Sukses

4 Alasan Mengapa Lebih Baik Tidak Menyikat Gigi di Pagi Hari

Banyak dari kita terbiasa menyikat gigi segera setelah bangun tidur.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak dari kita terbiasa menyikat gigi segera setelah bangun tidur. Meskipun kebersihan mulut yang baik adalah kunci untuk membuat senyum terlihat indah, nyatanya menyikat gigi tepat setelah bangun tidur tidak seefektif yang kita kira.

Beberapa ahli medis percaya bahwa segelas air sebelum menyikat gigi jauh lebih baik untuk kesehatan mulutmu, dan bahkan meningkatkan efektivitas menyikat gigi.

Oleh karena itu, berikut alasan mengapa lebih baik tidak menyikat gigi di pagi hari, seperti melansir dari Bright Side, Minggu (15/1/2023).

1. Membuat Anda mual

Menyikat gigi setelah bangun tidur bisa membantumu merasa segar, tapi beberapa individu akan merasa mual sangat menyikat gigi.

Meskipun menyikat gigi dua kali sehari sangat penting untuk kesehatan mulut, Anda bisa melewatkan jika membuatmu merasa mual.

Banyak ibu hamil mengatakan morning sickness mereka bertambah para ketika mereka menyikat gigi tepat setelah bangun tidur.

2. Melemahkan enamel

Merasa mual sering kali menyebabkan muntah, dan sering muntah bisa merusak gigimu secara serius.

Karena muntahan mengandung asam lambung, muntahan juga bisa mengikis dan melemahkan enamel gigi sehingga menyebabkan gigi sakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Menyikat gigi sebelum sarapan pagi tidak efektif

Jika Anda terbiasa menyikat gigi sebelum minum kopi di pagi hari, Anda mungkin akan mempertimbangkan kembali kebiasaan ini.

Saat Anda meminum sesuatu tepat setelah sikat gigi, fluorida dalam pasta gigi bisa hilang, sehingga menyikat gigi menjadi kurang efektif. Bahkan, dokter gigi menganjurkan untuk menunggu setidaknya setengah jam setelah menyikat gigi untuk minum minuman apa pun.

Dan jika Anda tidak banyak waktu di pagi hari, Anda bisa menyikat gigi setelah sarapan.

 

3 dari 3 halaman

4. Menyebabkan lebih banyak gigi berlubang

Meskipun minum air di pagi hari memiliki banyak manfaat kesehatan, melakukannya segera setelah menyikat gigi bisa membuatmu tidak mendapatkan cukup fluoride.

Karena flurida adalah salah satu cara paling efektif untuk melawan gigi berlubang, kekurangannya bisa melemahkan enamelmu, menyebabkan gigi berlubang dan bahkan penyakit tulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.