Sukses

Top 3: Sosok Aliou Cisse, Pelatih yang Antar Senegal Melaju ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Liputan6.com, Jakarta Pada Kamis (30/11/2022) lalu, tim nasional sepak bola Senegal berhasil mengalahkan Equador, dengan skor 2-1 pada pertandingan penutup Grup A Piala Dunia 2022 di Stadion Internasional Khalifa, Qatar.

Singa dari Teranga, julukan Senegal, memastikan hasil positif berkat gol Ismaila Sarr dan Kalidou Koulibaly. Sedangkan gol Ekuador diciptakan Moises Caicedo. Hasil ini membawa Senegal ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, mendamping Belanda sebagai juara Grup A.

Artikel tentang sosok Aliou Cisse, pelatih yang antar Senegal melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 menjadi yang terpopuler di kanal Citizen6-Liputan6.com. Disusul dengan artikel tentang para pemenang Golden Ball sepanjang sejarah.

Sementara itu artikel ketiga terpopuler tentang daftar pemenang MAMA Awards 2022 day 1..

Berikut Top 3 Citizen6:

1. Aliou Cisse, Pelatih yang Antar Senegal ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Di balik perjuangan timnas Senegal mencapai babak 16 besar ini, ada jasa dari pelatih Senegal yaitu Aliou Cisse. Ia ditunjuk sebagai headcoach Senegal pada Piala Dunia 2022.

Dikutip dari Sportsbrief, Rabu (30/11/2022), Aliou Cisse adalah pelatih Senegal saat ini, penggambaran Aliou Cisse untuk Senegal adalah kata "Ambisi" yang paling akurat untuk dapat menggambarkan karier Aliou Cisse sebagai pemain dan pelatih.

Karier pelatih 46 tahun itu  dimulai dengan awal yang sederhana, tetapi ia terus mendorong dirinya sendiri. Ambisi yang sama mendorong karier manajerialnya dan telah memungkinkannya untuk memimpin tim meraih beberapa kemenangan. 

Salah satu akun penggemar sepak bola di Twitter menjelaskan bahwa Aliou Cisse adalah orang yang membawa Senegal bisa lolos ke final Piala Afrika.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

2. 10 Pemenang Golden Ball di Piala Dunia dari Masa ke Masa

Meskipun setiap pemain bermimpi untuk mengangkat trofi Piala Dunia, turnamen ini juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan beberapa penghargaan individu yang istimewa, salah satunya Golden Ball Awards.

Golden Ball telah diberikan sejak Piala Dunia 1982 dan diberikan kepada pemain terbaik secara keseluruhan di turnamen. Penghargaan ini sangat berbeda dengan Golden Boot, yang diberikan kepada pemain yang mencetak gol terbanyak.

Seperti namanya, Golden Ball hadir dalam bentuk trofi emas yang berbentuk seperti bola sepak. Golden Ball diberikan kepada pesepak bola dengan performa terbaik di setiap Piala Dunia.

Komite teknis FIFA memutuskan daftar pemain yang mereka yakini layak mendapatkan penghargaan, dengan pemenang akhir diputuskan oleh perwakilan media.

Semua pemain untuk tim yang lolos ke turnamen memenuhi syarat terlepas dari apakah tim mereka memenangkan semuanya atau tidak.

Penghargaan pemain terbaik atau Golden Ball saat ini memiliki total 10 nama pemain peraih Golden Ball dari 1982 hingga 2018. Dilansir hitc.com, Rabu (30/11/2022), berikut ini daftar pemain sepak bola yang mendapatkan Golden Ball di Piala Dunia.

Selengkapnya...

3 dari 3 halaman

3. Daftar Pemenang MAMA Awards 2022 Day 1, BTS Dianugerahi Daesang

Pelaksanaan ajang penghargaan musik Mnet Asian Music Awards 2022 atau MAMA 2022 kali ini berlokasi di Kyocera Dome Osaka, Jepang. Dipandu soloist, Jeon Somi, ajang penghargaan ini dilaksanakan dalam dua malam, pada Selasa, 29 November dan Rabu, 30 November 2022.

Di hari pertamanya, MAMA Awards 2022 telah menampilkan deretan artis-artis populer masa kini yang berasal dari Korea Selatan dan Jepang. Dalam sesi red carpet yang digelar pada pukul 02.00 WIB kemarin, telah menampilkan grup-grup seperti DKZ, LE SSERAFIM, NMIXX, Kep1er, TXT, hingga Stray Kids.

Terdapat juga beberapa penyanyi solo Korea Selatan, yaitu BIBI dan Hyolyn. Selain itu, acara kali ini turut mengundang beberapa artis asal Jepang seperti boy group J-Pop JO1 dan Imada Mio.

Acara dibuka dengan penampilan Jeon Somi dan LeeJung Lee yang membawakan mashup lagu-lagu boy group dan girl group KPop yang rilis tahun ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan NMIXX yang membawakan lagu "O.O" dan "DICE", lalu ditutup dengan penampilan Stray Kids yang menampilkan lagu B-Side mereka, "VENOM" dan diakhiri dengan lagu "MANIAC".

Di samping penampilan menakjubkan dari barisan idol-idol muda, hari pertama MAMA 2022 juga mengumumkan beberapa tipe penghargaan, seperti Daesang, Worldwide Fans Choice (Bonsang), dan penghargaan terbaru, Favorite New Artist.

Berikut daftar pemenang MAMA Awards 2022 day 1.

Selengkapnya...

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS