Sukses

Jangan Disepelekan, Ini Loh Dampak Buruk Kesepian dalam Jangka Panjang

Liputan6.com, Jakarta - Apakah kamu sering merasa kesepian atau galau memikirkan banyak hal? kesepian merupakan hal yang bisa terjadi pada kehidupan manusia, tetapi hati-hati jika terlalu lama bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Jika tidak ditangani dengan tepat, kondisi tersebut bisa berujung pada peningkatan risiko berbagai penyakit.

Dilansir medicalnewstoday.com, berikut gangguan kesehatan yang dapat timbul akibat sering kesepian,

Dampak Kesepian bagi Kesehatan

Pada saat-saat tertentu, ada kalanya kesepian melanda kamu. Tapi jangan biarkan berlarut-larut, karena terlalu sering kesepian dan galau dapat memicu sejumlah masalah kesehatan. Apa saja? Ini dia.

1. Kematian Dini

Memang betul bahwa tidak ada satu orang manusia pun yang dapat memprediksi kematian. Namun, menurut penelitian yang dilakukan oleh Brigham Young University di Utah, Amerika Serikat, kesepian dapat meningkatkan risiko kematian lebih cepat.

Pada studi yang melibatkan hampir 3.4 juta partisipan tersebut dilaporkan bahwa perasaan kesepian serta menarik diri dari lingkungan sosial dapat meningkatkan risiko kematian yang lebih cepat hingga 30%. Angka ini bahkan lebih tinggi dibandingkan faktor lainnya seperti obesitas, polusi udara, atau jarang berolahraga.

Ternyata kesepian dan perasaan galau bisa berpotensi menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Jadi, jangan pernah remehkan perasaan galau atau kesepian yang kamu alami karena dampaknya sama sekali tidak kecil.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Dampak Kesepian bagi Kesehatan

2. Gangguan Makan

Apakah Kamu termasuk orang yang menjadikan makanan sebagai “pelarian” di saat sedang galau? Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of Psychology Interdisciplinary and Applied pada tahun 2012, ada hubungan antara gangguan makan dengan kesepian.

Gangguan makan yang terjadi bisa beragam mulai dari anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan binge eating disorder.

3. Melemahnya daya tahan tubuh

Ketika merasa kesepian, kamu mungkin jadi tidak menghiraukan dengan kesehatan, seperti tidak menjaga pola makan. Ditambah lagi, kamu jadi sering begadang dan kualitas tidur menurun. Hal-hal tersebut bisa menyebabkan daya tahan tubuhmu melemah, sehingga kamu jadi rentan terkena penyakit.

4. Menurunnya fungsi otak

Penelitian menemukan, rasa kesepian yang dibiarkan berlarut-larut dapat meningkatkan risiko terjadinya demensia dan gangguan kognitif lainnya, seperti menurunnya kemampuan berkonsentrasi dan membuat keputusan.

 

3 dari 4 halaman

Dampak Kesepian bagi Kesehatan

5. Depresi

Salah satu dampak kesepian adalah timbulnya depresi. Gejala depresi meliputi berkurangnya kesenangan atau tidak bersemangat melakukan aktivitas sehari-hari, merasa sedih atau sering menangis sepanjang hari, mengalami gangguan tidur, perubahan nafsu makan, pikiran ingin bunuh diri, dan sebagainya.

6. Menimbulkan kecemasan

Perasaan sepi dan sendiri bisa membuatmu jadi sungkan atau ragu untuk berinteraksi dengan orang lain. Alhasil, kamu pun bisa jadi jarang becakap atau bahkan sekadar mengobrol dengan orang lain.

Merasa sendiri dan kesepian dalam waktu yang cukup lama tentu bisa menyebabkan kesehatan mental terganggu, termasuk membuatmu berisiko mengalami gangguan kecemasan.

7. Menurunkan kualitas tidur

Perasaan tidak nyaman karena kesepian bisa membuatmu sulit tidur. Jika terus-menerus terjadi, ini bisa membuatmu mengalami insomnia yang tentu dapat mengganggu waktu dan kualitas tidurmu. Lama-kelamaan, hal ini akan mengganggu produktivitasmu bahkan merusak kesehatanmu.

4 dari 4 halaman

Tips agar Tidak Merasa Kesepian

Agar kamu terindar dari berbagai dampak buruk di atas,  coba cara berikut ini untuk mengusir rasa kesepian yang mungkin kamu alami:

  • Biasakan menyapa orang yang ada di lingkunganmu, seperti tetangga atau orang lain yang kamu kenal.
  • Eksplorasi hobi dan aktivitas yang kamu sukai, bisa berupa membersihkan rumah, berkebun, olahraga, atau mengembangkan keterampilan baru.
  • Gabunglah ke suatu komunitas atau cobalah jadi sukarelawan di acara tertentu, agar kamu bisa bertemu dengan orang-orang baru dan membangun pertemanan.
  • Temukan support system, seperti sahabat, keluarga, atau pasangan untuk berbagi perasaan dan pikiran.

Kesepian bisa dialami oleh siapa saja. Agar terhindar dari efek kesepian yang bisa mengganggu kondisi kesehatanmu, kamu bisa menerapkan tips-tips yang telah dijelaskan di atas.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS