Sukses

6 Idol Kpop yang Jago Bikin Lagu dan Merangkap Produser

Idol KPop ini sukses menjadi musisi sejati, dari mulai menciptakan lagu hingga menjadi produser lagu bagi idol lain.

Liputan6.com, Jakarta - Agensi selalu mengatur para idolnya agar bisa memberikan yang terbaik bagi penggemarnya. Bukan hanya soal penampilan, dan perilaku mereka, tapi soal musik yang mereka suguhkan harus berkualitas. 

Bahkan beberapa idol KPop ini, memiliki hobi menulis lirik lagu, membuat lagu, hingga menjadi produser musik saking ingin totalitas membawakan lagunya saat perform. 

Melansir dari Soompi, Rabu (21/12/2022), deretan idol KPop ini sukses menjadi musisi sejati, dari mulai menciptakan lagu hingga menjadi produser lagu bagi idol lain. 

1. Suga BTS 

Ada alasan mengapa musik BTS berhasil merebut hati para penggemar di penjuru dunia. Sebab dalam musik BTS, kita bisa merasakan pengalaman pribadi, perjuangan, dan emosi para anggotanya di setiap lagu.

Grup ini telah menulis musik mereka sendiri sejak awal debut, mereka mengambil tanggung jawab yang besar saat memproduksi lagu. Terutama Suga BTS yang dikenal gemar menulis lirik lagu, memproduksi musik dan membuat rekaman lagu. 

Selain menulis mix-tape untuk album solonya dan untuk album BTS, Suga BTS juga memproduksi lagu dan menjadi produser musik idol lain. Salah satunya, IU dalam single duetnya bersama Suga, "Eight."

2. Woozi Seventeen

Seventeen julukan grup ini adalah idola yang memproduksi sendiri, sudah bukan rahasia lagi kalau Woozi, mengambil peran peting dalam penulisan lagu dan memproduseri musiknya.

Sebagian besar lagu yang dibawakan Seventeen, diproduksi oleh Woozi dan member lain, seperti Very Nice, Circle hingga Clap. Woozi bahkan telah memproduseri artis lain seperti Ailee dan I.O.I. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. RM - BTS

RM BTS sebagai leader, mengambil peran penting untuk menggarap lagu-lagu BTS. Bahkan sebagian besar lagu BTS yang popular merupakan ciptaan RM BTS. 

Dia juga sukses dengan album barunya yang baru saja dirilis awal Desember lalu, bertajuk "Indigo." Lagu RM yang selalu bermakna dan memberikan pesan moral lewat liriknya, sukses menyentuh hati ARMY dan pecinta musik Kpop di dunia. 

3 dari 4 halaman

4. 3RACHA - Stray Kids

Sebagian besar unit produksi grup Stray Kids, 3RACHA yang terdiri dari Bang Chan, Changbin, dan Han telah mengerjakan hampir semua lagu grup yang dirilis Stray Kids. Mulai dari "Hellevator"  lagu sebelum debut hingga single pertama di album Vernom digarap oleh 3RACHA.

5. Hui - Pentagon

Leader Pentagon, Hui merupakan seorang penulis lagu yang jenius. Selain membuat lagu untuk grupnya, dia juga terlibat dalam produksi dan menulis lagu untuk idol Shinhwa dan Wanna One.

4 dari 4 halaman

6. Young K - Day6

Musisi serba bisa, Young K Day6 sangat aktif menciptakan lagu sekaligus menjadi produser lagu. Bahkan sebagian besar lagu dan lirik Day6 digarap oleh Kang Young Hyun, mulai dari Day6 debut hingga album terbarunya, "The Book of Us: Negentropy - Chaos Swallowed Up in Love." 

Tidak jarang, Young K membuat lagu untuk musisi lain. Pada tahun 2021, dia merilis album solonya dengan lagu dan musik yang digarapnya sendiri.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Idol kpol atau Idola Pop Kore adalah selebriti populer K-Pop, yang telah berlatih keras selama bertahun-tahun. Yang telah melewati berbagai

    Idol Kpop

  • Kependekan dari grup vokal Bangtan Boys asal Korea Selatan.
    Kependekan dari grup vokal Bangtan Boys asal Korea Selatan.

    BTS

  • SEVENTEEN atau sering disingkat SVT, adalah sebuah grup vokal pria asal Koera Selatan, yang dibentuk oleh Pledis Entertainment.

    Seventeen

  • Kpop adalah kepanjangan dari Korean Pop, yang merupakan jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan.

    kpop

  • Suga BTS

  • RM BTS