Sukses

Profil Yassine Bounou, Pahlawan Maroko yang Berhasil Pulangkan Spanyol di Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Yassine Bounou menjadi perbincangan karena menjadi pahlawan kemenangan Maroko atas Spanyol di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Bounou menepis tiga tendangan lawan di babak adu penalti.

Bermain di Education City Stadium, Maroko tampil tangguh untuk merebut tiket perempat final dari Spanyol. Dilansir dari Thenationalnews, Rabu (7/12/2022), Hakim Ziyech dan kawan-kawan menang dramatis di babak adu penalti.

Sesuai prediksi, Maroko tampil tangguh untuk membuat Spanyol kesulitan. Bahkan 45 menit pertama Maroko tampak lebih berbahaya daripada La Roja.

Spanyol bangkit di babak kedua, tapi tidak ada gol hingga 90 menit berakhir. Laga bahkan masih terkunci tanpa gol hingga 120 menit berlalu.

Lanjut ke babak adu penalti, Yassine Bounou kiper Maroko tampil luar biasa dengan menepis tiga penalti lawan. Maroko menang telak 3-0 dan berhak melaju ke babak perempat final.

Bono menjadi pahlawan kemenangan Timnas Maroko karena berhasil menepis tendangan dua algojo penalti Spanyol, yakni Carlos Soler dan Sergio Busquets.

Penampilan Bono sangat solid karena dia juga sukses membaca arah tendangan penalti Pablo Sarabia yang membentur tiang kiri gawang Maroko.

Timnas Maroko pada akhirnya keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 3-0. Satu-satunya eksekutor penalti Timnas Maroko yang gagal menunaikan tugasnya adalah Badr Benoun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengukir Sejarah

Adapun penampilan gemilang saat adu penalti laga Maroko vs Spanyol mengantar Bono mengukir sejarah Piala Dunia.

Dikutip dari Sofa Score, Bono kini tercatat sebagai kiper asal Afrika pertama dan satu-satunya yang mampu menepis dua tendangan dalam satu laga adu penalti Piala Dunia.

Seusai laga, Bono yang dinobatkan sebagai pemain terbaik atau man of the match pertandingan Maroko vs Spanyol mengaku bangga dengan pencapaian negaranya.

"Saya sangat bahagia untuk Timnas Maroko. Kami bermain sangat luar biasa sepanjang pertandingan. Penampilan Timnas Maroko secara keseluruhan sangat bagus," kata Bono dikutip dari FIFA. "Ini hasil yang luar biasa untuk semua pemain," ujar kiper milik Sevilla itu menambahkan.

3 dari 4 halaman

Profil Kiper Maroko, Yassine Bounou

Nama: Yassine Bounou

Usia: 31 tahun

Kelahiran: Montreal, Kanada

Karier internasional: 48 penampilan

Klub saat ini: Sevilla Riwayat klub: Atletico Madrid B > Real Zaragoza > Atletico Madrid > Girona > Sevilla

Yassine Bounou, dikenal dengan panggilan Bono, adalah pesepak bola profesional asal Maroko yang saat ini bermain untuk klub Sevilla dan Timnas Maroko.

Bono menghabiskan hampir sepanjang kariernya di Spanyol. Dia sudah menempuh lebih dari 100 penampilan di La Liga Spanyol untuk Girona dan Sevilla.

Dilirik MU

Awal tahun 2022, Daily Mirror mengklaim bahwa Manchester United tengah menjajaki kemungkinan memboyong kiper andalan Sevilla, Yassine Bounou.

Manchester United kabarnya sudah mengamati Bounou dalam beberapa bulan terakhir dan akan terus mengikuti perkembangan situasi kiper asal Maroko tersebut di Sevilla.

Bounou kabarnya memiliki klausul rilis dalam kontraknya bersama Sevilla. Tawaran senilai 25 juta poundsterling disebut akan bisa mengaktifkan klausul tersebut.

4 dari 4 halaman

Tidak Bermain Saat Lawan Belgia

Yassine Bounou mendadak tidak tampil jelang kick-off pertandingan Maroko menghadapi Belgia di Grup F Piala Dunia 2022, Minggu (27/11/2022) malam WIB. Kiper yang tengah bermain bersama Sevilla ini kemudian diganti oleh kiper cadangan tim berjuluk Singa Atlas, Munir El Kajoui.

Bounou sebelumnya dipastikan mengawal gawang Maroko dan terlihat berbaris dengan rekan satu timnya untuk menyanyikan lagu kebangsaan. Namun setelah itu, pemain berusia 31 tahun itu terlihat dalam diskusi panjang dengan wasit Cesar Ramos dari Meksiko. Kemudian, ofisial tim Singa Atlas menggantinya dengan Munir El Kajoui.

Seusai menyanyikan lagu kebangsaan Yassine Bounou terlihat menunduk serta memegangi lututnya. Belum diketahui secara pasti penyebab 'hilangnya' seorang Bounou di pertandingan tersebut

Bahkan, akun Twitter ofisial Timnas Maroko hanya mengatakan: "Munir El Kajoui menggantikan Yassine Bounou untuk pertandingan melawan Belgia malam ini."

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS