Sukses

Gemasnya Jan Ethes Cucu Jokowi Temani Kaesang Pangarep di Prosesi Siraman

Liputan6.com, Jakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep melakukan prosesi siraman pada Jumat (9/12/2022), menjelang pernikahan dengan Erina Gudono esok hari. Saat prosesi tersebut, nampak cucu Jokowi, Jan Ethes Srinarendra yang juga turut mendampingi pamannya.

Jan Ethes terlihat berdiri di samping Jokowi yang sedang melakukan prosesi siraman tersebut. Sesekali putra sulung Gibran Rakabuming Raka itu berdiri di belakang Kaesang saat sang paman dibasahi dengan air siraman. 

Anak kelahiran 10 Maret 2016 ini juga nampak serius memperhatikan prosesi siraman Kaesang. Tidak hanya Jan Ethes, sang adik La Lembah Manah juga ikut hadir di kediaman Jokowi di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Kedua keponakan Kaesang itu mengenakan sarimbit atau seragam keluarga. Jan Ethes memakai beskap berwarna pink fuschia dan dilengkapi dengan kain batik serta blangkon.

Sedangkan, La Lembah Manah terlihat menggemaskan dengan kebaya kutu baru, serupa dengan yang dipakai oleh sang ibu dan nenek, Selvi Ananda dan Iriana Jokowi.

Diketahui, Jan Ethes serta anak dari Kahiyang Ayu, Sedah Mirah Nasution akan membawa cincin pernikahan pasangan Kaesang dan Erina Gudono.

Hal itu diungkapkan oleh pemilik Wedding Organizer Pengantin Production Wigung Wratsangka. Dia membenarkan bahwa Jan Ethes dan Sedah Mirah akan membantu di acara pernikahan Kaesang sebagai pembawa cincin.

"Iya Jan Ethes dan adik Sedah Mirah (akan menjadi pembawa cincin pernikahan Kaesang-Erina)," kata Wigung, dikutip dari kanal Lifestyle Liputan6.com, Jumat (9/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Alasan Terpilihnya Jan Ethes dan Sedah Mirah

Wigung mengungkapkan, alasan Jan Ethes dan Sedah Mirah ditunjuk untuk membawa cincin itu karena keduanya merupakan anak-anak.

Kedua keponakan Kaesang itu juga dirasa sudah cukup umur sebagai pembawa cincin nikah. Penunjukkan mereka juga dimungkinkan akan mengundang gelak tawa karena tingkah lucu dua cucu Presiden Jokowi itu. 

"Ya, lucu dan tidak mencuri fokus. Karena, kalau yang bawa gede, kan pengantinnya tidak tampak. Mereka (Jan Ethes dan Sedah Mirah) masih anak-anak jadi dianggap lebih suci, tanpa dosa," jelas Wigung.

3 dari 4 halaman

Akan Mengenakan Busana Adat Solo

Wigung juga memberitahukan soal kostum cucu Jokowi. Saat prosesi penyerahan cincin, Jan Ethes dan Sedah Mirah direncanakan menggunakan busana adat Solo.

Sedangkan, Jokowi saat prosesi panggih pengantin akan menggunakan surjan. Surjan merupakan busana atas resmi adat Jawa untuk pria dan penggunaannya terbatas untuk wilayah Surakarta dan Yogyakarta.

Baca juga: Sibuk Ikuti Prosesi Pernikahan Kaesang-Erina, Bagaimana Tugas Kenegaraan Presiden Jokowi?

4 dari 4 halaman

Permintaan Maaf Jokowi

Melalui cuitan di Twitter, Jokowi memohon doa restu dan meminta maaf kepada masyarakat khususnya yang berada di sekitar kediamannya.

"Dari kediaman kami di Kota Surakarta, hari ini, kami mengantar Kaesang Pangarep untuk menjalani rangkaian prosesi pernikahan dengan Erina Gudono. Kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya dapat berjalan dengan baik," tulis Jokowi di akun @jokowi, Jumat (9/12/2022).

"Kami juga memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam pelaksanaan rangkaian pernikahan Kaesang dan Erina ini mengganggu kenyamanan masyarakat, khususnya masyarakat Yogyakarta dan Kota Surakarta," dia menambahkan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS