Sukses

Mulai Masuk Musim Libur, Yuk Coba Buat 4 Cemilan yang Dibuat dari Stroberi!

Liputan6.com, Jakarta - Tidak terasa kita sudah mulai mendekati penghujung tahun dan itu tandanya musim liburan pun tiba. Namun tidak afdal rasanya jika liburan tak ada cemilan di rumah.

Salah satu alternatif, kamu dapat membuat cemilan untuk teman libur di rumah dari bahan stroberi loh. Namun sayangnya, tidak banyak yang suka stroberi karena rasanya yang asam.

Tapi siapa sangka buah stroberi memiliki banyak nutrisi dan manfaat untuk tubuh loh. Melansir Nourish by WebMD, Kamis (8/12/2022), stroberi secara alami memberikan vitamin, serat, dan antioksidan tingkat tinggi atau dikenal sebagai polifenol yang bagus untuk tubuh.

Stroberi tidak megandung natrium, lemak, atau kolesterol. Buah stroberi termasuk di antara 20 buah teratas dalam kapasitas antioksidan dan merupakan sumber mangan dan potasium yang baik. 

Melansir Style Crazemanfaat stroberi yaitu:

  1. Dapat mendukung kesehatan jantung
  2. Dapat mengatur gula darah
  3. Mencegah kanker
  4. Bantu menjaga berat badan
  5. Meningkatkan kekebalan tubuh
  6. Mengatur tekanan darah
  7. Meningkatkan kesehatan otak
  8. Melawan peradangan
  9. Melawan kolestrol
  10. Meningkatkan kesehatan penglihatan
  11. Mendukung kesehatan kandungan
  12. Menjaga kesehatan gigi
  13. Memiliki sifat anti penuaan
  14. Meningkatkan kesehatan kulit

Nah, berikut 4 resep cemilan dari stroberi yang mudah dibuat sebagai teman liburan, melansir The Pioneer Woman:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Muffin Stroberi

Bahan:

Semprotan masak antilengket

2 1/2 cup tepung serbaguna

1 cup gula pasir

2 sdt. bubuk pengembang

1/2 sdt. bubuk soda kue

1/2 sdt. garam

3/4 cup lelehkan mentega tawar, dinginkan

2 telur besar, suhu kamar

1/2 cup yogurt tawar, suhu kamar

2 sdt ekstrak vanili

2 cup stroberi cincang, dibagi

1 sdm gula

 

Cara Membuat:

1. Panaskan lebih dulu oven letakkan kertas muffin dan semprotkan memasak antilengket.

2. Aduk tepung, gula, baking powder, baking soda, dan garam dalam mangkuk besar lalu sisihkan.

3. Kocok mentega cair, telur, yogurt, dan vanila dalam mangkuk sedang. 

4. Tambahkan bahan basah ke bahan kering; aduk sampai tercampur rata. Campur dalam 1 1/2 cangkir stroberi. (Adonan akan menjadi kental)

5. Dengan menggunakan sendok berukuran 2 1/4 inci, masukkan satu sendok adonan rata ke dalam setiap cangkir muffin yang dilapisi antilengket. Letakkan potongan stroberi, jika diinginkan.

6. Panggang sampai bagian atasnya berwarna cokelat keemasan.

3 dari 5 halaman

2. Pie Stroberi

Bahan:

1 kulit pie yang didinginkan 

1 1/2 cup stroberi segar, batangnya dibuang, dibelah dua

3/4 cup gula pasir

1 sdt. ekstrak vanili

3 sdm. tepung jagung 

Krim kocok, untuk disajikan

 

Cara Membuat:

1. Panggang satu kulit pie yang didinginkan, biarkan dingin sepenuhnya.

2. Untuk isian stroberi: hancurkan 1 ½ cangkir stroberi dengan garpu dan kombinasikan dengan gula, vanila, dan ¼ cangkir air dalam panci sedang di atas api sedang. Didihkan, aduk dan tumbuk sesering mungkin, dan masak sampai buah mulai melunak dan lebih hancur, sekitar 5 menit. 

3. Dalam mangkuk kecil, kocok tepung maizena dan ½ gelas air. Aduk campuran tepung maizena ke dalam campuran stroberi yang mendidih dan didihkan kembali dengan api sedang-tinggi. Kecilkan api sampai sedang-rendah dan didihkan sampai mengental, sekitar 3 menit, sering diaduk. Angkat dari api dan lipat sisa stroberi segar. Segera pindahkan campuran stroberi ke piecrust.

4. Biarkan agak dingin, sekitar 15 menit, lalu masukkan ke dalam lemari es hingga benar-benar dingin, sekitar 4 jam. 

4 dari 5 halaman

3. Stroberi Lapis Cokelat

Bahan:

1/2 kg stroberi

1 cup milk chocolate chips, dibagi

1 cup coklat putih, dibagi

Taburan, pistachio cincang, kelapa panggang, dan stroberi kering beku, untuk taburan

 

Cara Membuat:

1. Bilas stroberi dan tepuk-tepuk sampai benar-benar kering. Lapisi loyang dengan kertas roti, sisihkan.

2 Tempatkan 3/4 cangkir cokelat cohoco chips  dan 3/4 cangkir cokelat putih dalam dua mangkuk kecil yang aman untuk microwave. 

3. Microwave setiap mangkuk dalam interval 30 detik, aduk di antara setiap interval, sampai sebagian besar cokelatnya meleleh, total 90 detik. Tambahkan sisa 1/4 cangkir semi-manis dan 1/4 cangkir keping cokelat putih ke mangkuk masing-masing; aduk hingga rata. (Microwave tambahan 15 hingga 30 detik, jika perlu).

4. Untuk mencelupkan stroberi, tusukkan tusuk gigi di ujung batang salah satu buah beri, lalu celupkan ke dalam cokelat yang diinginkan, putar hingga melapisi semua bagian stroberi. Pindahkan buah beri yang sudah dicelupkan ke nampan lembaran berlapis. Ulangi dengan buah beri yang tersisa.

5. Lakukan dengan cepat sebelum lapisan cokelat mengeras, taburi beri dengan taburan seperti taburan, pistachio cincang, kelapa panggang, atau stroberi kering beku, sesuka Anda. 

6. Dinginkan selama 10 menit untuk membantu cokelat mengeras, jika perlu. Jika diinginkan, microwave cokelat yang tersisa di mangkuk selama 30 detik.

5 dari 5 halaman

4. Cheese Cake Stroberi

Bahan:

UNTUK PINGGIRAN

Semprotan masak antilengket

2 1/4 cup remah biskuit

1 batang mentega asin, lelehkan (1/2 cangkir)

2 sdm. gula pasir

 

UNTUK ISIAN

4 Keju krim pada suhu kamar

8 ons. krim asam, suhu kamar

1 1/4 cup gula pasir

2 sdm. tepung serbaguna

1/2 sdt. garam

4 telur besar, suhu kamar

1 kuning telur besar, suhu kamar

1 sdm. pasta atau ekstrak vanilla

 

UNTUK TOPPING

1/2 kg stroberi, bertangkai dan dipotong-potong

1/3 cup gula pasir

1 sdm. perasan lemon

1/4 sdt. garam

 

Cara Membuat:

1. Untuk pinggiran: Panaskan oven sampai 150°. Bungkus foil di sekitar bagian bawah dan samping loyang springform berukuran 9 inci. Semprotkan sedikit bagian dalam wajan dengan semprotan memasak antilengket.

2. Dalam mangkuk sedang, aduk remah biskuit graham, mentega, dan gula. Tekan ke bawah dan 1 inci ke atas sisi loyang springform. Panggang hingga berwarna cokelat keemasan, 10 hingga 14 menit. Dinginkan sepenuhnya di rak kawat, sekitar 30 menit.

3. Untuk isian: Dalam mangkuk mixer listrik yang dilengkapi dengan paddle attachment, kocok keju krim dengan kecepatan sedang hingga tidak ada gumpalan yang tersisa, sekitar 2 menit. Dengan mixer pada kecepatan sedang, tambahkan krim asam, gula, tepung dan garam secara bertahap, kocok hingga adonan halus dan lembut, sekitar 1 menit. Gosok sisi dan dasar mangkuk sesuai kebutuhan.

4. Kurangi kecepatan mixer menjadi rendah dan tambahkan telur dan kuning telur, satu per satu, hingga tercampur rata setelah setiap penambahan. Lanjutkan mengikis sisi dan dasar mangkuk sesuai kebutuhan. Masukkan pasta vanilla.

5. Tuang isian ke dalam wajan dan masukkan ke dalam wajan pemanggang besar. Tempatkan wajan ke dalam oven dan tuangkan air panas dengan cepat ke dalam wajan pemanggang sehingga naik sekitar setengah dari loyang springform yang terbungkus foil.

6. Panggang selama 1 jam 10 menit hingga 1 jam 20 menit atau sampai kue keju diletakkan di samping dan sedikit bergoyang di tengah saat wajan dikocok. Matikan oven dan buka pintu oven. Biarkan cheesecake dalam oven selama 15 menit.

7. Keluarkan cheesecake dari penangas air dan pindahkan ke rak kawat. Biarkan cheesecake terus mendingin hingga suhu kamar, sekitar 2 jam. Tempatkan di lemari es selama minimal 8 jam untuk benar-benar dingin.

8. Untuk topping: Dalam panci sedang, campurkan 1 pon stroberi, gula, jus lemon, dan garam di atas api sedang. Masak sambil diaduk sampai stroberi pecah dan saus mengental, sekitar 20 menit. Hapus dari panas. Aduk sisa 1/2 lb. stroberi dan dinginkan hingga suhu kamar, sekitar 1 jam.

9. Untuk menyajikan: Jalankan pisau tipis di sepanjang tepi wajan sebelum melepaskan sisi-sisinya dari wajan. Lapisi kue keju dengan campuran stroberi sesaat sebelum disajikan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS