Sukses

5 Sejarah Kemenangan Piala Dunia dengan Skor Tertinggi

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia FIFA adalah kompetisi sepak bola terbesar di dunia. Hampir setengah dari populasi dunia menontonnya. Di laga ini tim yang tidak diunggulkan sering berkembang sedangkan beberapa negara besar cenderung mendominasi juga.

Banyak pertandingan bersejarah telah terjadi di perhelatan Piala Dunia. Baru-baru ini di Piala Dunia 2022, Spanyol berlaga dengan Kosta Rika dan mengalahkan mereka dengan mencetak tujuh gol.

Kemenangan 7-0 Spanyol atas Kosta Rika menjadikannya salah satu kemenangan terbesar dalam sejarah Piala Dunia FIFA dan juga salah satu pertandingan dengan skor tertinggi dalam sejarah turnamen.

Melansir laman Khelnow.com, Rabu (30/11/22) berikut lima pertandingan dengan skor tertinggi dalam sejarah Piala Dunia FIFA mulai dari Piala Dunia FIFA 2002 hingga 2018. Di antaranya:

1. Jerman 7-1 Brasil (2014)

Salah satu pertandingan paling ikonik dalam sejarah Piala Dunia FIFA ialah saat itu Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 sekaligus menjadi salah satu pertandingan yang sangat krusial bagi Brasil, bukan hanya karena itu adalah semifinal tetapi juga karena melawan Jerman.

Tim Brasil dibantai habis dengan skor akhir Jerman unggul 7-1. Jerman bernasib baik dalam sepuluh menit pertama pertandingan, tetapi setelah menit ke-10, semuanya menurun bagi Brasil. Muller membuka skor pada menit ke-11. Jerman langsung menghujani gawang dengan empat gol dalam tempo 6 menit, yang akhirnya membuat Jerman berhasil lanjut ke semi final untuk memenangkan final melawan Argentina. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Jerman 8-0 Arab Saudi (2002)

Seperti yang diketahui bahwa pada Piala Dunia 2022 Qatar ini, Arab saudi mampu mengalahkan Argentina dengan skor 2-1. Dan menjadi pertandingan ikonik yang terukir dalam sejarah. Namun sebelum itu Arab Saudi pernah berjuang keras pada turnamen Piala Dunia 2002 saat melawan Jerman.

Jerman mengalahkan mereka dengan mencetak delapan gol di babak penyisihan grup. Disebut-sebut Arab Saudi saat itu bermain sangat buruk di bawah tekanan sehingga tim Jerman bermain tanpa ampun.

3. Prancis 4-3 Argentina (2018)

Setelah kekalahan yang tidak menyenangkan di Final Piala Dunia 2014, banyak yang mengharapkan Argentina bangkit kembali. Semuanya berjalan baik sampai mereka menghadapi Prancis di Babak 16 Besar.

Prancis berhasil mengalahkan Argentina dengan skor 4-3 dengan Mbappe sebagai pemain kunci atas kemenangan Prancis, Sedangkan Argentina terlihat kesulitan mengembalikan mental dalam kondisi tertinggal. Banyak pelanggaran, kartu kuning dan drama.

 

3 dari 4 halaman

4. Inggris 6-1 Panama (2018)

Piala Dunia 2018 adalah kompetisi yang sangat mendebarkan bagi para penggemar Inggris karena mereka berharap banyak dari tim mereka. Inggris menunjukkan kekuatan menyerang mereka dengan melawan Panama di babak penyisihan grup dengan tampil habis-habisan.

The Three Lions (sebutan timnas Inggris) membuat enam gol melewati Panama dengan Harry Kane mencetak hat-trick. John Stones mencetak dua gol dan Lingard mencetak satu gol. 

5. Portugal 7-0 Korea Utara (2010)

Merupakan turnamen dengan sejarah buruk bagi Korut, sebab Korea Utara habis ditangan Portugal dengan skor akhir 7-0. Dan saat itu adalah kemenangan Piala Dunia terbesar bagi Portugal, di sisi lain, Korea Utara mengalami kekalahan terberat dan paling memalukan. 

4 dari 4 halaman

Oleg Salenko, Pencetak Gol Terbanyak Dalam Satu Pertandingan di Piala Dunia

Sebelumnya, Piala Dunia merupakan salah satu ajang sepak bola bergengsi dan terbesar sejagad raya. Pertandingan tersebut diikuti oleh 32 negara yang masuk dalam kualifikasi Piala Dunia. 

Namun, sepanjang sejarah FIFA, ada satu negara dan salah satu pemainnya mencetak angka yang besar dalam sejarah Piala Dunia, sampai dijadikan World Cup Record, dan 100 momen terbaik di Piala Dunia, siapakah dia?

Dilansir laman resmi FIFA, seorang striker dari tim nasional Rusia, Oleg Salenko, adalah pemain sepak bola yang dapat mencetak gol dalam satu pertandingan sebanyak lima gol. Hal itu kemudian dijadikan 100 momen terbaik di Piala Dunia FIFA. 

Dalam Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, laga Rusia vs Kamerun menjadi hal yang unik sekaligus mencetak sejarah FIFA. Skor yang dicetak pada pertandingan tersebut adalah 6 (Rusia) dan 1 (Kamerun). 

Saat itu, Roger Milla menjadi yang pertama mencetak gol pada usia 42 tahun untuk memperpanjang rekornya sendiri sebagai pencetak gol tertua di Piala Dunia.

Namun, Oleg Salenko tetap bintang yang sesungguhnya. Dengan menampilkan penyelesaian akhir yang memukau dan mematikan, yang tak seorang pun mengetahuinya, pemain Rusia ini menjadi pemain pertama dalam sejarah Piala Dunia yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

"Malam sebelum pertandingan, saya bermimpi saya akan mencetak banyak gol. Anda terkadang mendapatkan firasat seperti ini," kata Oleg Salenko kepada FIFA pada tahun 2017.

"Namun, saya tidak berpikir saya akan mencetak lima gol," ujarnya.

Oleg Salenko saat itu baru berumur 25 tahun. Pertandingan itu bukan hanya menjadi penampilan terakhirnya di Piala Dunia, tetapi juga penampilan terakhirnya untuk tim nasional. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS