Sukses

Mencukur Bulu Wajah pada Wanita, Apakah Berbahaya?

Liputan6.com, Jakarta Ada begitu banyak cara yang umumnya dilakukan wanita dalam merawat kulit agar tetap flawless. Salah satunya adalah mencukur bulu wajah. Hal tersebut sampai saat ini masih populer, walaupun menimbulkan banyak pro dan kontra dari banyak individu.

Dilansir dari Healthshots, pada Jumat (2/12/2022), secara historis, wanita selalu diwaspadai untuk menghindari mencukur wajah dan bagian tubuh lainnya. Tak heran, sampai saat ini banyak teknik penghilang rambut yang canggih.

Alasannya mungkin karena mereka percaya bahwa mencukur meningkatkan risiko luka dan infeksi, menyebabkan kemerahan dan pigmentasi, serta membuat rambut tumbuh lebih gelap dan lebih tebal dibandingkan dengan waxing, threading, dan bentuk penghilangan bulu lainnya.

Pasalnya, mencukur sebenarnya adalah cara yang bagus dan nyaman untuk menghilangkan bulu wajah yang tidak diinginkan. Selain bisa menghilangkan bulu di wajah, mencukur juga dapat digunakan sebagai physical exfoliator untuk mengangkat sel kulit mati. Ini bisa menjadi pernyataan “pro” untuk beberapa kalangan, namun bisa jadi “kontra” juga untuk yang lain.

Mengapa demikian? Karena setiap orang memiliki kesensitifan kulit yang berbeda. Jika kalian memiliki kondisi, seperti eksim, psoriasis, atau jerawat, kegiatan mencukur dapat memperparah iritasi kulit hingga menyebabkan infeksi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

4 Manfaat Mencukur Bulu Wajah untuk Wanita

Terlepas dari boleh atau tidaknya mencukur bulu wajah, sebenarnya ada beberapa manfaat juga yang bisa diambil, dilansir dari Bebeautiful. Berikut manfaatnya:

1. Kulit lebih halus

Meskipun pengelupasan dilakukan secara teratur, kulit kita masih cenderung menyimpan sejumlah kotoran, sel kulit mati, bahkan sisa makeup. Ini bisa membuat kulit terasa kasar dan bertekstur saat disentuh. Tetapi, dengan mencukur dapat membantu menghilangkan kotoran ini, yang mana membuat kulit tampak lebih halus dan lembut secara instan. Dipercaya hal ini juga mempercepat pembaruan sel untuk menjaga kulit terlihat lembut dan bercahaya.

2. Eksfoliator fisik

Sel-sel kulit mati, ditambah dengan paparan kotoran lingkungan, seperti polusi, debu, bakteri, dan lain sebagainya, dapat membentuk lapisan pada kulit kita yang sulit dihilangkan meskipun sudah menggunakan exfoliator dan scrub secara teratur.

Pada akhirnya membuat kulit tampak kusam dan tidak bernyawa. Tetapi, dengan mencukur dapat membantu menghilangkan lapisan kotoran ini dan membuat kulit tampak lebih flawless.

3 dari 4 halaman

3. Meningkatkan Hasil Makeup

Mungkin kalian pernah merasakan hasil makeup terlihat cakey dan bertekstur meskipun sudah memadukannya dengan benar. Pasalnya, mencukur wajah mungkin bisa membantu mengatasi hal ini. Sifat pengelupasan yang lembut dari pencukuran wajah dapat menghilangkan minyak berlebih, komedo, dan kotoran lainnya bersama dengan bulu wajah. Hal ini secara otomatis dapat membantu makeup lebih halus dan sempurna, bahkan membuatnya terlihat sangat menyatu dengan kulit.

4. Meningkatkan penetrasi produk

Jika kalian merasa sudah tepat dan rutin merawat kulit dengan menggunakan beragam produk perawatan wajah dan tidak menunjukkan hasil yang maksimal, mungkin tandanya harus mempertimbangkan untuk mencukur bulu di wajah.

Karena mencukur adalah cara tanpa merasakan sakit untuk menghilangkan kotoran, bulu, dan sel kulit mati, ditambah hal ini membantu memaksimalkan penyerapan produk ke dalam kulit dan memberikan hasil yang jauh lebih baik.

4 dari 4 halaman

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mencukur Bulu Wajah

Meskipun mencukur wajah adalah metode penghilangan rambut yang sangat sederhana dan relatif mudah, hal itu dapat menyebabkan beberapa masalah jika tidak berhati-hati.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa diimplementasikan untuk mendapatkan pencukuran yang halus, bersih, serta mencegah masalah seperti torehan, luka, dan lain sebagainya:

  • Selalu gunakan pisau cukur yang tajam. Jika kalian menggunakan pisau cukur tumpul dapat menyebabkan banyak iritasi kulit, dehidrasi kulit, dan rambut tumbuh ke dalam.
  • Ingatlah ketika menggunakan pisau cukur, dipastikan khusus untuk wajah kalian saja. Hindari menggunakan yang sama dengan bagian tubuh lainnya. Ini mencegah perpindahan kuman dan bakteri.
  • Meskipun disarankan untuk mencukur wajah dalam keadaan kering, namun, jika kalian memiliki kulit sensitif atau merasa pencukuran kering menyebabkan ketidaknyamanan, kalian bisa mengoleskan sedikit krim cukur ke area tersebut untuk melembapkannya.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS