Sukses

Meski Bukan Member Tertua, 8 Idol KPop Ini Dipercayai Jadi Leader

Berikut leader Kpop yang bukan anggota tertua dalam grup mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam sebagian besar grup Kpop, setiap anggota memainkan peran yang berbeda. Peran yang sangat signifikan atau mungkin yang paling penting adalah leader.

Seorang leader tentu saja orang yang memimpin grup dan menjaga para anggota. Ketika memilih seorang leader, salah satu faktor yang umum adalah usia, anggota tertua biasanya mendapat peran ini.

Namun, hal ini tidak berlaku untuk semua grup Kpop karena ada beberapa di antaranya yang dipimpin bukan dari anggota tertua melainkan yang telah bersama dengan agensi untuk waktu yang lama. Mengutip dari Kpop Starz, Sabtu (24/12/2022), berikut delapan leader Kpop yang bukan anggota tertua dalam grup mereka.

1. Suho EXO

Urutan pertama jatuh kepada Suho EXO, yang dipilih sebagai leader, karena ia memiliki masa pelatihan terpanjang dari semua anggotanya. Ia menghabiskan tujuh tahun sebagai trainee sebelum debut. Namun terlepas dari alasan mengapa Suho dipilih, ia memang terlihat cocok dengan peran seorang leader dan EXO-L dapat membuktikannya.

2. RM BTS

Sama seperti Suho EXO, ia juga merupakan anggota yang berlatih paling lama yaitu sekitar empat tahun. Ketika BTS memulai debutnya, meskipun RM bukan yang tertua, ia tampak paling dewasa dan percaya diri di antara para anggota lainnya. Memiliki kemampuan berbicara bahasa Inggris dengan lancar, RM melakukan peran yang hebat sebagai leader.

3. Jihyo TWICE  

Masa pelatihan Jihyo yang panjang juga diduga menjadi salah satu alasan mengapa ia terpilih untuk memimpin TWICE. Ia adalah seorang trainee selama 10 tahun sebelum debut bersama TWICE.

Selama penampilan mereka di "Showterview with Jessi" TWICE mengungkapkan bahwa Jihyo adalah leader karena para anggota memilihnya. Mereka juga setuju dengan komentar Jessi bahwa Jihyo dapat dipercaya, itulah sebabnya mereka memilihnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

4. Ahn Yujin IVE

Posisi leader di girl group baru Starship Entertainment, IVE, diberikan kepada Ahn Yujin. Alasannya karena bakat dan pengalamannya di Produce 48 dan IZ*ONE.

Sebelum debutnya bersama IVE, potensinya sebagai leader sudah terlihat oleh sesama anggota IZ*ONE. Dalam salah satu episode "Arcade II", barisan maknae grup memilih Yujin sebagai leader karena menurut Wonyoung, ia memiliki peran yang cocok untuk seorang leader.

 

3 dari 6 halaman

5. Jungwon ENHYPEN

Jungwon bergabung dengan daftar leader K-pop yang bukan yang tertua dalam grup mereka. Dalam sebuah wawancara dengan Weverse Magazine, Jungwon mengungkapkan bahwa pemilihan leader grup adalah proses yang panjang dan ia menjadi leader karena Heesung (yang merupakan anggota tertua) datang kepadanya dan mengatakan bahwa ia ingin tetap menjadi anggota daripada menjadi leader karena anggota lain mungkin akan kesulitan berbicara dengan leader jika sang pemimpin juga yang tertua dalam grup.

 

4 dari 6 halaman

6. Jay B GOT7

Sebenarnya, Jay B tidak ingin menjadi leader GOT7, ia bahkan meminta JYP Entertainment untuk tidak memberinya posisi itu. Namun, ia terpilih sebagai leader mungkin karena ia berlatih paling lama di antara anggota GOT7 (bersama dengan Jinyoung, tetapi Jay B lebih lama beberapa bulan).

5 dari 6 halaman

7. Soobin TXT

Soobin terpilih sebagai leader oleh Big Hit Music dan anggota lainnya selama evaluasi leader. Dalam sebuah wawancara dengan Weverse Magazine, Soobin mengungkapkan bahwa ia dibebani oleh banyak tanggung jawab sebagai leader grup pada saat mereka masih pemula. Namun berkat dukungan para anggotanya, bebannya telah berkurang seiring berjalannya waktu.

6 dari 6 halaman

8. Soyeon (G)I-DLE

Posisi leader di (G)I-DLE diberikan kepada Soyeon karena multi talenta yang dimilikinya, yang meliputi kemampuannya untuk bernyanyi, rap, menari, dan memproduksi musik. Sebagian besar waktunya, ia secara langsung berpartisipasi dalam persiapan (G)I-DLE untuk comeback mereka, menyarankan konsep rilisan mereka berikutnya dan menulis atau menyusun lagu mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.