung sangat terorganisir karena sangat praktis. Tidak ada ruang untuk "tanpa basa-basi" dalam hidup mereka.

"Misalnya, mereka mungkin tidak selalu berpegang pada sesuatu untuk nilai sentimental, kecuali menawarkan kepraktisan dan meningkatkan produktivitas," kata Gailing.

“Berbicara tentang yang terakhir, karena menjadi produktif dan berprestasi adalah kunci penting bagi mereka, mereka mungkin menemukan diri mereka 'alergi' terhadap apa pun yang menghalangi [produktivitas] ini — termasuk kekacauan.”

Singkatnya, Capricorn adalah tipe orang yang memiliki meja atau rumah yang bersih karena mereka tidak takut membuang apa pun yang tidak mereka butuhkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.