Sukses

5 Pesepak Bola Termuda dalam Sejarah Piala Dunia, Ada Whiteside hingga Pele

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia merupakan ajang turnamen dambaan semua pemain sepak bola profesional, tak heran jika pesepak bola muda hingga veteran ingin tampil di ajang tersebut.

Banyak tim yang sulit untuk tampil di Piala Dunia. Namun, beberapa mampu melampaui momen tersebut bahkan di usianya yang sangat masih muda. Seperti yang sedang ramai dibincangkan, Kylian Mbappe melangkahi jejak Pele untuk gol Piala Dunia 2022 terbanyak yang dicetak oleh pemain pria sebelum menginjak usia 24 tahun.

Meski usianya masih tergolong muda, mereka mampu mendapat kepercayaan dari negaranya. Mereka juga mampu menghadapi lawan yang jauh usianya di atas mereka. Melansir The Analyst, Senin (5/12/2022), berikut pemain termuda yang debut di Piala Dunia:

1. Norman Whiteside

Di urutan pertama ada Norman Whiteside yang berlaga di Piala Dunia 1982 di usianya 17 tahun. Eks pemain Manchester United ini jadi pesepak bola termuda yang pernah bermain di kala itu.

Pada debutnya di Piala Dunia 1982, timnya melawan Yugoslavia. Tim Irlandia Utara bahkan mampu perempat final. Sayangnya Whiteside hanya tampil dalam dua pertandingan senior untuk Setan Merah dan menjadi pencetak gol termuda sepanjang masa klub pada musim 1981 dan 1982.

Dalam waktu sepuluh tahun setelah debutnya di Piala Dunia, Whiteside terpaksa pensiun dari sepak bola karena cedera lutut yang mengganggu karirnya saat ia menjadi pemain Everton di usia 26 tahun. Ia mengakhiri kariernya dengan 39 pertandingan untuk Irlandia Utara serta mencetak sembilan gol.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Samuel Eto'o

Setelah 16 tahun Whiteside debut di Piala Dunia 1982, berikutnya ada remaja asal Kamerun, Samuel Eto'o yang juga memperoleh prestasi serupa. Ia mampu berlaga di Piala Dunia di usia 17 tahun.

Meskipun Samuel Eto'o membuat debutnya di Piala Dunia 1998 dalam kekalahan 3-0 untuk Kamerun melawan Italia, tetapi ia menjadi salah satu pemain termuda dalam sejarah Piala Dunia saat itu dan hanya tampil selama 24 menit. Seiring berjalannya waktu ia menjelma menjadi bintang bagi Kamerun dengan 116 pertandingan dan 56 gol, menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa Kamerun.

3 dari 5 halaman

3. Femi Opabunmi

Seletah Eto'o, Femi Opabunmi adalah pesepak bola dari Benua Afrika berikutnya yang debut pada Piala Dunia 2002. Nigeria tampil mengecewakan pada Piala Dunia 2002 dengan dua kekalahan dari Argentina dan Swedia yang menyingkirkan mereka dari persaingan.

Namun, saat laga ketiga melawan Inggris, Nigeria menciptakan sejarah. Mereka memainkan seorang pemain yang masih berusia 17 tahun, Opabunmi dengan hasil imbang 0-0.

Kemampuan Opabunmi ini menjadikan banyak klub besar mengincarnya. Sayangnya dalam jangka empat tahun, ia terpaksa pensiun dari sepak bola karena masalah mata glaukoma dan membuatnya buta di satu mata. 

4 dari 5 halaman

4. Salomon Olembé

Masih dari Benua Afrika, berikutnya ada Salomon Olembé yang tampil jadi pemain termuda Kamerun di Piala Dunia 1998. Ia menjadi pemain termuda Timnas Kamerun saat debut pada laga uji coba melawan Inggris di Wembley. Saat itu usianya baru 16 tahun.

Kemampuannya makin berkembang hingga Piala Dunia 1998 berlangsung saat melawan Austria. Namun, ini adalah satu-satunya penampilan di putaran final Piala Dunia dalam kariernya. 

5 dari 5 halaman

5. Pelé

Pria bernama lengkap Edson Arantes do Nascimento atau akrab disapa Pele melakukan debutnya di ajang Piala Dunia 1958 saat berumur 17 tahun. Di usianya yang masih sangat muda, ia mencetak sejarah dengan meraih gelar Piala Dunia pertama untuk Brasil.

Pele melakukan debutnya saat laga Brasil melawan Uni Soviet pada babak penyisihan grup dan memberikan satu assist. Ia kemudian menjadi pencetak gol termuda dalam sejarah Piala Dunia saat perempatfinal dan membawa Brasil menang 1-0 atas Wales.

Pada semifinal, Pele bahkan mencetak hattrick saat menghadapi Prancis. Di final, Pale berhasil menaklukan Swedia dengan dua gol Pele hingga Brasil meraih gelar pertama Piala Dunia dengan skor 5-2.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS