Sukses

Brokoli hingga Bawang Putih, 5 Makanan Ini Memberikan Banyak Manfaat untuk Tubuh

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua tahu bahwa sangat penting untuk memasukkan sayuran ke dalam makanan kita. Faktanya, sayuran mungkin salah satu kelompok makanan yang paling penting, tak heran jika ahli diet di seluruh dunia menekankan bahwa kita benar-benar perlu menjadikannya bagian terbesar dari diet kita.

Tidak hanya harganya yang sangat murah jika dibandingkan dengan daging dan makanan olahan, tetapi sayuran juga sangat rendah karbohidrat. Sayuran memiliki begitu banyak manfaat untuk kesehatan kita, penuh dengan berbagai macam vitamin mineral, serta menjadi sumber serat yang hebat.

Sayuran cocok dinikmati kapanpun dan di manapun karena memiliki sejuta manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan. Namun, bagi banyak orang, selalu ada pertanyaan tentang sayuran apa yang harus dimakan.

Seringkali orang-orang menganggap manfaat dan kandungan pada semua sayuran sama. Padahal setiap sayuran memiliki berbagai macam kandungan yang berbeda-beda juga memiliki fungsi yang berbeda pula baik untuk tubuh maupun kesehatan.

Jika kita berjalan menyusuri lorong sayuran di supermarket, bisa jadi sangat membingungkan. Sayuran apakah yang harus kita pilih untuk menu makanan hari ini dan beberapa hari kedepan?

Pilihlah sayuran yang nantinya akan memberikan dampak positif bagi tubuh karena apa yang kita konsumsi sangat mempengaruhi kesehatan. Mengutip dari laman The Fact Site, Selasa (29/11/2022) berikut daftar lima sayuran yang paling sehat:

 

**Liputan6.com bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Brokoli

Berasal dari keluarga sayuran silangan, brokoli dapat ditemukan dalam masakan dari seluruh dunia. Bagian dari sayuran ini yang paling umum dimakan adalah bunga tanaman, yang disebut sebagai kepala.

Sementara beberapa orang membuang tangkai yang tebal setelah melepaskannya dari kepala, sebenarnya tangkai itu juga dapat dimakan dan sama bergizinya. Satu mangkok (3.2oz/91g) brokoli mentah benar-benar penuh dengan nutrisi, mengandung:

  • 135% dari vitamin C harian yang dibutuhkan
  • 116% dari kebutuhan harian vitamin K
  • 10% dari kebutuhan harian serat dan vitamin A

Juga diklaim bahwa makan brokoli dapat membantu mengurangi risiko kanker dan menurunkan oksidan dalam tubuh kalian.

3 dari 6 halaman

2. Bawang Putih

Bawang putih tidak hanya bagus untuk daya tahan tubuh, tapi bawang putih dapat memainkan peran penting dalam menjaga pola makan yang seimbang. Bawang putih berasal dari keluarga allium, jadi bawang putih terkait dengan sayuran seperti tunas lainnya seperti bawang bombay, daun bawang dan bawang merah. Satu mangkok bawang putih mentah jika Anda pernah makan sebanyak ini dalam satu hari, mengandung:

  • 114% dari mangan yang dibutuhkan setiap hari
  • 84% dari vitamin B6 yang dibutuhkan setiap hari
  • 71% dari vitamin C harian yang dibutuhkan
  • 28% dari selenium yang dibutuhkan setiap hari

Jumlah yang kuat dari berbagai mineral dan vitamin yang sehat seperti kalsium, fosfor, tembaga, kalium, tiamin, dan riboflavin. Manfaat bawang putih tidak hanya berhenti dengan nutrisi seperti yang disebutkan di atas, namun bawang putih juga merupakan antibiotik alami.

Bawang putih juga telah dikaitkan untuk membantu mengurangi risiko kanker, menurunkan kolesterol dan tekanan darah, dan bahkan mengurangi risiko terkena stroke.

Cara paling efektif untuk mendapatkan nutrisi dari bawang putih adalah dengan memakannya mentah-mentah, karena semakin lama bawang putih dimasak, semakin banyak nutrisi yang hilang.

4 dari 6 halaman

3. Wortel

Wortel lebih dari sekedar camilan untuk kelinci. Wortel telah lama disebut-sebut dapat meningkatkan penglihatan malam hari, meskipun hal ini tidak sepenuhnya benar.

Sayuran akar serbaguna ini telah ada sejak lama, berasal dari Eropa dan Asia Barat Daya. Satu mangkok wortel cincang mentah mungkin tidak memberi kalian penglihatan malam, tetapi wortel mengandung:

  • 428% dari kebutuhan harian vitamin A
  • 21% dari vitamin K harian yang dibutuhkan
  • 14% dari kebutuhan serat harian

Berbagai vitamin dan mineral yang baik dalam dosis kecil seperti vitamin C, vitamin B6, folat, kalium, dan mangan. Vitamin A yang kalian terima dari wortel berasal dari beta-karoten, yang kemudian diubah oleh tubuh menjadi vitamin A jika tubuh kita jika membutuhkannya.

Beta-karoten juga yang memberikan warna oranye cerah pada wortel. Namun, berhati-hatilah untuk tidak makan terlalu banyak wortel atau kulit kalian akan berubah menjadi oranye.

5 dari 6 halaman

4. Jahe

Akar dari tanaman jahe, yang juga disebut jahe, lebih banyak digunakan sebagai rempah-rempah daripada sayuran. Jahe digunakan dalam berbagai cara, mulai dari bahan bumbu masakan hingga dijadikan minuman hangat. 

Satu sendok teh jahe mentah adalah jumlah yang sangat kecil sehingga kadar nutrisinya hampir tidak signifikan. Kekurangan jahe dalam hal nutrisi per porsi secara serius dan dapat diatasi dengan banyak cara lain.

Jahe digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi mabuk perjalanan dan untuk mengurangi peradangan seperti radang sendi atau asam urat. Jahe juga telah ditemukan untuk membantu mengurangi kadar gula darah ketika dikonsumsi sebagai suplemen oleh penderita diabetes.

6 dari 6 halaman

5. Kacang Polong

Kacang hijau, kadang-kadang disebut sebagai kacang polong sebenarnya bukanlah sayuran. Secara teknis mereka adalah kacang-kacangan, sama seperti kacang-kacangan, karena mereka adalah biji dari tanaman kacang polong.

Karena itu, kacang polong lebih umum dimakan dengan cara yang sama seperti sayuran, tidak seperti kacang-kacangan lain. Satu mangkok kacang polong mentah mengandung:

  • 16% dari protein harian yang dibutuhkan
  • 97% dari vitamin C harian yang dibutuhkan
  • 45% dari vitamin K yang dibutuhkan setiap hari
  • 30% dari serat dan mangan yang dibutuhkan setiap hari
  • 26% dari tiamin yang dibutuhkan setiap hari

Jumlah yang kuat dari hampir semua vitamin dan mineral lainnya. Kacang polong hijau sangat bagus karena tidak hanya dikemas penuh nutrisi, tetapi juga merupakan sumber protein yang hebat. Hal ini penting bagi mereka yang menjalani diet nabati dan orang-orang yang ingin mengurangi konsumsi daging secara keseluruhan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS