Sukses

6 Cara Menjaga Kesehatan di Tengah Cuaca Ekstrem

Tips yang dapat dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh di tengah cuaca ekstrem.

Liputan6.com, Jakarta - Memasuki awal tahun 2023, berbagai wilayah di Tanah Air dilanda cuaca ekstrem. Terkadang seharian hujan lebat beserta angin kencang yang membuat udara sangat dingin. Sehingga, tingkat kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem perlu ditingkatkan, karena hal ini berkaitan dengan risiko terserang penyakit.

Adapun, cuaca ekstrem sering menyebabkan imunitas tubuh kita melemah, yang akhirnya membuat seseorang rentan terkena penyakit. 

Seperti beberapa penyakit antara lain batuk, influenza, serta infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Melansir laman Nu Online, Rabu (28/12/22) berikut beberapa kiat untuk mengantisipasi cuaca ekstrem agar imunitas tubuh tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit.

1. Mengonsumsi buah dan sayur

Buah dan sayur terkenal sebagai makanan andalan untuk menjaga kesehatan tubuh.  Sebab, kandungan antioksidan di dalamnya memiliki peran penting bagi tubuh, yakni bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sehingga, hal ini sangat diperlukan agar tidak mudah terpapar virus maupun bakteri.

2. Mengonsumsi protein

Selain buah-buahan dan sayuran, kamu juga perlu memperhatikan konsumsi protein harian. Kandungan protein pada makanan efektif dalam menjaga kesehatan, seperti meningkatkan kekebalan tubuh. 

Beberapa makanan dengan kandungan protein yang mudah ditemukan di antaranya daging, susu, dan telur.

3. Mengelola stres

Diketahui bahwa stres bisa memengaruhi sistem kekebalan tubuh. Sehingga, dianjurkan untuk tidak larut dalam stres berkepanjangan, sebab jika tidak, berpotensi menurunkan daya tahan tubuh. Dan akhirnya mudah terserang penyakit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Rajin berolahraga

Selain mengonsumsi makanan, kita juga diharuskan untuk rajin melakukan aktivitas fisik. Sebab, menyempatkan waktu atau rutin berolahraga tiap hari akan berdampak baik bagi kesehatan dan memiliki banyak manfaat.

Salah satunya dengan berolahraga yang akan membuat tubuh lebih sehat dan meningkatkan imunitas sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jadi, ada baiknya untuk rutin berolahraga minimal 30 menit per hari.

3 dari 4 halaman

5. Istirahat Cukup

Salah satu hal penting lainnya yakni jam tidur. Sebab kualitas tidur yang baik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini karena sistem imun tubuh bisa bekerja maksimal dalam memproduksi antibodi. Selain meningkatkan kekebalan tubuh, istirahat cukup juga dapat mengoptimalkan fungsi imun.

Jadi, apabila seseorang sudah tidur atau istirahat yang cukup, maka otomatis risiko terserang berbagai macam penyakit dapat berkurang.

4 dari 4 halaman

6. Mencukupi kebutuhan cairan harian

Banyak dari kita sudah tahu pentingnya air mineral bagi tubuh. Sebab, tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Sehingga kita harus mengoptimalkan kebutuhan air mineral atau cairan tubuh tersebut.

Apalagi dengan musim hujan saat ini, sangat dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, minimal dengan minum 8 gelas air putih dalam sehari.

Hal ini bisa menjaga keseimbangan tubuh, membantu mengeluarkan racun tubuh, serta meningkatkan energi dalam tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.