Sukses

Sibuk Ikuti Prosesi Pernikahan Kaesang-Erina, Bagaimana Tugas Kenegaraan Presiden Jokowi?

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono akan segera dilaksanakan, tepatnya pada Sabtu 10 Desember 2022. Saat ini, ramai dibicarakan rangkaian prosesi menjelang pernikahan dengan unsur adat Jawa, mulai dari pengajian, sungkeman, dan siraman.

Dari banyaknya foto dan video dari prosesi menjelang pernikahan ini, terlihat Presiden Joko Widodo juga ikut sibuk. Pertanyaan pun muncul di banyak benak masyarakat, bila Pak Jokowi saat ini sedang disibukkan dengan pernikahan Kaesang, bagaimana dengan tugas negara?

Seperti mencoba menjawab pertanyaan masyarakat, Pak Jokowi mengunggah foto spesial dirinya di sela-sela rangkaian prosesi pernikahan anak bungsunya itu. Foto yang diunggah melalui Instagram resmi @jokowi ini memperlihatkan Jokowi sedang mengurus dokumen-dokumen negara.

Masih lengkap memakai beskap Jawa berwarna pink fucshia-nya, Jokowi terlihat sedang duduk di meja sambil memegang sebuah pulpen. Di meja itu, terdapat lembaran kertas dokumen-dokumen yang terlihat sangat penting.

"Sebelum Jumatan di sela rangkaian prosesi pernikahan Kaesang, pekerjaan dan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda. Setumpuk dokumen di depan saya ini tetap harus diselesaikan," tulis Jokowi melalui keterangan unggahan Instagram-nya itu, Jumat (9/12/2022).

Melihat unggahan foto Jokowi ini, banyak warganet yang memberikan pujian. Mereka merasa bangga orang nomor satu di Indonesia ini masih bisa mengurus berbagai pekerjaan dan tugas administrasi kenegaraan di tengah persiapan pernikahan Kaesang dan Erina Gudono

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Resons Masyarakat

"Menyeimbangkan tugas negara dan tugas sebagai ayah 👏🏻 sehat selalu pak de," tulis seorang warganet sambil memberikan semangat.

"Hebat masih (bisa) kerja pakde, padahal harus dibaca dulu apa yang di ttd (tanda tangani), masih sempat meluangkan waktu. 👏🏻," tulis warganet lain. Sama seperti sebelumnya, warganet ini juga mengapresiasi Pak Jokowi.

"Tetap mikirin rakyat Indonesia hebat," tulis warganet lainnya lagi.

Selain dukungan dan pujian, banyak juga warganet yang fokus ke beskap pink yang dipakai Pak Jokowi.

"Segerr banget Beskap nya pakkk," tulis salah satu warganet.

"Baru kali ini liat presiden pake pink fushia, gemoy pak 😊👍🏻 semoga lancar acara pernikahannya," tulis warganet lain.

 

3 dari 4 halaman

Minta Maaf

Sebelumnya kepada awak media, Jokowi sempat memberikan permintaan maaf. Permintaan maafnya ini disampaikan secara terbuka khusus kepada masyarakat Solo dan Yogyakarta, tempat penyelenggaraan acara pernikahan anaknya nanti.

Bukan tanpa alasan. Presiden Jokowi merasa tidak enak bila nanti saat pernikahan anaknya diselenggarakan, acara itu akan mengganggu aktivitas warga setempat. Permintaan maaf ini Jokowi sampaikan tidak sekali saja, tapi berulang-ulang kali. 

“Saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat baik yang di Yogya maupun yang di Solo, atas pernikahan Kaesang dan Erina apabila nantinya di dalam acara tersebut mengganggu,” ucap Presiden Jokowi di Ndalem Wiryoningratan Solo, Minggu (4/12/2022).

4 dari 4 halaman

11.800 Personel TNI dan Polri

Sejauh ini, diberitakan akan ada banyak pihak keamanan yang diserahkan untuk menjaga pernikahan Kaesang-Erina. Angka yang dikerahkan pun bukan main-main, sampai ribuan personil.

Banyaknya personil yang dilibatkan ini tentunya bertujuan untuk mengamankan rangkaian prosesi pernikahan dari pengajian hingga syukuran di Puro Mangkunegaran Solo. 

“Total yang kita libatkan untuk TNI, 9.600. Tapi total dengan Polri yang di bawah Kogab Terpadu tamu VVIP itu total ada 11.800 personel,” ucap Jenderal TNI Andika Perkasa dilansir kanal YouTube Berita Surakarta, Jumat (9/12/2022).

“Dari Kostrad kita hadirkan, dari unsur Angkatan Udara dan Laut kita hadirkan juga. Intinya kita buat organisasi yang bisa melakukan tugas pengamanan dengan segala macam antisipasinya," katanya. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS