Sukses

Presiden Prancis Emmanuel Macron Temui Kylian Mbappe dan Achraf Hakimi Usai Laga Semifinal Piala Dunia 2022

Presiden Prancis, Emmanuel Macron bertemu dengan Kylian Mbappe dan Achraf Hakimi usai pertandingan semifinal Piala Dunia 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Prancis, Emmanuel Macron, bertemu dengan Kylian Mbappe dan Achraf Hakimi usai pertandingan semifinal Piala Dunia 2022. Macron melakukan perjalanan ke Qatar untuk menghadiri pertandingan semifinal Maroko-Prancis pada Kamis (15/12/2022) dini hari. 

Pertandingan Maroko-Prancis selain jadi ajang memperebutkan tiket ke babak final Piala Dunia 2022 juga menjadi laga persahabatan. Pasalnya Achraf Hakimi dan Mbappe miliki ikatan persahabatan kuat selama mereka bermain untuk klub Paris Saint Germain. 

Meski begitu, persahabatan itu tidak akan menghalangi kedua pemain sepak bola untuk melakukan upaya luar biasa dalam membantu perjuangan tim mereka tembus ke final Piala Dunia 2022. 

Sayangnya, Singa Atlas takluk dengan skor 0-2 dari Prancis. Hal tersebut tak membuat kekecewaan para penggemar, perjuangan Timnas Maroko telah mencuri banyak perhatian dunia. 

Mengutip The Washington Post, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan ia sangat bangga bahwa, Prancis mencapai final Piala Dunia 2022 setelah ia melakukan perjalanan ke Qatar untuk menyaksikan kemenangan Les Bleus atas Maroko di semifinal pada hari itu. 

Macron duduk di samping presiden FIFA, Gianni Infantino, selama pertandingan di Stadion Al Bayt. Ia pun berdiri untuk bertepuk tangan setelah kemenangan 2-0. 

"Saya merasa sangat bangga dengan negara saya. Saya sangat senang. Saya ingin Prancis menikmati kebahagiaan sederhana ini," ungkap Macron

Pemimpin Prancis itu juga memberikan penghormatan kepada tim Maroko yang sangat hebat, semifinalis pertama Afrika di Piala Dunia.

"Para pemain Maroko telah bermain dengan sangat baik. Saya ingin memberi tahu masyarakat Maroko bahwa mereka memiliki tim yang hebat. Saya ingin memberi tahu mereka tentang persahabatan kita," tambahnya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan Kedua Negara

Terlepas dari rivalitas di pertandingan semifinal Piala Dunia 2022, secara historis, Maroko diperintah oleh Prancis dari 1912 sampai 1956. Pertandingan semifinal ini memiliki resonansi politik dan emosional bagi kedua negara tersebut, Prancis masih memiliki pengaruh ekonomi, politik, dan budaya yang cukup besar.

Macron mengatakan ia akan kembali ke Qatar pada Minggu (18/12) untuk menghadiri laga final di Stadion Lusail. Ia bahkan melewatkan pertemuan puncak para pemimpin Uni Eropa dan Asia Tenggara di Brussels untuk menghadiri pertandingan tersebut.

Selama perjalanannya ke negara Teluk, ia juga mengunjungi bazar di Doha, ibu kota Qatar. Macron berjalan melewati kerumunan orang di Souq Waqif mengenakan syal dengan warna bendera Qatar.

Kemudian, ia masuk ke dalam mobil di tengah keamanan yang ketat untuk perjalanan sejauh 50 kilometer dari Doha ke Al Khor untuk menyaksikan pertandingan.

3 dari 4 halaman

Mbappe Beri Semangat Hakimi

Raih kemenangan 2-0 atas Maroko, timnas Prancis melaju jauh ke babak final Piala Dunia 2022 Qatar. Laga penentu ini mempertemukan dua rekan seklub PSG, Kylian Mbappe dan Achraf Hakimi.

Bersahabat di PSG, Mbappe dan Hakimi harus membela kebangsaan mereka masing-masing pukul 02.00 WIB dini hari, Kamis 15 Desember 2022 di Stadium Al Bayt.

Memberikan performa terbaik untuk timnas, bukan berarti keduanya bertarung sengit untuk menjatuhkan satu sama lain.

Dikenal sebagai pemain kunci bagi timnas Prancis, Mbappe harus berlaga secara profesional, meski dihadapkan oleh Hakimi.

Di samping itu, Hakimi pun memiliki posisi penting dan menjadi andalan untuk Singa Atlas di Piala Dunia 2022.

Namun sayang, kini Hakimi Cs harus mengubur harapan memenangkan trofi Piala Dunia 2022, setelah dikalahkan oleh Les Blues.

Menanggapi peristiwa tersebut, Mbappe sebagai sahabat karib Hakimi memberikan dukungan dan semangat melalui cuitan di akun resmi Twitternya.

“Don’t be sad bro, everybody is proud of what you did, you made history ❤️,” tulis Mbappe di akun Twitternya @KMbappe.

Selengkapnya di sini...

4 dari 4 halaman

Bromance Hakimi-Mbappe, Saling Tukar Jersey Usai Prancis Kalahkan Maroko

Kylian Mbappe dan Achraf Hakimi saling bertukar jersey setelah Prancis membekuk Maroko saat semifinal Piala Dunia 2022 pada Kamis dini hari waktu Indonesia, 15 Desember 2022. Prancis unggul 2-0 atas Maroko di Stadion Al Bayt berkat keandalan Theo Hernandez dan pemain pengganti, Kolo Muani.

Sementara itu, dua pemain yang dikenal sebagai sohib sekaligus rekan setim Paris Saint-Germain (PSG), Mbappe dan Hakimi, saling berhadapan dalam pertarungan memperebutkan posisi final Piala Dunia 2022.

Mengutip ESPN pada Kamis (15/12), kedua pemain sayap dan bek sayap ini berbalas-balasan serangan di sepanjang pertandingan, saling berjuang untuk negara masing-masing.

Setelah pertarungan sengit, pada akhirnya Mbappe adalah pemenang dengan lariannya dan assist kepada Muani untuk mencetak gol hanya beberapa detik setelah Muani masuk. 

Ada pun sebelum merumput, Kylian Mbappe dan Achraf Hakimi sudah melakukan jabat tangan dan berpelukan di terowongan lapangan. Dan, setelah pertandingan usai, mereka tetap menunjukkan persahabatan yang penuh hormat dengan bertukar jersey masing-masing.

Adegan mengharukan kedua sahabat ini menyita sorotan publik, ketika Mbappe dan Hakimi mengenakan kaus yang telah mereka tukar dan membaliknya sehingga nama dan nomor punggung mereka berada di depan.

Selengkapnya di sini...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.