Sukses

Sehatkan Jantung hingga Cegah Infeksi, Ini 6 Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Berikut daftar enam manfaat minum air putih bagi kesehatan, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kalian termasuk ke dalam orang yang suka meminum air putih kapan pun dan di mana pun. Minum air putih memiliki banyak manfaat dan kesehatan untuk tubuh.

Sederhananya, minum air putih baik untuk kesehatan tubuh. Itu karena air tidak mengandung kalori atau gula, tidak seperti kebanyakan minuman bersoda atau minuman ringan yang sering mengandung keduanya.

Tubuh kita membutuhkan air secara teratur untuk memastikan kita tetap terhidrasi. Air putih tidak akan memberikan dampak negatif terhadap tubuh apabila diolah dengan baik untuk segera dikonsumsi oleh manusia.

Ada banyak sekali manfaat minum air putih, mulai dari menurunkan berat badan hingga memerangi infeksi dan penyakit. Kita membutuhkan air untuk bertahan hidup dan kita membutuhkan air untuk tumbuh dan berkembang.

Untuk itu perbanyaklah minum air putih dan jangan lupa untuk meminum air putih sebelum dan sesudah bangun tidur. Hal ini memiliki manfaat agar tubuh menjadi lebih rileks dan terhidrasi sebelum atau saat sesudah memulai banyak aktivitas.

Air putih juga menjadi teman terbaik untuk berolahraga dan melakukan aktivitas fisik yang berat lainnya. Kunci keberhasilan sebuah diet bukan hanya dari mengurangi porsi makanan namun juga bagaimana kalian tetap menjaga agar tubuh tetap terhidrasi dan air putih adalah satu satunya hal yang dibutuhkan. Mengutip dari laman The Fact Site, Kamis (1/12/2022) berikut daftar enam manfaat minum air putih bagi kesehatan:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menjaga Elastisitas Kulit

Air memberi kulit kita begitu banyak manfaat besar, mulai dari mengurangi kerutan hingga jerawat. Air membantu mendorong racun keluar dari tubuh dan air membantu membersihkan kulit kalian dari bakteri atau kotoran berbahayayang biasanya akan menyebabkan jerawat.

Dengan minum air secara teratur, ini dapat membantu menjaga kulit kalian tetap lembap dan menghindari kulit kering yang tidak diinginkan. Banyak orang sering mengatakan bahwa minum air putih dapat membantu mengurangi keriput dan membuat kulit kita lebih bersinar.

3 dari 7 halaman

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Orang sering bingung antara lapar dan haus dan sering kali hal ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Sel-sel lemak jauh lebih sulit dipecah oleh tubuh jika tubuh mengalami dehidrasi.

Dengan mengingat untuk minum segelas air sekitar tiga puluh menit sebelum makan, tubuh akan terhidrasi dan karenanya sel-sel lemak akan lebih mudah diurai.

Hal positif lainnya dari minum segelas air sebelum makan adalah bahwa secara umum, tubuh kita tidak membutuhkan begitu banyak makanan yang pada gilirannya akan membantu menurunkan berat badan.

4 dari 7 halaman

3. Mencegah Infeksi

Banyak penyakit yang dapat dilawan dengan menjaga asupan air. Minum air meningkatkan sistem kekebalan tubuh kalian dan membantu membawa oksigen ke sel-sel di tubuh Anda agar tetap berfungsi dengan baik.

Paling sering infeksi ginjal dan kandung kemih dapat disingkirkan dengan membilas tubuh dari racun-racun jahat dengan minum banyak air. Ada juga penyakit lain yang dapat dibantu dengan minum lebih banyak air.

Luka, batuk, dan hidung tersumbat semuanya dapat membaik dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan minum air putih ketika hidung tersumbat, dapat membantu mengurangi penyumbatan dan membantu kalian bernapas lebih mudah.

5 dari 7 halaman

4. Meningkatkan Konsentrasi dan Energi

Tubuh kita terdiri dari sekitar 75% air dan otak kita bahkan lebih banyak lagi yaitu sebanyak 85%. Ini berarti bahwa ketika tubuh kita tidak mendapatkan cukup air, maka tubuh kita bisa mengalami dehidrasi dengan sangat cepat.

Hal ini akan mengurangi tingkat konsentrasi serta tingkat energi kita secara drastis. Tubuh membutuhkan sejumlah air sepanjang waktu untuk memungkinkan kita berfungsi dengan kemampuan terbaik kita. Dengan meminum air secara teratur, ini memastikan kita berada pada tingkat optimal dan akan membantu menjaga energi dan memperkuat konsentrasi.

6 dari 7 halaman

5. Mencegah Sakit Kepala

Dehidrasi bisa menjadi ladang ranjau gejala. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, mual, mulut kering dan pusing. Dengan minum air secara teratur sepanjang hari akan memastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi.

Jika salah satu dari gejala-gejala ini terjadi, penyebabnya sering kali hanya dengan minum segelas air putih. Meminum air putih yang cukup nyatanya akan meringankannya daripada mengonsumsi obat penghilang rasa sakit. Sebagian besar panduan merekomendasikan minum 1,5-2 liter air sehari untuk memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

7 dari 7 halaman

6. Menyehatkan Jantung

Tahukah kalian bahwa darah mengandung sekitar 83% air? Ini berarti, bila kalian tidak cukup minum dan tubuh mengalami dehidrasi darah akan mengental karena tidak lagi memiliki cukup air di dalamnya.

Itu berarti jantung kalian harus bekerja lebih keras lagi untuk mendorong darah yang mengental yang dapat membuat jantung menjadi tertekan. Minum cukup air setiap hari berarti darah kalian akan menjaga kadar airnya secara konsisten dan jantung dapat melakukan tugasnya dengan lebih mudah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.