Sukses

Argentina Juara Piala Dunia 2022, Lionel Messi Dapat Pensiun dengan Tenang

Lionel Messi dapat pensiun dengan tenang usai Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Doha - Timnas Argentina berhasil keluar menjadi juara Piala Dunia 2022 usai melawan Prancis pada Senin dini hari WIB, 19 Desember 2022.

Pertandingan antara skuad La Albiceleste dengan Les Bleus berlangsung sengit dengan perolehan skor imbang 3-3. Yang kemudian dilanjutkan dengan adanya waktu tambahan serta babak adu penalti.

Gol untuk Argentina dicetak Lionel Messi pada menit 23 dan 108. Lalu Sang Kapten menyumbang satu assist yang diberikan kepada Angel Di Maria di menit ke-36.

Dalam babak adu penalti, Argentina berhasil unggul dengan skor 4-2 atas Prancis yang kembali dicetak Lionel Messi serta Paulo Dybala, Leandro Paredes, dan Gonzalo Montiel.

Usai berhasil mengalahkan Prancis dengan pertandingan yang sengit ini, tentunya para penggemar sepak bola kembali teringat akan rencana Sang Legenda Lionel Messi untuk pensiun usai berlaga di Piala Dunia 2022.

Dilansir dari AS.com pada Senin pagi, Messi, mengatakan,"Ini pasti akan menjadi Piala Dunia terakhir saya. Keputusan sudah diambil."

Lionel Messi tidak mengatakan bahwa dia akan pensiun sepenuhnya dari kompetisi internasional, tapi masuk akal untuk mempertimbangkan bahwa pengumuman pengunduran dirinya dari Piala Dunia berikutnya dapat menandakan akhir dari karier internasionalnya juga.

Tampaknya, laga Argentina vs Prancis yang berlangsung di Lusail Iconic Stadium, Qatar,  menjadi kado penutup terindah bagi Messi sebelum resmi pensiun.

Bagaimana tidak? Lionel Messi cs berhasil membawa tim nasionalnya keluar menjadi pemenang setelah terakhir keluar menjadi juara Piala Dunia pertama pada 1986.

Tak hanya itu, pertandingan final membawa Messi memenangkan Golden Ball Award usai penampilan apiknya dalam menumpas timnas Prancis yang digawangi Kylian Mbappe cs.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cetak Penampilan Terbanyak

Lionel Messi pertama kali unjuk gigi di Piala Dunia 2006. Piala Dunia 2022 menjadi hajatan antar negara yang kelima bagi sosok pria yang kini berumur 35 tahun tersebut.

Pertandingan final Argentina vs Prancis menjadi penampilan ke-26 bagi Messi di Piala Dunia, mengalahkan Lothar Matthaus sang legendaris asal Jerman.

Dengan Argentina keluar sebagai pemenang, Lionel Messi pun berhasil meraih trofi Piala Dunia pertamanya.

Di Piala Dunia 2022, Messi tercatat mencetak tujuh gol. Sedangkan skuad Argentina menjadi tim yang paling banyak mencetak gol dari penalti. Dan, lagi-lagi ada kontribusi Messi di dalamnya.

Yang dimulai sejak Argentina melawan Arab Saudi lalu saat berhadapan dengan Belanda, Kroasia, dan yang terakhir Prancis.

Tidak hanya itu, Lionel Messi pun merupakan pemain yang paling banyak mendapatkan penghargaan Man of The Match di Piala Dunia Qatar 2022

 

3 dari 4 halaman

Pemain Argentina Raih Penghargaan

Tak hanya sosok legendaris seperti Lionel Messi saja yang mendapatkan penghargaan Golden Ball Award, dua pemain lainnya termasuk penjaga gawang timnas Argentina pun memenangkan penghargaan usai pertandingan.

Dilansir dari Aljazeera, Emi Martinez berhasil menyabet kategori penjaga gawang terbaik di Piala Dunia 2022, sedangkan rekannya Enzo Fernandez (21) berhasil menorehkan prestasi dalam kategori pemain termuda Piala Dunia 2022.

4 dari 4 halaman

Bikin Bangga Suporter

Para suporter dari timnas Argentina terlihat senang sekaligus terharu usai mengetahui kemenangan negara tercinta mereka di final Piala Dunia 2022.

Dikutip dari laman Aljazeera, para suporter yang sedang nobar alias nonton bareng di jalanan Buenos Aires mengungkapkan kebahagiaan mereka sembari meramaikan jalanan di kawasan tersebut.

"Ini momen yang sangat emosional. Orang-orang saling mengungkapkan rasa bahagianya dan berpelukan satu sama lain," ujar seorang suporter wanita.

"Hari ini penuh tangisan haru dari para suporter. Ribuan orang fokus melihat layar televisi dan rela berkumpul bersama di pusat kota hanya untuk melihat pertandingan," dia menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.