Sukses

Bingung Mulai Olahraga? Ini Panduan dan Cara Agar Tetap Termotivasi

Berolahraga dapat meningkatkan suasana mood seseorang, meningkatkan kesehatan mental, dan bisa membantu kamu agar tidur lebih nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang masih bingung bagaimana cara memulai olahraga dan harus berbuat apa agar tetap termotivasi untuk konsisten melakukannya? Kamu harus tahu bahwa sebenarnya ada banyak manfaat baik yang akan dirasakan oleh tubuh jika rutin berolahraga. 

Manfaat utamanya tentu akan meningkatkan kesehatan secara signifikan, mempertahankan berat badan, membangun massa otot, hingga mengurangi resiko terkena penyakit kronis. 

Sebuah studi media kesehatan terpercaya juga menjelaskan, berolahraga dapat meningkatkan suasana mood seseorang, meningkatkan kesehatan mental, dan bisa membantu kamu agar tidur lebih nyenyak. 

Intinya, menyempatkan waktu untuk berolahraga dapat meningkatkan kualitas kehidupanmu. Lalu bagaimana cara memulai olahraga? Tenang, pada artikel kali ini akan dibahas cara agar tetap termotivasi untuk terus berolahraga menurut laman healthline.com. 

Sebelum masuk ke panduan cara memulai olahraga, sebaiknya kamu tahu dulu apa saja jenis olahraga yang umum dilakukan oleh masyarakat. Sebenarnya ada banyak namun akan dijelaskan beberapa saja yang menjadi favorit. 

Pertama ada aerobik, ini merupakan program kebugaran yang mencakup beberapa bentuk pergerakan secara terus menerus. Contohnya seperti berenang, jogging, menari, skipping, dan masih banyak lagi. 

Kedua kekuatan, latihan ini cocok buat kamu untuk meningkatkan masa otot pada tubuh. Tapi tentu butuh juga bantuan minuman dan makanan berprotein tinggi demi hasil yang maksimal. Contoh latihannya ada angkat besi, plyometrics, dan lari cepat. Masih banyak ragam jenis olahraga yang dapat kamu cari tahu di artikel lainnya. Namun kali ini, mari kita bahas apa saja panduan cara memulai olahraga? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Panduan Cara Mulai Olahraga

Periksa Kesehatan Lebih Dulu

Selain mencari tahu olahraga yang ingin kamu jadikan rutinitas, penting juga untuk konsultasi terlebih dahulu ke penyedia layanan kesehatan, demi mendapatkan hasil medis fisik tubuhmu seperti apa. 

Hal ini dapat mendeteksi masalah kesehatan yang bisa memunculkan resiko cedera saat kamu rutin berolahraga. Juga bisa menciptakan batasan yang lebih sesuai dengan kemampuanmu, sehingga rencana latihan sehari-hari bisa mendapatkan hasil yang lebih optimal. 

Buat Rencana dan Tujuan yang Realistis

Setelah memutuskan untuk memulai jenis olahraga apa, sekarang buat rencana bagaimana langkah-langkah dalam menjalaninya dan tetapkan tujuan apa yang ingin dicapai. 

Misalnya, untuk latihan pertama kamu ingin melatih otot kaki agar lingkar paha dapat mengecil. Artinya kamu bisa berlari pelan sejauh lima kilometer dalam satu sesi latihan awal, lalu akan bertambah jaraknya jika sudah terbiasa olahraga lari. 

Jadikan Rutinitas

Komponen kunci dari kesuksesan olahraga seseorang adalah menjadikannya sebagai rutinitas, caranya dengan selalu menyempatkan waktu untuk latihan fisik dalam sehari. 

Misal, kamu menetapkan waktu berolahraga di pagi hari sebelum berangkat kerja selama 30 menit. Maka kamu harus komitmen untuk terus melakukan hal tersebut selama beberapa hari, hingga nanti menjadi kebiasaan. 

3 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Agar Tetap Terrmotivasi?

Kunci agar tetap termotivasi kala melakukan rutinitas olahraga adalah dengan menjadikannya kegiatan untuk bersenang-senang. Jadikan juga latihan fisik ini sebagai cara kamu untuk self-love atau mencintai diri sendiri. 

Alasannya karena sangat banyak manfaat bagi tubuh kamu jika sudah rutin berolahraga, tidak hanya dirasakan sekarang saja, dampaknya baiknya akan tetap terasa hingga mendekati usia senja.  

Selain alasan tersebut, kamu juga bisa melakukan aktivitas olahraga ditemani oleh hal yang dapat membuatmu senang, seperti jogging sambil mendengarkan musik, pergi ke gym bersama teman-teman, mengikuti komunitas olahraga yoga, hingga mengajak pasangan untuk olahraga renang bersama. 

Ketika kamu berolahraga bersama kelompok atau teman kesayangan, dapat juga membantu menjaga hubungan baik dan termotivasi untuk bersaing secara sehat demi mendapatkan tubuh yang lebih prima. 

Terakhir yang kamu juga tidak boleh lupa, sebelum berolahraga ada beberapa hal yang harus dilakukan guna terhindar dari cedera dan memiliki stamina lebih. Seperti peregangan, menjaga kandungan air mineral pada tubuh, memilih untuk konsumsi menu makanan yang bernutrisi, dan pastinya mengatur waktu untuk beristirahat. 

Itulah beberapa panduan cara memulai olahraga dan bagaimana membuat dirimu agar tetap termotivasi saat melakukan nya. Jadi tunggu apalagi? Mulailah berolahraga dan rasakan ragam manfaat baiknya!  

 

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.