Sukses

Bisa Dibawa ke Mana-Mana, 10 Ras Kucing Ini Miliki Tubuh yang Mungil

Liputan6.com, Jakarta - Ras kucing kecil menjadi hewan peliharaan yang populer karena ukurannya yang mungil dan karakteristiknya yang lucu. Ras kucing yang lebih besar biasanya memiliki berat 15 pon atau sekitar 6 kg (atau lebih), sedangkan ras kucing terkecil biasanya memiliki berat 5 sampai 10 pon atau sekitar 2 kg sampai 4 kg.

Tinggi badan mereka dapat bervariasi, karena beberapa ras kucing kecil memiliki kaki yang jenjang maupun pendek, seperti munchkin, ras satu ini miliki tinggi kurang dari 10 inci atau sekitar 25 cm. Ras kucing kecil juga memiliki berbagai macam bulu, warna, dan karakteristik unik untuk membedakan satu ras kucing kecil dengan yang lain.

Selain mempertahankan karakteristisnya yang lucu bak anak kucing, banyak dari ras kucing kecil cenderung miliki sifat yang ceria. Kucing-kucing ini cenderung energik, cerdas, dan beberapa di antaranya dapat dipeluk dan penuh kasih sayang.

Mengutip The Spurce Pets, Rabu (30/11/2022) berikut 10 ras kucing kecil di dunia perkucingan.

1. Singapura

Secara umum ras Singapura dianggap sebagai ras kucing terkecil, kucing mungil ini memiliki berat badan 4 hingga 8 pon sekitar 1 kg hingga 3 kg. Ras Singapura berasal dari Singapura dan telah menjadi kesayangan dunia kucing karena ukurannya yang kecil dan matanya yang menggemaskan serta menawan.

Meskipun berukuran kecil, kucing ini masih memiliki banyak cinta untuk diberikan. Kucing ini dikenal sebagai hewan peliharaan yang menyenangkan dan suka bermain. Singapura memiliki tubuh yang sangat berotot dan kemampuan atletis yang akan membuat kamu terkesan meskipun bertubuh kecil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 10 halaman

2. Munchkin

Munchkin adalah jenis kucing terpendek di dunia. Kucing ini memiliki mutasi genetik yang terjadi secara alami yang menghasilkan kaki yang lebih pendek, memberikan kucing ini perawakan rendah 7 sampai 9 inci atau sekitar 17 cm sampai 22 cm.

Kucing dewasa terpendek menurut Guinness World Records adalah seekor munchkin dari Napa, California, bernama Lilieput, berukuran tinggi 5,25 inci atau sekitar 13 cm pada 2013. Ada beberapa kontroversi di dunia kucing apakah etis untuk terus membiakkan munchkin berkaki pendek. International Cat Association mengakui munchkin sebagai ras yang terdaftar, sementara Cat Fanciers' Association tidak.

 

3 dari 10 halaman

3. Cornish Rex

Miliki kaki yang panjang, Cornish rex mungkin memberi kesan bahwa kucing ini lebih besar dari kelihatannya. Ras ini biasanya memiliki tinggi 11 hingga 15 inci atau sekitar 27 cm sampai 38 cm, tetapi beratnya hanya 6 hingga 10 pon atau sekitar 2 kg hingga 4 kg.

Cornish rex terkenal karena banyak karakteristik uniknya, termasuk bulu yang ikal serta pendek dan telinga yang besar dengan mata dan tulang pipi yang menonjol. Ras satu ini berasal dari Inggris, tetapi telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia karena penampilannya yang mencolok dan kepribadiannya yang menarik.

 

4 dari 10 halaman

4. American Curl

Karakteristik yang paling dikenal dari American Curl adalah telinganya yang berbentuk unik, tetapi kucing ini juga berukuran mungil. Ras ini memiliki berat hingga 12 pon atau sekitar 5 kg, tetapi untuk betina miliki berat 8 pon sekitar 3 kg atau kurang.

Bulu American Curl yang lembut dan halus ini bisa tumbuh pendek atau semi-panjang, menambah faktor bulu dari jenis kucing kecil ini. Mereka tidak dikenal sebagai kucing yang ramah tetapi masih memiliki sifat penyayang, suka bermain dan menjadi hewan peliharaan yang sangat baik.

 

5 dari 10 halaman

5. Devon Rex

Devon rex juga terkadang disebut sebagai kucing peri, jadi tidak mengherankan jika ras ini masuk dalam daftar ras kucing kecil. Ketika dewasa, Devon rex memiliki berat badan yang ringkas hanya 6 sampai 9 pon atau sekitar 2 kg sampai 4 kg.

Selain memiliki bentuk kepala segitiga, ras ini juga miliki telinga besar dan mata yang cerah, yang memberikan kesan seperti anak kucing sepanjang hidup mereka.

 

6 dari 10 halaman

6. Japanese Bobtail

Ekor pendek seperti pom-pom bukanlah satu-satunya hal yang unik dari ras kucing ini, Japanese Bobtail juga menjadi kucing ras kecil yang memiliki berat 5 sampai 10 pon atau sekitar 2 kg sampai 4 kg dan tinggi hanya 8 atau 9 inci atau sekitar 20 cm sampai 22 cm .

Kucing ini berasal dari Asia, serta diklaim sebagaih pelindung perdagangan sutra Jepang dari invasi hewan pengerat pada awal 1600-an. Pada suatu waktu, mereka adalah kucing jalanan yang paling sering terlihat di Jepang. Saat ini, apanese Bobtail menjadi kucing peliharaan yang aktif dan cerdas.

 

7 dari 10 halaman

7. Siamese

Siamese adalah salah satu ras kucing tertua dan juga termasuk yang terkecil. Meskipun kucing ini relatif panjang, mereka miliki tubuh ramping dan berotot. Ras satu ini biasanya hanya memiliki berat 8 sampai 12 pon atau sekitar 3 kg sampai 5 kg. Kucing betinanya miliki berat tubuh yang lebih kecil dengan berat 8 pon sekitar 3 kg atau kurang. Meskipun mereka mungkin kecil, jenis kucing vokal ini akan membuat kehadiran dan kesukaannya diketahui.

 

8 dari 10 halaman

8. Burmese

Kucing Burmese lebih kecil dari kelihatannya yang nampak kekar. Rata-rata ras ini memiliki berat antara 6 sampai 14 pon atau sekitar 2 kg sampai 6 kg dan tinggi 10 sampai 12 inci atau sekitar 25 cm sampai 30 cm. Mereka menggunakan kecerdasan mereka untuk memecahkan teka-teki hewan peliharaan dan melakukan trik seperti bermain fetch dengan mainan mereka.

 

9 dari 10 halaman

9. LaPerm

LaPerms miliki ras bergelombang yang luar biasa dengan ikal yang rapat. Kucing kecil yang penuh kasih sayang ini memiliki berat sekitar 5 sampai 8 pon atau sekitar 2 kg sampai 3 kg.

Ras ini dikembangkan oleh Linda dan Dick Koehl, dari Oregon pada awal 1980-an. Linda dan Richard Koehl, yang merupakan pemilik kebun buah seri di Dalles, Oregon, Amerika Serikat, dan pemilik beberapa peternakan kucing untuk pengendalian hama.

10 dari 10 halaman

10. Abyssinian

Abyssinian memiliki berat 6 sampai 9 pon atau sekitar 2 kg sampai 4 kg dan merupakan salah satu ras kucing tertua di dunia. Ras ini memiliki karakteristik yang cerdas, energik, dan terkadang suka melucu.

Mereka suka bergaul dengan majikan mereka hingga mengalami kecemasan perpisahan jika ditinggal sendirian terlalu lama. Bulunya yang berwarna-warni seperti, coklat kemerahan, coklat, dan biru serta polanya memberi mereka penampilan bak kucing liar.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS