Sukses

17 Grup KPop yang Kehilangan Anggota Sepanjang di 2022

Tahun 2022 membuat sejumlah grup KPop harus tampil dengan formasi baru karena keluarnya anggota mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Keluarnya anggota sebuah grup Kpop bukan lagi hal yang baru. Namun, terkadang ada saja kejutan dari kejadian member yang meninggalkan grup yang sudah menaikkan namanya itu.

Baru-baru ini, jagat KPop dikejutkan dengan keluarnya anggota girl group NMIXX. JYP Entertainment selaku agensi mengumumkan Jinni hengkang dari grup serta agensi karena masalah pribadi.

Namun, itu bukan satu-satunya kabar mencengangkan datang dari grup yang kehilangan anggotanya. Sejumlah grup KPop lainnya juga harus rela membuat formasi baru usai ketidakhadiran anggota yang hengkang.

Berikut beberapa grup KPop yang kehilangan member-nya sepanjang tahun 2022, selain NMIXX, dilansir Koreaboo, Selasa (13/12/2022).

1. Secret Number

Secret Number adalah girl group yang pertama kehilangan anggota tahun ini ketika Denise meninggalkan grup pada Februari lalu. Kontraknya dengan Vine Entertainment telah berakhir, dan dia memutuskan untuk meninggalkan grup alih-alih memperbarui kontraknya itu.

2. Apink

Setelah 11 tahun bersama grup, Naeun memutuskan untuk meninggalkan Apink pada April tahun ini setelah dia mengakhiri kontraknya dengan IST Entertainment tahun lalu. Dia kemudian menandatangani kontrak baru dengan YG Entertainment sebagai aktris.

3. Bandage

Grup lain yang kehilangan anggota pada April lalu adalah Bandage. Hyeongbin, bassis dan maknae Bandage memutuskan untuk meninggalkan band setelah menyadari bahwa para anggota memiliki gagasan yang berbeda untuk jalan mereka ke depan dalam bermusik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

4. TO1

TO1 kehilangan beberapa anggota tahun ini, dimulai dengan kepergian Chihoon pada April menyusul pembatalan kontraknya dengan Wake One Entertainment.

Kemudian pada Juni, Minsu, Jerome, dan Woonggi juga meninggalkan TO1, meskipun alasan pasti mereka tidak diketahui, dan tiga anggota baru, yaitu Renta, Daigo, dan Yeojeong bergabung setelah kepergian mereka.

5. KINGDOM

Penggemar KINGDOM kecewa ketika mengetahui pada Mei bahwa Chiwoo akan meninggalkan grup karena "keadaan pribadi." Segera setelah itu, Hwon diumumkan akan bergabung dengan grup dan menjaga KINGDOM tetap beranggotakan tujuh orang.

6. OH MY GIRL

Kepergian anggota lainnya pada Mei terjadi ketika Jiho mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan OH MY GIRL.

Tampaknya dia ingin memfokuskan kembali kariernya setelah menghabiskan tujuh tahun dengan grup KPop, karena sejak itu dia telah menandatangani kontrak dengan P&Studio sebagai aktris.

3 dari 5 halaman

7. LE SSERAFIM

Bisa dibilang salah satu kejutan terbesar tahun ini adalah keluarnya Garam hanya beberapa bulan setelah LE SSERAFIM memulai debutnya pada Mei.

Dia secara resmi meninggalkan grup pada Juli setelah tuduhan bullying diajukan terhadapnya, dan rencana masa depannya saat ini masih belum diketahui.

8. BLACKSWAN

Pada Juli lalu menjadi bulan besar bagi para anggota yang meninggalkan grup KPop, dan mantan anggota BLACKSWAN, Judy dan Youngheun termasuk di antara mereka.

Mereka dikatakan "lulus" dari grup setelah keduanya memutuskan bahwa mereka ingin mengejar jalur yang berbeda di luar BLACKSWAN. Hal ini juga terjadi tidak lama setelah dua anggota baru, Sriya dan Gabi, bergabung dengan grup.

9. ICHILLIN’

Anggota lain yang meninggalkan grup mereka pada Juli adalah Sohee ketika dia meninggalkan ICHILLIN'. Sepertinya rencana masa depannya tidak sesuai dengan tujuan grup, jadi mereka memutuskan untuk berpisah secara damai.

4 dari 5 halaman

10. Weekly

Weeekly juga secara tiba-tiba dan mengejutkan kehilangan seorang anggota pada Juli ketika kepergian Jiyoon diumumkan.

Dia telah berjuang dengan kesehatan mentalnya selama beberapa waktu sebelumnya, dan diputuskan bahwa akan lebih baik baginya untuk fokus pada perawatan dan penyembuhan.

11. Fromis_9

Terakhir pada Juli, kepergian anggota lain yang tak terduga dari sebuah grup datang ketika Gyuri mengumumkan keputusannya untuk meninggalkan fromis_9. Kontraknya dengan label grup berakhir pada 31 Juli, dan dia memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak.

12. PIXY

Grup rookie PIXY mendapat pukulan keras pada Agustus, ketika diumumkan bahwa Ella dan Satbyeol akan meninggalkan grup. Keduanya telah hiatus karena alasan kesehatan pribadi, dan diputuskan bahwa yang terbaik bagi mereka berdua adalah fokus untuk menjadi lebih baik.

Segera setelah itu, anggota baru Rinji diperkenalkan untuk membuat PIXY menjadi grup beranggotakan lima orang.

13. PRECIOUS

Pada September, PRECIOUS kehilangan tiga anggota, yaitu Leeseo, Jihyo, dan Hanbyeol setelah mereka mengakhiri kontrak mereka dengan UMI Entertainment. Anggota yang tersisa, EunB dan Hanwoom, dikatakan akan melanjutkan PRECIOUS sebagai duo saat ini.

5 dari 5 halaman

14. VICTON

Awal Oktober lalu, penggemar VICTON tercengang mengetahui Heochan terlibat dalam insiden DUI. Untuk "tidak menyebabkan dampak lebih lanjut" pada teman satu grupnya, ia memutuskan untuk meninggalkan VICTON karena tindakannya.

15. LIGHTSUM

Akhir Oktober, Huiyeon dan Jian diumumkan meninggalkan LIGHTSUM. Alasan pastinya belum diketahui, namun label Cube Entertainment menyatakan bahwa mereka akan melakukan reorganisasi sebagai grup beranggotakan enam orang setelah "diskusi yang cermat."

16. TREASURE

Bulan November juga memberi kejutan dengan hengkangnya dua anggota TREASURE, Yedam dan Mashiho. Dengan demikian, TREASURE akan lanjut dengan 10 anggota saja ke depannya.

17. LOONA

Akhir November lalu, anggota girl group Kpop, Chuu didepak dari LOONA oleh agensinya, Blockberry Creative. Pihak agensi menyatakan LOONA akan lanjut dengan formasi 11 orang untuk ke depannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.