Sukses

5 Cara Ampuh Mengatasi Mata Sembab Setelah Menangis

Liputan6.com, Jakarta - Menangis menjadi bentuk respons emosional yang umum terjadi ketika seseorang merasa terluka ataupun sedih. Bahkan, menangis pun bisa disebab oleh rasa haru yang dialami seseorang saat melihat suatu tindakan.

Pengalaman traumatis yang dirasakan seseorang dapat menimbulkan air mata yang menetes ke area pipi.

Terlepas dari pengalaman buruk yang menyebabkan seseorang menangis, ternyata produksi air mata menjadi bagian dari proses praktis yang membantu untuk menjaga kenyamanan dan kelembapan pada mata. Selain itu, air mata pun dinilai mampu membersihkan debu dan kotoran.

Namun, pernahkah kalian menangis terus-menerus yang menimbulkan efek bengkak pada mata?

Tentu saja, kalian akan malu dan berusaha menutupi bengkak yang terjadi di area mata. Mungkin kalian bisa menutupi rasa kesedihan, namun, bagaimana jadinya jika mata bengkak akibat menangis dapat membuktikan apa yang sedang kalian alami.

Belum lagi, keadaan mata yang memerah setelah kalian menangis. Kondisi ini biasanya mengakibatkan seseorang lebih mudah mengantuk, apalagi mata bengkak yang muncul akibat menangis semalaman.

Pasti kalian mencari berbagai macam cara untuk mengatasi mata sembab akibat menangis. Dilansir dari Medicalnewstoday, Kamis (1/12/2022), kompres dingin dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan dan pembengkakan, karena mengurangi aliran darah.

Kalian pun dapat mengompres mata menggunakan es atau sendok yang dibekukan terlebih dahulu di dalam mesin pendingin.

Alternatif lain yang bisa dilakukan dengan cara merendam handuk ke dalam air dingin dan oleskan ke area mata selama 5-10 menit setiap kali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

1. Mentimun

Mentimun dipercaya berhasil mengatasi mata bengkak akibat menangis. Cobalah untuk melakukan perawatan mata menggunakan irisan mentimun.

Kandungan air yang tinggi pada mentimun sanggup menghidrasi kulit dan mengurangi pembengkakan. Kompres mata bengkak dengan mentimun dapat bekerja optimal seperti kalian mengkompres mata dengan es.

Selain itu, mentimun memiliki kelebihan, seperti anti inflamasi dan antioksidan, serta kandungan vitamin K dapat membantu mengurangi lingkaran hitam pada mata.

2. Kantong Teh

Bahan yang terkandung dalam teh, seperti kafein kaya akan antioksidan dan dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

Teh hijau, teh hitam dan teh celup chamomile dapat berfungsi untuk mengatasi mata bengkak. Terlebih khusus, chamomile yang memiliki tingkat antioksidan tinggi.

Celupkan kantung teh ke dalam air hangat, lalu dinginkan di dalam kulkas sebentar. Setelah itu, kalian bisa menempatkan kantong teh di area mata selama beberapa menit.

3 dari 4 halaman

3. Gunakan Gel Pendingin dengan Roller Mata

Ada berbagai macam pilihan rol mata yang tersedia di pasaran yang dinilai mampu mengurangi bengkak, menghilangkan lingkaran hitam dan memperlambat penuaan.

Kalian bisa menggunakan roller mata yang terbuat dari logam dengan gel pendingin guna mengatasi mata bengkak akibat menangis. Aplikasikan alat ini di area mata dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit.

Tak hanya itu, perawatan wajah dan mata, seperti krim dapat membantu kalian mengatasi bengkak akibat menangis. Kalian dapat menggunakan krim dengan kandungan bahan retinol, vitamin C, dan hyaluronic acid. Carilah produk khusus untuk mata guna mendapatkan hasil yang optimal.

4. Lakukan Pijatan Pada Mata

Adapun cara lain yang dapat digunakan demi menghilangkan efek bengkak pada mata tanpa mengeluarkan uang sedikit pun.

Lakukan pijatan pada mata dengan menggunakan jari tangan dan air dingin. Celupkan jari ke dalam air dingin dan letakkan jari telunjuk di pangkal hidung.

Cobalah untuk memijat di sepanjang area bawah mata dengan perlahan. Gunakan jari tengah dan jempol untuk mengalirkan darah.  

4 dari 4 halaman

5. Ubah Pola Makan

Pola hidup yang sehat, seperti memilih makanan bergizi dapat mengurangi munculnya mata bengkak. Kalian perlu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Cobalah untuk minum 8-10 gelas perharinya. Konsumsi makanan kaya air, seperti mentimun, buah-buahan dan sayur.

Kurangi kandungan garam dalam olahan makanan yang kalian konsumsi. Mengonsumsi terlalu banyak natrium dapat menyebabkan tubuh menahan air. Retensi cairan yang tertahan ini dapat menyebabkan mata bengkak.

Selain menggunakan kantung teh di area mata guna meredakan bengkak akibat menangis, kalian bisa minum teh herbal yang bermanfaat bagi tubuh dan kulit.

Sebelum semuanya terjadi, kalian pun harus menghindari menangis berlarut-larut yang mengakibatkan mata bengkak.

Tak hanya itu, terlalu banyak menangis pun bisa menyebabkan kalian mudah mengantuk dan kehilangan rasa semangat dalam menjalani keseharian. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS