Sukses

10 Potret Memesona Bidikan Teleskop James Webb, dari Neptunus hingga Nebula

Berikut adalah gambar indah hasil bidikan teleskop James Webb yang baru dirilis NASA di tahun 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Dengan diluncurkannya James Webb Space Telescope (JWST) atau teleskop James Webb, 2022 merupakan tahun yang menakjubkan bagi astronomi dan astrofotografi. Sejak diumumkan, baik komunitas ilmiah maupun publik antusias dengan kemungkinan-kemungkinan baru dalam eksplorasi ruang angkasa yang akan datang dengan teleskop baru ini.

Hasilnya, teleskop antariksa ini mampu melampaui ekspektasi dan memberi kita beberapa gambar luar biasa dari planet sekitar dan galaksi yang jauh.

Hasil bidikan teleskop James Webb ini memberi pandangan jelas mengenai keindahan visual, bentuk, dan aktivitas di luar batas atmosfer. Gambar-gambar yang ditangkap teleskop ini meliputi kluster galaksi hingga aurora di Jupiter yang diambil dengan kamera infrared dekat (NIRCam). 

Foto-foto yang diambil oleh JWST dianggap mengubah apa yang diketahui manusia mengenai ruang angkasa sekaligus membuat kita jatuh cinta saking memesonanya. 

James Webb adalah penerus teleskop Hubble yang diluncurkan pada 1990. Keduanya dirancang untuk mengamati petak spektrum elektromagnetik yang berbeda. Itu artinya, masing-masing bidikan memberikan informasi berharga tentang fenomena langit dengan cara yang unik.

Jika dibandingkan, ukuran teleskop James Webb lebih besar dan lebih sensitif daripada Hubble. Arena cerminnya lima kali lebih besar dari pendahulunya. Hal ini memungkinkan teleskop ini menangkap cahaya yang lebih redup dari objek yang lebih jauh.

Baik teleskop James Webb maupun Hubble merupakan alat berharga yang dapat memberikan informasi berbeda kepada para astronom. Jika diibaratkan, keduanya seperti halnya sinar-X dan MRI yang mengungkapkan detail berbeda tentang tubuh seseorang.

Para ilmuwan dapat memperoleh segala macam informasi dari cahaya yang diambil oleh teleskop James Webb, seperti elemen mana yang terdiri dari objek yang diamati atau seberapa panasnya. Teleskop ini menggunakan berbagai filter untuk mengambil rentang panjang gelombang infrared.

Sebagai pengingat betapa menakjubkannya tahun 2022 bagi para fotografer dan pecinta ruang angkasa, mengutip NASA, berikut beberapa astrofotografi terbaik tahun ini, hasil bidikan 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Pillars of Creation

3 dari 11 halaman

2. Tarantula Nebula

4 dari 11 halaman

3. Spiral Galaxy NGC 628

5 dari 11 halaman

4. Butterfly Nebula

6 dari 11 halaman

5. Aurora Jupiter

7 dari 11 halaman

6. Neptunus (Gambar Terjernih yang Tertangkap Teleskop)

8 dari 11 halaman

7. Tangkapan Pertama Teleskop James Webb

9 dari 11 halaman

8. Cartwheel Galaxy

10 dari 11 halaman

9. Cincin Persegi

11 dari 11 halaman

10. Permukaan Matahari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.